twitter

Pages

Selasa, 22 Februari 2022

RAHASIA SUKSES LULUSAN TRISTAR - Setelah Teori Langsung Praktek & Evaluasi Secara Detail


RAHASIA SUKSES LULUSAN TRISTAR

Setelah Teori
Langsung Praktek &
 Evaluasi Secara Detail



Mahasiswa baru Pastry Art B-Siang Tristar Manyar, praktek basic pastry  knowledge. Dalam  5 hari tatap muka, mereka  dibekali teori dan langsung praktek membuat 15 produk pastry.

Teori dasar (basic) pembuatan pastry harus dikuasi dengan baik oleh mahasiswa. Sebab, dengan menguasai basic,  kedepannya mereka akan mudah berkreasi dan berinovasi dalam berkarya.


Tatap muka hari keempat, Kamis (5/8/21) lalu, mahasiswa sangat antusias menyimak pembekalan teori dari dosen pastry, Chef Ita Suhervin.  Tiga produk pastry yang akan dipraktekkan. Masing-masing  Croissant, Prawn Puff dan Cinnamon Roll.

Untuk tiga produk pastry tadi, Chef Ita mengajarkan bagaimana membuat adonan berlapis (layer dough). Kemudian teknik laminasi serta suhu oven saat dilakukan pembakaran.


Mahasiswa juga harus mengenal  dengan  baik  seputar  bahan-bahan  pembuatan pastry. Kemudian nama dan teknik pengoperasian peralatan yang ada di kitchen pasisserie.  Seperti  mixer, proofer atau oven listrik.


“Tidak boleh terjadi kesalahan dalam proses dan tahapan-tahapan produksi. Jika terjadi kesalahan, dipastikan hasil produksi tidak akan maksimal alias gagal,” jelas Chef Ita disela-sela kesibukannya membantu mahasiswa saat praktek berlangsung.

Karena itu, dia bersama asisten dosen, Chef Rana terus mendampingi mahasiswa selama praktek berlangsung. Mulai dari tahapan awal hingga produk matang. Selanjutnya, mahasiswa diminta untuk bikin plating yang menarik.


Tahap akhir, semua produk dikumpulkan untuk dievaluasi. Masing-masing karya dikupas. Mulai dari tampilan, kemudian rasa dan tekstur.  Chef Ita  memberi masukan dan saran tentang kekurangan dan kelebihan karya anak didiknya.


“Karena mereka adalah mahasiswa baru di bidang pastry, wajar jika produknya belum maksimal. Tetapi secara garis besar, mereka sudah mampu berkreasi. Kedepannya, dengan praktek yang terus menerus setiap hari, karya mereka akan lebih kreatif dan inovatif,” jelas Chef Ita kepada www.fooduniversitu.biz.


Anda ingin belajar serius tentang pastry dan culinary? Segera gabung di Tristar Institute Group yang ada di Surabaya, Kota Wisata Batu, Semarang, Bogor, BSD Tangerang dan di Pontianak (Kalbar).


Penerimaan  mahasiswa periode Oktober  2021 sudah dibuka. No test. Info pendataran hubungi Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, WhatsApp:  0813 3035 0822, 0812 3375 2227, 0812 9310 7122. **bhr/Foto: Wono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar