twitter

Pages

Selasa, 22 Februari 2022

Catatan Dari Final Exam Hari Kedua - SELAIN RASA & TEKSTUR TAMPILAN PLATING JUGA SANGAT PENTING


Catatan Dari Final Exam Hari Kedua

SELAIN RASA & TEKSTUR
TAMPILAN PLATING
JUGA SANGAT PENTING


Kriteria  masakan yang sempurna, selain  diukur dari unsur tekstur dan sensasi rasanya yang enak,  tampilan  plating juga berperan penting.

“Makanan yang ditata cantik pasti membuat orang tertarik dan membangkitkan selera. Sebaiknya, kalau platingnya terkesan asal-asalan, orang tidak akan berselera. Karena itu, plating sangat penting,” tegas  Chef Ari Purwantoro.


Dosen kuliner Akademi Pariwisata Majapahit (Tristar Institute Group) Surabaya itu, memuji tampilan  Chicken Thai Basil Served with Som Tam Goong.  Menu tersebut mendapat nilai tertinggi pada final exam (ujian akhir) Culinary Art (kelas C1 pagi), Rabu 30 Juni 2021 lalu.


Menu tersebut diolah oleh tiga mahasiswa. Yaitu  Rahardian Pambudi, Dhinar Ramadhaniar P dan Tommy Juanda. “Platingnya unik, cantik dan menarik. Tastenya enak dan teksturnya juga sempurna,” puji Chef Ari ketika mereview karya anak didiknya usai dinilai oleh tim juri.


Tampilan Laksa Noodle  karya Ignatius Krisna Saputra W juga cukup menggoda selera. Demikian juga menu Grilled Chicken Mash Potato mix Veggie with Bolognese Sauce yang disajikan oleh Ange Kana W.



Tiga juri yang menilai karya mahasiswa Culinary Art (kelas C1 pagi), masing-masing  Hedy Wahidin Saleh SH., MBA., MSi.Par, dosen yang juga menjabat sebagai Asisten Direktrur 1 Bidang Pendidikan Akpar Majapahit. Kemudian dua dosen pastry yaitu Chef Renny Savitri dan Chef Upi Palupi.


Hedy Wahidin mewakili tim juri mengatakan bahwa ketiga menu yang dipersembahkan oleh peserta final exam, cukup menarik. Demikian juga rasa dan unsur teksturnya, tidak mengecewakan.

“Perlu dipertahankan dan bisa lebih ditingkatkan lagi. Karena, dunia kuliner sangat kompetitif dan terus  berkembang seiring  tuntutan zaman,” kata Hedy.


Nah, Anda  tertarik  jadi  chef dan foodpreneur? Segera gabung di Tristar Institute Group yang ada di Surabaya, Kota Wisata Batu, Semarang, Bogor, BSD Tangerang dan di Pontianak (Kalbar).



Penerimaan  mahasiswa periode Juli 2021 sudah dibuka. No test. Info pendataran hubungi Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, WhatsApp:  0813 3035 0822, 0812 3375 2227, 0812 9310 7122. **bhr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar