twitter

Pages

Senin, 22 Juli 2019

Air Terjun Tirtosari, Benteng Van De Bosch, Museum Trinil, Candi Borobudur dan Prambanan


Demi Mengaplikasikan Mata Kuliah Studi Observasi 1

Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Semester IV Sukseskan ”3D2N Jogja Tour 2019”


DEMI mengaplikasikan Mata Kuliah Studi Observasi 1 yang diasuh Dosen Pengajar Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit, Dewi Mariyanah M.Par., sembilan mahasiswa D3 Prodi UPW Semester IV melakukan studi observasi lapangan. Kegiatan mahasiswa bertajuk 3D2N Jogja Tour 2019 itu dihelat pada tanggal 15-17 Juli 2019, pekan lalu. 

Kegiatan di luar kampus itu merupakan implementasi dari mata kuliah Studi Observasi 1 yang diajarkan Dewi Mariyanah M.Par. Sedangkan kegiatan perkuliahan mahasiswa Akpar Majapahit itu sendiri bertempat Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya. 

Sembilan mahasiswa UPW Semester IV yang menjadi peserta 3D2N Jogja Tour 2019 adalah Sa’adz Issaniyata Rohmatullah, Kevin Oerip Agung Laksono, Cornellia Savira Wijayanto, Daniela Imung, Ephifani Yoanita, Puspita Ayu Wahyuningrum, Siti Nur Annisa, Vinda Maya Angelica dan Yosefa Yulia Gandeware.
 
Mereka berangkat ke Jogja, Senin (15/07/2019) pagi dengan naik bus mini pukul 06.00 WIB dari meeting point di area parkir Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Sedangkan yang menjadi tour leader-nya sendiri adalah Dosen Prodi UPW Akpar Majapahit Hedy Wahidin Saleh, SH., MBA, MSi.Par.

Destinasi hari pertama yang dikunjungi mahasiswa adalah Gua Lowo di Trenggalek Jatim. Untuk masuk objek wisata itu tiket masuknya dipatok Rp 10.000,[- per orang. Puas mengeksplore Gua Lowo, rombongan melanjutkan agenda perjalanan tour-nya ke arah Magetan, tepatnya di Air Terjun Tirtosari Magetan (dekat Telaga Sarangan).

Untuk bisa menikmati kesejukan air terjun tersebut, pengunjung dikenai tiket masuk sebesar Rp 7/000,- per orang. Di kompleks Air Terjun Tirtosari Magetan, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit itu pun antusias menikmati keeksotikan panorama objek wisata alam di lereng Gunung Lawu tersebut. 

Lokasi air terjun Tirtosari tepatnya berada di Dusun Ngluweng, Ngancar, Plaosan, Kabupaten Magetan. Namun untuk mencapai lokasi objek wisata itu medannya cukup sulit, sehingga butuh perjuangan tersendiri. 

Pengunjung pun harus rela berjalan kaki menanjak sejauh 1 kilometer. Cukup melelahkan, namun sesampai di tujuan, rasa capek tersebut terbayar lunas oleh keindahan alam di sekitar area air terjun. 

Di sela-sela perjalanan menyusuri area air terjun tersebut, rombongan untuk kali pertama membentangkan spanduk yang bertuliskan ”Studi Observasi Lapangan Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit, 15-17 Juli 2019” sekaligus foto bersama. 

Puas mengeksplore objek wisata Air Terjun Tirtosari Magetan, rombongan selanjutnya mencari tempat penginapan yang representatif untuk bermalam di Magetan, sebelum keesokkan harinya, Selasa (16/07/2019) pagi, melanjutkan agenda tour-nya ke Benteng Pendem ”Van De Bosch” dan Museum Trinil di daerah Ngawi, Jatim. 

Untuk melihat dari dekat bagaimana kekokohan bangunan dan keunikan benteng peninggalan penjajah Kolonial Belanda, rombongan dikenai tiket masuk oleh pihak pengelolanya. Untuk mobil tiketnya hanya Rp 3.000,- sedangkan pengunjung ditarik tiket masuk @ Rp 5.000,- per orangnya.

Di salah satu spot Benteng Pendem Van De Bosch, rombongan kembali foto bareng sekaligus membentangkan spanduk yang bertuliskan ”Studi Observasi Lapangan Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit, 15-17 Juli 2019”.

Sekitar satu jam mengeksplore Benteng Pendem Van De Bosch, rombongan melanjutkan perjalanan ke Museum Trinil yang lokasi di akses jalan utama Ngawi-Solo. Untuk masuk lokasi museum, pengunjung harus membayar tiket masuk Rp 5.000,- per orang.

Setelah berfoto bareng di sejumlah spot area Museum Trinil, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit pun memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke arah Jogja, sesuai Itinerary yang sudah disusun sebelumnya. 

Perjalanan rombongan dari Ngawi pada hari kedua, Selasa (16/07/2019) siang itu diarahkan ke Pantai Depok Jogjakarta, tepatnya di Taman Gumuk Pasir yang lokasinya memang dekat dengan Pantai Depok. Untuk mencapai Taman Gumuk Pasir hanya butuh waktu sekitar lima menitan dengan naik motor atau mobil.

Pengunjung Taman Gumuk Pasir yang ingin mengabadikan foto di spot Kebun Bunga, ditarik biaya Rp 5.000,- per orang untuk sekali masuk. Keindahan Kebun Bunga Taman Gumuk Pasir memikat hati mahasiswa untuk mengabadikan momen kebersamaan itu dengan berfoto-foto bareng. Asyik …!

Di Taman Gumuk Pasir juga terdapat area Sand Boarding atau berselancar di atas pasir dengan menggunakan papan seluncur khusus, tersedia layanan Jeep Tour dan bisa juga dipakai untuk tempat berfoto ria yang sangat eksotik, baik pada saat Sunrise maupun Sunset karena foto menghasilkan bayangan atau siluet nan indah. 

Pada hari terakhir di Jogja, Rabu (17/07/2019) pagi, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit berkemas untuk siap-siap check out hotel dan melanjutkan agenda tour-nya ke Candi Borobudur di Magelang. Usai mengeksplore Candi Borobudur, selanjutnya rombongan meluncur ke Candi Prambanan hingga sore, baru rombongan kembali ke Surabaya.

Kepada kru www.culinarynews.info, seusai acara 3D2N Jogja Tour 2019, Dosen Mata kuliah Studi Observasi 1, Dewi Mariyanah M.Par mengatakan, mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan ini diharapkan bisa memetik pengalaman bagaimana meng-handle sebuah perjalanan wisata yang menarik dan berkesan.

Agenda Studi Observasi Lapangan bertajuk 3D2N Jogja Tour 2019 ini menjadi bekal berharga bagi anak didiknya, bagaimana mengeksplore spot-spot wisata alam dan sejarah, menjadi sebuah kemasan paket wisata yang menarik dan diminati wisatawan domestik maupun  mancanegara tentunya.

Goodbye and See You Tomorrow….!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

1 komentar:

  1. How a lot you win is dependent upon by} the poker value of your hand and the paytable of the sport you’re taking part 온라인카지노 in}. Please do your part and report what you find when your go to a on line casino. We're vpFREE2, the preeminent on-line useful resource for critical video poker gamers like you. Videopoker.com is the #1 website {for playing|for enjoying|for taking part in} all the best and newest video poker video games. The patent holder started an organization known as International Game Technology that debuted on the Nasdaq in 1981. To find essentially the most beneficiant machine, want to} perceive that the return on a selected video poker machine is predicated on the machine’s paytable.

    BalasHapus