twitter

Pages

Kamis, 30 Mei 2019

Mahasiswa Diajarkan Buat Menu Fusion untuk Dinner Buffet di Orchid Restaurant


Dari Kunjungan Industri di Gunawangsa Hotels Manyar

Mahasiswa Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Praktik Teknik Supervisor di Kitchen Gunawangsa Hotels Manyar 


SEBANYAK 24 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Malam praktik Teknik Supervisor sesuai Standar Industri Perhotelan di Kitchen Gunawangsa Hotels Manyar Surabaya, Senin (27/05/2019) sore bersama R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Dosen Teknik Supervisor Akpar Majapahit.
 
Maksud dan tujuan dari kunjungan industri ini untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Teknik Supervisor di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan.

24 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit yang mengikuti kunjungan industri sekaligus praktik Teknik Supervisor di Gunawangsa Hotels Surabaya dibagi tiga kelompok, Kelompok 1 beranggotakan 10 mahasiswa, mem-back up kerja kru kitchen hotel yang disupervisi Corporate Chef Gunawangsa Hotels Manyar Chef Susilo Faisol.

Sedangkan Kelompok 2 yang anggotanya enam mahasiswa, fokus ditempatkan di outlet membuat aneka gorengan dan bakar-bakaran (stand BBQ) dan sisanya sebanyak delapan mahasiswa anggota Kelompok 3 diposisikan sebagai waiter/waitress di Orchid Restaurant, Lantai 23 Gunawangsa Hotels Manyar oleh Chef Faisol.

Rombongan mahasiswa bersama dosen pembimbingnya itu menumpang mobil operasional jenis Multipurpose Vehicle (MPV) milik kampus dan kendaraan pribadi lainnya berangkat dari Kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya menuju hotel yang beroperasi di Jl Menur Pumpungan No. 62 Surabaya tersebut sekitar pukul 15.30 WIB.

Perjalanan sejauh 20 kilometer itu ditempuh 30 menitan dan rombongan sampai di tujuan sekitar pukul 16.00 WIB. Sedangkan dosen yang mendampingi rombongan mahasiswa pada Senin (27/05/2019) sore itu adalah R. Paulus W. Soetrisno M.Par bersama tim dari Divisi Multimedia Tristar Group.

Kedatangan 24 mahasiswa Akpar Majapahit bersama dosen pembimbingnya itu disambut oleh General Manager (GM) Gunawangsa Hotel Manyar Deddy Prabowo dan Food & Beverage Manager (FBM) Hariyono dan Corporate Chef Susilo Faisol, di lobi hotel bintang tiga tersebut. 

Setelah berbincang sejenak di lobi hotel, rombongan mahasiswa diajak oleh menuju Orchid Restaurant untuk diberi pengarahan seputar sistem kerja di kitchen hotel dan demo fruit carving –motif bunga mawar-- sekitar 30 menitan, sebelum praktik Teknik Supervisor di kitchen hotel sesuai run down yang telah disusun pihak hotel. 

Selama praktik Teknik Supervisor, Kelompok 1 yang terdiri dari 10 mahasiswa langsung diajak praktik masak di kitchen hotel (sesuai order menu berbuka puasa yang di-setting ala fusion dinner buffet (kombinasi masakan tradisional Indonesia dan Chinese food) dengan disupervisi langsung oleh Chef Faisol dan dibantu jajarannya. 

Sementara itu, delapan mahasiswa lainnya (anggota Kelompok 3) ditugaskan menjadi waiter/waitress atau pramusaji demi mempersiapkan acara jamuan berbuka puasa dan anggota Kelompok 2 sebanyak enam mahasiswa fokus di stand gorengan dan bakar-bakaran (stand BBQ).

Menu masakan untuk berbuka puasa itu berupa menu takjil lengkap dengan dessert-nya, mulai buah kurma, slice fruits (melon, semangka dan pepaya), bubur Madura, kolak kolang kaling, aneka gorengan dan sate-satean + BBQ sauce, red velvet, marble cake, sweet breads, rainbow cake, rainbow pudding serta es campur, orange juice, guava juice, lychee juice, strawberry juice, infused water hingga mineral water.

Sedangkan appetizer-nya berupa salad (buah dan sayuran), pecel Madiun dan soup-nya berupa soto ayam Banjar. Untuk main course-nya sendiri terdiri dari nasi putih, nasi kebuli, rendang ayam, cah sayur, bola perkedel telur, lodeh nangka muda, gulai daun singkong, mangut lele, kothokan ikan pari, terong balado, tahu tempe, lalapan, aneka sambal + krupuk + acar dan sauce.

”Selain kami beri kesempatan praktik langsung memasak aneka menu masakan  untuk berbuka puasa, termasuk menyiapkan dessert di kitchen hotel. Mahasiswa anggota Kelompok 1 juga kami tugasi menaruh hasil masakannya di atas meja makan yang telah disiapkan sebelumnya,” terang Chef Faisol kepada kru www.culinarynews.info.  

Sementara itu, pada waktu bersamaan, FBM Gunawangsa Hotels Manyar, Hariyono juga menyupervisi delapan mahasiswa lain dari Kelompok 3. Mereka diminta menyiapkan sendok dan garpu, piring, sendok es, gelas dan napkin (celemek) untuk diletakkan sesuai tempatnya. 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


1 komentar:

  1. Halo semuanya
    Nama saya JOSEPHINE JUMAWAN CABALLO, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin berterima kasih kepada ibu yang baik KARINA ROLAND karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia teman saya memanggil susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Mrs. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Mrs. KARINA ROLAND bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk bersikap berani dan saya menghubungi Mrs. KARINA ROLAND dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diteruskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang kerja yang baik dari Ny. KARINA ROLAND jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Mrs. KARINA ROLAND LOAN COMPANY: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (312) 8721-592 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi sebagaimana saya punya selesai dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk fu Informasi lain tentang Mrs.karina Roland email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu KARINA ROLAND untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus