twitter

Pages

Selasa, 11 September 2018

Megahnya Kampus Baru Tristar Culinary Insitute Pontianak di Kalimantan Barat


Dari Opening Kampus Baru Tristar Culinary Institute Pontianak
Culinary Institute di Pontianak
Presdir Tristar Group Buka Sekolah Pencetak Chef dan Culinary Entrepreneur di Pontianak, Kalbar


PADA hari Kamis (06/09/2018), pekan lalu, Tristar Culinary Institute (TCI) Cabang Pontianak dibuka secara resmi. Pembukaan kantor cabang baru dari unit usaha Tristar Group yang bekerja sama dengan Bumi Raya Group ini sekaligus menandai acara launching Sekolah Pencetak Chef dan Culinary Entrepeneur.

Tristar Culinary Institute Pontianak sendiri merupakan cabang kelima setelah Tristar Insitute Bogor yang dibuka pertengahan 2017 lalu.  Sedangkan tiga cabang lainnya yang sudah eksis adalah Tristar Institute BSD Tangerang, Tristar Institute Batu dan Tristar Institute Kaliwaron (Surabaya).

Pembukaan kampus baru Tristar Culinary Institute Pontianak oleh Presdir Tristar Group Ir. Juwono Saroso MM., MM.Par itu selain diisi seremonial pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng, juga ada demo fruits & vegetables carving di hadapan undangan, performance tari tradisional dari Kalbar dan music electone secara live.

Tristar Group yang berkolaborasi dengan Bumi Raya Group selain membuka Sekolah Pencetak Chef dan Culinary Entrepreneur, kini juga menambah Program Studi Hotel Operations demi menghasilkan tenaga profesional di industri perhotelan atau buka usaha sendiri menjadi pebisnis kuliner. Perkuliahan perdana dijadwalkan baru dimulai pada awal September 2018 ini.

Di samping membuka Program Studi Hotel Operations, juga membuka Program Studi Teknologi Informasi (TI) yang meliputi Teknik Komputer, Teknik Informatika dan Komputerisasi Akuntansi. Perkuliahan di Tristar Culinary Institute (TCI) Pontianak terintegrasi dalam satu gedung yang representatif.

Fasilitas perkuliahan dan praktik yang disediakan pihak Tristar Culinary Institute Pontianak sangat lengkap, di antaranya Lab Culinary, Lab Patisserie, Demo Kitchen, Lab Teknologi Pangan dan Lab Chinese Cuisine yang terpisah dengan Dapur Halal.

Selain itu, juga akan dilengkapi dengan toko bahan kue (roti) dan kebutuhan kuliner serta toko mesin-mesin industri. Dengan konsep one stop shopping, maka Tristar Culinary Institute Pontianak akan menjadi pusat Foodpreneur.

Kampus baru ini menempati lahan yang luas sehingga bisa dikembangkan menjadi area wisata All About Culinary mulai kursus masakan dan kue, juga buka café & resto, wisata petik sayur dan bumbu. Dari acara petik sayur dan bumbu ini bisa langsung dimasak di kitchen yang modern. Hasil masakan tersebut bisa langsung disantap di café & resto kampus.

Pembukaan Sekolah Pencetak Chef dan Culinary Entrepeneur ini mendapat dukungan penuh dari Pontianak Culinary Profesional Indonesia (PCPI), setelah pada awal Bulan Suci Ramadhan 1439 H lalu yang bertepatan dengan Kamis (17/05/2018) malam, Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM, MM.Par., sukses menuntaskan misi utamanya di Bumi Khatulistiwa, yakni menandatangani naskah kesepahaman (MoU) antara Tristar Culinary Institute Pontianak dengan Pontianak Culinary Profesional Indonesia (PCPI), di Restoran Ayam Pak Usu, Jl. Merdeka, Pontianak.

Dalam acara penandatanganan MoU tersebut, pihak Tristar Culinary Institute Pontianak diwakili langsung oleh Juwono Saroso, sedangkan pihak PCPI sendiri menghadirkan ketuanya, yaitu Chef  Azis Surya Laksana.

Penandatanganan MoU ketika itu juga disaksikan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pontianak, General Manager (GM) Aston Hotels Pontianak, Branch Manager Tristar Culinary Institute Pontianak Chef Soenarhadi dan Chef Felicia (Tristar Group) dan sejumlah anggota PCPI yang lainnya seperti Chef Zikwan (Executive Chef Aston Hotels), Chef Anto Ale-Ale, Chef Yudha Indra Prananto, Fiat dan D. Primanto.

MoU antara Tristar Culinary Institute Pontianak dengan pihak PCPI malam itu juga diapresiasi oleh Ketua PHRI Pontianak. Kolaborasi antara kedua belah pihak diharapkan mampu memberikan energi yang positif bagi kemajuan industri pariwisata di Kalimantan Barat (Kalbar) dan sekitarnya.

PHRI sendiri juga berkepentingan memajukan industri pariwisata di Pontianak karena kedatangan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara bakal menggairahkan industri perhotelan (akomodasi yang berupa kamar hotel) dan bisnis café dan restoran (usaha kuliner) di Pontianak dan daerah penyangga lainnya di Provinsi Kalbar.

Upaya Tristar Group melalui salah satu unit usahanya, Tristar Culinary Institute (TCI) Pontianak yang bekerja sama dengan Bumi Raya Group –membuka Sekolah Pencetak Chef dan Culinary Entrepreneur— merupakan terobosan cendas dalam mencetak tenaga-tenaga trampil bidang kuliner baik culinary maupun pastry dan calon pengusaha kuliner.

Kiprah Tristar Culinary Institute Pontianak diawali pada waktu pembukaan Transmart Carefour beberapa bulan silam. Kehadiran Tristar Culinary Institute Pontianak kali pertama ketika itu berbarengan dengan acara Pembukaan Transmart Carrefour Jl. Ahmad Yani No. 2, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Terakhir, bekerja sama dengan Aston Hotels Pontianak menggelar Cooking Home Industry Class (CHIC).

Seperti pada gelaran acara Demo Masak di Transmart Carrefour Kubu Raya Pontianak, pertengahan April 2018 lalu, kegiatan pelatihan masak sehari bertajuk Cooking Home Industry Class (CHIC) di Aston Hotels Pontianak, Sabtu (28/04/2018) ketika itu juga di-support langsung oleh produsen tepung terigu PT Bogasari Flour Mills, tepung bumbu Kobe dan margarine & minyak goreng Filma persembahan dari PT Smart Corporation Tbk.

Selain itu, melalui gelaran pelatihan CHIC ini juga untuk mengenalkan Sekolah Pencetak Chef dan Culinary Entrepreneur yang buka di Pontianak, juga untuk mengenalkan profesi chef sebagai salah satu profesi yang cukup andal dalam menangguk pundi-pundi rupiah bahkan dollar AS.
School of Culinary – Baking Pastry Art, S1 Food Technology, Hospitality, Cruise, D3 Hotel & Culinary Business. Tristar Institute memberikan ruang belajar bagi Anda yang ingin beraktivitas di dunia kuliner dan pastry untuk menjadi Professional Chef… Come & Join Us!
Anda tertarik menjadi calon mahasiswa baru pada Program Profesional Siap Kerja di kampus Tristar Institute Pontianak, silakan hubungi Tim Marketing Tristar Institute Pontianak Kompleks SMA Taruna Bumi Katulistiwa Jl. Supadio Kec. Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Pontianak, Kalimantan Barat, Telp. 0812 5956 5486, 0812 3375 2227, 0813 3035 0822 atau 0812 3253 9310. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar