twitter

Pages

Jumat, 07 Agustus 2020

Mahasiswa Pastry Art Tristar Institute Manyar Sukseskan Acara Baking Demo

Selain Black Pink Bread, Chef Vivi juga Tampilkan Unti Roll Bread dalam Baking Demo di Trestelle Accademia Pasticeria (Naskah Terakhir, dari 2-Tulisan)


KESERUAN gelaran baking demo bersama Chef Vivi Liong di Kitchen Modern Trestelle Accademia Pasticeria Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Senin (03/08/2020) pagi itu mulai terasa menyusul kedatangan 11 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticeria) Kelas Pagi. Selain diajarkan buat roti kekinian  Black Pink Bread,  juga dibekali teknik membuat Unti Roll Bread.

Demi memudahkan pekerjaan selama belajar di Kitchen Modern Trestelle Accademia Pasticeria sesi pagi, 11 orang mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas Pagi tampil all out membantu Chef Vivi membuat Black Pink Bread dan Unti Roll Bread.

Selama baking demo tersebut, mahasiswa Pastry Art Class diajarkan sekaligus praktik langsung bagaimana teknik membuat dua resep breads kekinian, yakni Black Pink Bread (Korean Style) dan Unti Roll Bread (Indonesia Style) yang cantik penampilannya, elegan dan lezat tentunya.

Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, Chef Vivi, sapaan akrab Dosen Pengajar Pastry Tristar Institute Manyar (Tristar Group) itu membagikan dua resep breads kekinian kepada anak didiknya. Chef Vivi bersama mahasiswa sudah prepare di Kitchen Modern Trestelle Accademia Pasticerian sejak pukul 08.00-12.00 WIB.

Sementara itu ketika praktik membuat resep kedua, Unti Roll Bread, Chef Vivi menerangkan apa saja bahan dan peralatan yang dibutuhan, tahapan pekerjaan hingga memprosesnya hingga kreasi bread tersebut siap untuk di-garnish dan disajikan di atas meja uji.

Pekerjaan tahap pertama membuat Unti Roll Bread adalah menyiapkan Ingredient A. Bahannya meliputi  cakra flour, segitiga biru, milk powder, sugar, yeast, egg yolk, fresh cream, fresh milk, pandan paste dan food color green. Sedangkan pekerjaan selanjutnya membuat Ingredient B, yang bahannya terdiri dari butter dan salt.

Pekerjaan tahap ketiga, Chef Vivi menugaskan anak didiknya membuat filling-nya. Bahan yang dibutuhkan meliputi water, coconut sugar (di-chop), pandan leaf, salt (di-boil dan strain), sedangkan tapioca flour, coconut (di-grated lebih dulu) dan pandan leaf, kemudian di-cook bersama butter dan jack fruit yang sudah diiris bentuk kubus kecil.

Pekerjaan utama yang perlu diperhatian adalah membuat adonan Unti Roll Bread yang harus di-mixer sampai betul-betul kalis. Adonan yang sudah kalis, kalau ditarik tidak putus (molor) atau sobek.

Adonan besar yang sudah jadi ditutup panci stainless steel yang diletakkan terbalik, lalu di-rest 1 selama 30 menit. Selanjutnya adonan tersebut di-roll dan ditambahkan filling, lalu dipotong dengan benang yang diikatkan berlawanan arah.

 
Potongan Unti Roll Bread setengah jadi dengan ketebalan sekitar 2 cm itu kemudian ditempatkan pada loyang aluminium, sebelum di-rest 2 (proofing with proofer) selama 30 menit lagi. Untuk selanjutnya Unti Roll Bread tersebut di-bake pada suhu 180*C selama 20 menitan.

”Usai diangkat dari mesin oven, Unti Roll Bread diolesi mentega sebelum di-garnish hingga tampilannya benar-benar cantik, menarik dan elegan, kemudian dihidangkan di meja uji,” ujar Dosen Pengajar Pastry Tristar Manyar di hadapan anak didiknya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticeria), silakan datang langsung ke Kampus Tristar Group Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)


















































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar