twitter

Pages

Jumat, 28 Agustus 2020

Dari Kunjungan Industri Mahasiswa di Best Western Papilio Hotel Surabaya

Demi Aplikasikan Mata Kuliah Akomodasi Restoran, Mahasiswa Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Ditantang Masak Satu Set Menu ala Papilio 
 
DEMI mengaplikasikan mata kuliah Akomodasi Restoran, sekitar 12-an mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Art, praktik Akomodasi Restoran sesuai Standar Industri Perhotelan di Mariposa Restaurant Lantai 7 Best Western Papilio Hotel Surabaya, Senin (24/08/2020) siang bersama Dosen Pengajar Akomodasi Restoran Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par. 

Oleh Executive Chef Best Western Papilio Suro Hartoyo, mahasiswa ditantang masak satu set menu makan siang (lunch) ala Papilio. Menu makan siang itu dihidangkan untuk acara jamuan makan resmi (Table Manner) di sebuah hotel berbintang.

Tantangan dari Chef Suro Hartoyo itu terlontar pada saat mem-briefing mahasiswa sebelum mereka dipersilakan masuk kitchen. Pada saat pengarahan langsung oleh Chef Suro itu juga dihadiri Food & Beverage (FB) Director Best Western Papilio Hotel Rudy Hartono, Assn. FB Manager Ade Rizky Fajar dan Dosen Akomodasi Restoran R. Paulus W. Soetrisno M.Par.

Sesuai arahan Chef Suro Hartoyo, 10 mahasiswa ditugaskan di Hot Kitchen untuk praktik masak Appetizer (Fresh Crunchy Assorted Lettuce with Grilled Chicken Spicy Dressing), Soup (Sweet of Cream Soup with Chicken & Cheese Stick) dan Main Couse (Chicken Peanut and Raisin Rolled with Lyonaise Potato and Crouded Vegetable & Barbeque Sauce).

Sedangkan dua mahasiswa lainnya praktik membuat Amuse Bouche (Short Water Melon Gazpacho with Vanilla Cream) dan Dessert (Juragan Pan Fried Banan Topped with Greated Cheese, Chocolate Rice Filling & Accompoined by Vanilla Ice Cream) di Cold Kitchen Best Wstern Papilio Hotels. 

Mengingat acara jamuan makan resmi (Table Manner) waktunya kurang satu setengah jam lagi, maka durasi masaknya pun harus cepat sesuai standar kerja di kitchen hotel, yakni sekitar 60 menitan, sebelum masakan itu disajikan satu persatu kepada tamu VIP.

Tidak seperti jamuan makan siang ala prasmanan (Buffet) yang masakannya langsung ditata di tempat yang telah disediakan di area prasmanan, namun karena set up menu-nya untuk jamuan makan resmi (Table Manner), maka urut-urutan pekerjaan yang harus prepare duluan untuk acara jamuan makan adalah Bread & Butter (BB) dan Amuse Bouche (Short Water Melon Gazpacho with Vanilla Cream). Menu ini menyapa paling awal di hadapan tamu atau undangan VIP.

Giliran makanan yang disajikan adalah menu pembuka, yakni Appetizer (Fresh Crunchy Assorted Lettuce with Grilled Chicken Spicy Dressing) dan menu yang tampil selanjutnya adalah Soup (Sweet of Cream Soup with Chicken & Cheese Stick).

Setelah menikmati hidangan sup yang lezat, kemudian dilanjutkan dengan penyajian menu utama, yakni Main Couse (Chicken Peanut and Raisin Rolled with Lyonaise Potato and Crouded Vegetable & Barbeque Sauce).

Jamuan makan resmi (Table Manner) ditutup dengan hidangan berupa Dessert (Juragan Pan Fried Banan Topped with Greated Cheese, Chocolate Rice Filling & Accompoined by Vanilla Ice Cream).

”Demi menyukseskan kegiatan mahasiswa ini kami sengaja menyiapkan tampilan sebuah acara jamuan makan resmi ala Best Western Papilio Hotels yang mewah dan berkelas. Tampilan istimewa seperti ini biasa kami sebut Set up Menu ala Papilio,” kata Rudy Hartono, FB Director Best Western Papilio Hotels Surabaya. kepada kru www.culinarynews.info.  

Di sela mendampingi anak didiknya praktik di kitchen Mariposa Restaurant Best Western Papilio Hotels, Dosen Akomodasi Restoran Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, program pembelajaran Akomodasi Restoran seperti  ini merupakan tindak lanjut dari penjelasan dosen pengajar selama materi perkuliahan tersebut dipresentasikan di ruang kelas. 

”Maksud dan tujuan dari kunjungan industri ini untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Akomodasi Restoran di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan di masa New Normal,” tandasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)



















































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar