twitter

Pages

Selasa, 18 Agustus 2020

Hebohnya Mahasiswa Pastry Art Belajar Buat Kreasi Roti Manis Bersama Chef Dwi Mei

ahasiswa Baru Pastry Art II (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi Diajarkan Teknik Buat 16 Kreasi Roti Manis 


GILIRAN pada tatap muka pertama, Jumat (07/08/2020) pagi, 12 mahasiswa baru Pastry Art II (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi diajarkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang Teknik Pengolahan Roti Manis (Sweet Bread) oleh Chef Dwi Mei Retnowati S.Si., di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Sebelumnya mahasiswa Pastry Art Class dibekali cara membuat delapan kreasi Roti Lean (Plain).

Selama empat kali tatap muka, Dosen Pengajar Pastry Akpar Majapahit itu mengajarkan cara membuat 16 resep Roti Manis (Sweet Bread). Pertemuan hari pertama, mahasiswa diajarkan cara membuat empat kreasi Roti Manis yakni Cinnamon Roll Bread, Nut Tea Ring Bread, Beef Bread dan Chicken Curry Bread di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar Surabaya.

Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Jumat (14/08/2020) pagi, mahasiswa Pastry Art II (P1) Kelas Pagi kembali dibekali empat resep Roti Manis (Sweet Bread) yang lain, yakni Roti Sisir, Barliner (Bomboloni), Com Vla Bread dan Tuna Choux Cheese Bread.

Sementara itu pada pertemuan Sabtu (15/08/2020) dan Kamis (20/08/2020), Chef Dwi Mei Retnowati mengajarkan cara membuat delapan resep Roti Manis yang lain, yakni Bread Cake, Mocca Bun, Fruit Cheese Bread, Sausage Mushroom Bread with Puff, Peanut Bread, Chocolate Almond Babka Bread, Mexico Rainbow Bun dan  Smoke Cheese Bread.

Untuk memudahkan pekerjaan, 12 mahasiswa baru Pastry Art Class itu dibagi dalam enam kelompok, masing-masing beranggotakan dua orang per kelompok. Semangat tinggi ditunjukkan oleh masing-masing kelompok saat mereka praktik membuat Cinnamon Roll Bread, Nut Tea Ring Bread, Beef Bread dan Chicken Curry Bread sesuai job desk-nya masing-masing. 

Setiap kelompok berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya, usai mem-plating roti yang dibuat masing-masing kelompok dinilai dan dikritisi oleh dosen pembimbing. 

Dari empat resep Roti Manis yang diajarkan Chef Mei pada pertemuan hari pertama, Jumat (07/08/2020) pagi, ternyata resep tidak semuanya berasa manis. Dua resep yang berasa asin gurih (savoury)  itu adalah Beef Bread dan Chicken Curry Bread.

Untuk membuat Cinnamon Roll Bread, misalnya, bahan yang dibutuhkan adalah bread flour, medium flour, yeast, bread improver, sugar,milk powder, salt, egg yolk, egg, water, butter dan margarine.

Sementara itu untuk membuat filling-nya, maka bahan yang disiapkan adalah custard vanilla cream, cold water, raisin, cinnamon dan brown sugar. Sedangkan untuk memnyiapkan foundant-nya sendiri bahannya terdiri dari icing sugar, lemon juice, water, tiramisu topping dan greentea topping. Permukaan roti yang sudah di-bake kemudian ditaburi dengan campuran milk powder.

Adonan Cinnamon Rolls setengah jadi diambil @ 100 gram dan dibentuk bulat atau persegi sesuai selera ukuran 18 x 18 cm2. Sebelum di-bake selama 12-15 menitan pada suhu (atas) 170*C dan suhu (bawah) 190*C, maka Cinnamon Rolls tersebut di-proofer (mesin pengembang roti) lebih dulu selama 60 menit.

”Selain mendampingi kelompok mahasiswa yang kebagian tugas membuat Cinnamon Roll Bread, kami juga mengawal kelompok lain yang mendapat tugas membuat Nut Tea Ring Bread, Beef Bread dan Chicken Curry Bread, sejak prepare bahan, proses mengolah hingga menyajikannya di meja uji sesuai standar industri perhotelan,” terang Chef Dwi Mei Retnowati.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)



































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar