twitter

Pages

Sabtu, 22 Agustus 2020

Memotret Kehebohan Mahasiswa Cruise Manyar Praktik Masak Western Food


Chef Thomas Denny Ajarkan Teknik Masak Dua Resep Appetizer, German Potato Salad dan Waldorf Salad

SEBANYAK 11 mahasiswa Cruise Manyar Class yang diasuh Chef Thomas Denny, Dosen Pengajar dari Tristar International Cruise Training Centre (TITC), praktik masak dua resep appetizer, German Potato Salad dan Waldorf Salad yang segar sebagai menu makanan pembuka. Praktik masak Western Food itu sendiri dihelat di Kitchen Modern Tristar Group, Jl  Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Kamis (13/08/2020) siang.


Sebelum praktik masak di Kitchen Modern Tristar Group, Chef Thomas mem-briefing lebih dulu mahasiswa Cruise Manyar Class agar memperhatikan bahan dan bumbunya apa saja dan tahapan teknik memasaknya bagaimana. Tujuannya agar peserta memahami standard operational procedure (SOP) memasak makanan Western Food yang biasa diterapkan di industri perhotelan termasuk di kapal pesiar juga.

Selain mem-briefing anak didiknya dalam bahasa Inggris, Chef Thomas juga menayangkan video –yang diunduh dari CookingwithNonna.com—sebelum peserta Tristar International Cruise Training Centre (TITC)— dipersilakan untuk bekerja di Kitchen Modern Tristar Group. Tujuan melihat tayangan video itu agar anak didiknya bisa langsung tune in saat mereka bekerja di Hot Kitchen hotel berbintang lima atau kapal pesiar.

Selanjutnya mahasiswa Cruise Manyar Class tersebut dipersilakan langsung praktik masak dua resep salad (appetizer) ala Western Food yakni German Potato Salad dan Waldorf Salad yang segar dan menyehatkan di Kitchen Modern Tristar Group bersama Chef Thomas Denny.

Untuk membuat German Potato Salad yang disajikan dalam kondisi cold, maka bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi onion (di-chop halus), golden potato (baby potato), smoke beef (di-cut dice), mayonnaise (ditambah onion, salt & pepper), mustard,cheddar cheese (diparut) dan chives (dipotong kecil).

Sedangkan untuk membuat Waldorf Salad, maka bahan yang perlu disiapkan antara lain toasted cashewnut (disangrai), apple (di-cut dice bentuk kotak seukuran dadu), iceberg lettuce, yoghurt plain, mayonnaise, honey, lime juice, celery stalk, parsley dan golden raisin sebagai garnish-nya demi mempercantik tampilan saat dihidangkan. 

Demi efektivitas pekerjaan di kitchen, 11 mahasiswa Cruise Manyar Class dibagi lima kelompok, masing-masing beranggotakan dua orang, setiap mahasiswa ditugasi membuat satu menu salad. Satu mahasiswa membuat German Potato Salad, sedangkan rekan yang satunya lagi menyiapkan Waldorf Salad. ”Dengan demikian, dua menu salad ala Western Food itu bisa diselesaikan sekitar 60 menit,” ujar Chef Thomas Denny kepada anak didiknya.

Lima kelompok mahasiswa Cruise Manyar Class diminta tampil all out sejak prepare bahan, memproses masakan hingga menyajikannya di atas meja uji. Hasil masakan yang sudah di-plating kemudian dikritisi dan dinilai dari aspek tampilan, tekstur dan cita rasanya. ”Setelah di-taste satu persatu, giliran kali ini yang mendapat poin tertinggi adalah pasangan Audi dan Rosy,” tandas Chef Thomas, lantas disambut applaus dari mahasiswa.

Sebelumnya, Chef Thomas Denny telah membekali seputar Cookery Practice, peserta pelatihan cruise juga diajarkan teknik mem-plating agar tampilan masakan yang dibuat tersebut berkesan mewah dan elegan. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan dedaunan dan buah tomat yang dihias sedemikian rupa (dengan pisau khusus yang biasa dipakai untuk praktik fruits & vegetables carving), sehingga penampilannya semakin menarik.

Chef Thomas yang dikenal piawai mendemonstrasikan cara membuat masakan Jepang (Japanese Food) dengan sentuhan Hibachi Teppanyaki ini juga berbagi cara membuat sauce dan dressing seperti mayonnaise dan vinaigrette, membuat kreasi salad ala Western Food dan mengajarkan teknik meng-oven Macaroni Schotel with Paprika Puree dan Baked Fusilli Marinara with Cheese & Cream agar hasilnya memuaskan.

 
Teknik nge-bake ini telah diaplikasikan pada saat mahasiswa Cruise Manyar Class praktik masak Tenderloin Steak dan Baked Seafood (dua menu main course) pada Rabu (12/08/2020), atau sehari sebelum praktik membuat dua resep salad (appetizer).

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)
























































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar