twitter

Pages

Jumat, 07 Agustus 2020

Mahasiswa Pastry Art Tristar Institute Manyar Sukseskan Acara Baking Demo

Dari Kitchen Modern Trestelle Accademia Pasticceria, Chef Vivi Liong Persembahkan Dua Kreasi Breads nan Cantik (Naskah Pertama, dari 2-Tulisan) 

PADA pertemuan pekan pertama Agustus 2020, tepatnya Senin (03/08/2020), 23 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria) Kelas Pagi dan Kelas Siang meramaikan gelaran baking demo bersama Chef Vivi Liong. Mahasiswa diajarkan teknik membuat dua kreasi breasi kekinian, Black Pink Bread dan Unti Roll Bread di Kitchen Modern Trestelle Accademia Pasticceria Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya. 

Demi memudahkan pekerjaan selama belajar di Kitchen Modern Trestelle Accademia Pasticceria, maka 23 mahasiswa itu dibagi dua sesi. Sesi pagi diikuti 11 orang mahasiswa, sedangkan sesi siangnya juga dihadiri 12 mahasiswa.

Selama baking demo tersebut, mahasiswa Pastry Art Class diajarkan sekaligus praktik langsung bagaimana teknik membuat dua resep breads kekinian, yakni Black Pink Bread (Korean Style) dan Unti Roll Bread (Indonesia Style) yang cantik penampilannya, elegan dan lezat tentunya. 

Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, Chef Vivi, sapaan akrab Dosen Pengajar Pastry Tristar Institute Manyar (Tristar Group) itu membagikan dua resep breads kekinian kepada anak didiknya. Chef Vivi bersama mahasiswa sudah prepare di Kitchen Modern Trestelle Accademia Pasticceria sejak pukul 08.00-12.00 WIB.

Ketika praktik membuat resep pertama, Black Pink Bread, Chef Vivi menerangkan apa saja bahan dan peralatan yang dibutuhkan, tahapan pekerjaan hingga memprosesnya hingga kreasi bread tersebut siap untuk di-garnish dan disajikan di atas meja uji. 

Pekerjaan tahap pertama menyiapkan Ingredient A (adonan Black Pink Bread) dengan menggunakan bahan seperti cakra flour, segitiga flour, charcoal powder, sugar, milk powder, yeast, egg yolk, fresh cream, dan fresh milk. Sedangkan pekerjaan selanjutnya membuat Ingredient B, di mana bahannya adalah butter dan salt. 

Pekerjaan tahap berikutnya membuat Crumble. Bahannya terdiri dari segitiga biru flour, milk powder, butter dan castor sugar. Tahap keempat membuat Filling-nya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat filling di antaranya whipping cream powder, ice water, cream cheese, castor sugar, strawberry jam dan strawberry paste. 

Sementara itu tahapan pekerjaan yang terakhir adalah membuat topping-nya berupa Strawberry Compote.  Bahan yang diperlukan untuk membuat topping adalah fresh strawberry, sugar, lemon juice dan lemon zest. 

Pekerjaan utama yang perlu diperhatian adalah membuat adonan Black Pink Bread yang harus di-mixer sampai betul-betul kalis. Adonan yang sudah kalis, kalau ditarik tidak putus (molor) atau sobek. 

Adonan besar yang sudah jadi ditutup panci stainless steel yang diletakkan terbalik, lalu di-rest 1 selama 30 menit. Selanjutnya diambil @ 70 gram (19 pieces) kemudian  di-rest 2 (proofing with proofer) selama 30 menit lagi. Untuk selanjutnya Black Pink Bread tersebut di-bake pada suhu 180*C selama 20 menitan.

”Usai diangkat dari mesin oven, Black Pink Bread di-belah empat bagian lalu di-filling dan dihias dengan Strawberry Compote sebagai topping-nya. Black Pink Bread lalu di-garnish hingga tampilannya benar-benar cantik dan elegan, kemudian disajikan di meja uji,” ujar Chef Vivi di hadapan anak didiknya.

Secara simbolis,  Black Pink Bread hasil kreasi Chef Vivi Liong.bersama mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas Pagi kemudian dipersembahkan kepada Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM., M.MPar., yang hadir sekaligus mengapresiasi gelaran baking demo di Kampus Trestelle Accademia Pasticceria.
 
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria), silakan datang langsung ke Kampus Tristar Group Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)














































































 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar