twitter

Pages

Minggu, 30 Agustus 2020

Melihat Kehebohan Mahasiswa Belajar Masak Asian Cuisines di Kitchen Modern Graha Tristar


Tom Yam Bok dan Chicken Pandan Leaf ala Thailand yang Enak Persembahan Istimewa dari Mahasiswa Culinary Art


MAHASISWA Culinary Art I (C1) Akpar Majapahit Kelas Siang, kembali tampil all out saat praktik masak dua resep masakan Asian Cuisines, yakni Tom Yam Bok dan Chicken Pandan Leaf ala Thailand yang enak bersama Dosen Pengajar Culinary Akpar Majapahit, Chef Ari Purwantoro di Laboratorium Praktik Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Jumat (25/08/2020) siang.


Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, Chef Ari, sapaan akrabnya, menugaskan anak didiknya menyiapkan bahan masakan termasuk bumbunya untuk masak  dua menu masakan khas dari Thailand yakni Tom Yam Bok dan Chicken Pandan Leaf yang enak, sesuai panduan dari Silabus (Buku Ajar) yang sudah ada di tangan mahasiswa.

Untuk membuat Tom Yam Bok, ada beberapa tahapan pekerjaan yang harus dijalankan. Pekerjaan tahap pertama adalah menyiapkan kaldu ayam (chicken stock) dari tulang ikan (chicken bone), sedangkan pekerjaan tahap selanjutnya menyiapkan bumbu (herb & spices)-nya yang terdiri atas  shallot, ginger, hot chili, galangal, kaffir leaf, tom yam paste dan water.

Bumbu yang sudah dihalus  lalu dimasukkan semua bersama saat membuat chicken stock sampai tercium aroma khas dari kuah Tom Yam Bok saat proses memasaknya. Sebelum Tom Yam Bok masak dan disajikan di meja, masih ada tahapan pekerjaan terakhir yakni menyiapkan bahan untuk filling-nya.  

Bahan untuk membuat filling-nya meliputi shrimp, lemon grass (di-slient slice), squid, chick breast fillet, kaffir leaf, hot chili (dimasukkan dalam keadaan utuh), straw mushroom, corriander leaf, ginger (di-slice) dan ditambahkan lemon juice sebagai condiment-nya.

Campuran semua bahan di atas menghasilkan aroma khas dari kuah Tom Yam Bok selama proses memasaknya hingga masakan khas dari Thailand yang segar itu dihidangkan di atas meja uji.

Sementara itu bahan yang dibutuhkan untuk membuat Chicken Pandan Leaf  terdiri dari chicken leg, sesame oil, salt, pepper, vetsin, ground turmeric, corriander leaf, fish gravy, pandan leaf, ginger paste, shallot dan garlic.

Proses memasaknya, daging ayam diiris bentuk cube (kubus) dicampur bersama bumbu Chicken Pandan Leaf kemudian dikukus selama 30 menitan. Setelah Chicken Pandan Leaf itu diangkat dan didinginkan sejenak sekitar 10 menitan, dilanjutnya dengan proses penggorengan sampai minyaknya meresap ke dalam daging ayam baru diangkat dan ditiriskan.

Setelah semua pekerjaan di kitchen rampung, barulah masakan itu di-plating lebih dulu agar tampil cantik dan menarik saat disajikan di atas meja. Kali ini mahasiswa diberi kesempatan untuk membuat satu kreasi tampilan Tom Yam Bok  dan Chicken Pandan Leaf  ala Negeri Gajah Putih (Thailand) yang cantik dan menarik.

Hasil plating-an mahasiswa tersebut kemudian di-display di atas meja uji untuk dinilai dari tiga aspek, yakni tampilan, tekstur dan citarasanya. Penilaian ini mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

”Penilaian yang kami lakukan ini agar mahasiswa Culinary Art terbiasa dengan sistem kerja di kitchen yang mengacu pada standar industri perhotelan. Untuk masakan setidaknya ada tiga kriteria yang harus dipegang, yakni tampilan, tekstur dan rasa,” pungkas Chef Ari Purwantoro kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)






















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar