twitter

Pages

Senin, 10 Agustus 2020

Melihat Keasyikan Mahasiswa Praktik Food Technology Bersama Chef Ernawati


Mahasiswa Pastry Art Kelas Siang Persembahkan Singkong Keju Frozen yang Crispy di Luar & Lembut di Dalam


MAHASISWA Pastry Art I (P2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang, mempersembahkan Singkong Keju Frozen goreng yang crispy di luar dan lembut di dalam, saat disajikan di atas meja uji. Produk olahan berbasis singkong itu ditampilkan,  usai mahasiswa mengikuti gelaran cooking demo bersama Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group Ernawati M.MPar., Senin (03/08/2020) siang.

Untuk hasil terbaik, Singkong Keju Frozen sebelum disajikan hangat di atas meja uji dikasih topping-an berupa parutan keju dan di-garnish agar tampilannya cantik dan menarik ketika dihidangkan,” tandas Chef Ernawati kepada anak didiknya.

Demo masak Singkong Keju Frozen bersama Chef Ernawati ini dihadiri 12 mahasiswa Pastry Art I (P2) Kelas Siang. Demo masak tersebut bertempat di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Mereka tampil antusias saat mengikuti acara cooking demo membuat Singkong Keju Frozen. Teknik masak dengan sentuhan Food Technology ini merupakan materi keempat yang diajarkan kepada mahasiswa.

Pemanfaatan singkong untuk membuat Singkong Keju Frozen merupakan terobosan menyikapi melimpahnya hasil panen petani singkong di Jatim. Selain bisa diolah jadi kripik singkong dengan aneka varian rasa, singkong juga bisa diolah menjadi tepung kanji (tapioka), fruktosa (gula cair), kosmetik dan pakan ternak.

Di daerah-daerah marginal, singkong dan jagung bisa menggantikan peran beras (nasi) sebagai sumber karbohidrat, Bahkan beberapa pedesaan yang menjadi sentral produksi singkong (ubi kayu),, sumber karbohidrat ini bisa diolah menjadi makanan tradisional seperti gatot, tiwul, gethuk, jemblem, endok gluduk, dan lain-lain, yang cukup ngangeni.

”Setelah praktik membuat Silky Smooth Bean Curd (Tauwa), Sambal Rujak Manis dan Kripik Pisang mereka juga akan kami bekali teknik membuat Olahan Syrup pada tatap muka pekan keempat dan kelima mendatang,” kata Chef Ernawati di ruang kerjanya, Senin (03/08/2020) siang.

Masih menurut Chef Ernawati, fokus dari praktik membuat Singkong Keju Frozen  ini tetap ditujukan pada pendekatan industri skala rumahan (home industry) sekalipun praktiknya sendiri dilakukan di Laboratorium Praktik Graha Tristar Surabaya. Bagi pelaku usaha home industry, Singkong Keju Frozen bisa tahan lama jika disimpan di freezer.

”Selama beberapa pekan di dalam ruang pendingin, citarasanya tidak berubah saat Singkong Keju Frozen itu mau digoreng. Jadi usaha Singkong Keju Frozen layak jadi peluang usaha baru yang menjanjikan keuntungan,” terang Chef Erna sapaan akrabnya di hadapan mahasiswa.

Dalam kesempatan itu, Chef Ernawati juga menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar membuat Singkong Keju Frozen, produk olahan dari Singkong (Cassava) dan sejumlah bahan pendukung yang lainnya dengan sentuhan Food Technology.

Bersama anak didiknya, Chef Erna mengajarkan cara membuat Singkong Keju Frozen yang resepnya tidak tersedia di Buku Ajar (Silabus). Dosen Pengajar hanya membagikan fotokopian cara membuat Singkong Keju Frozen kepada 12 mahasiswa yang menghadiri gelaran cooking demo.

Untuk membuat Singkong Keju Frozen ada tiga tahapan pekerjaan. Pekerjaan tahap pertama membuat mengupas kulit Singkong, memotong jadi beberapa bagian (sesuai kebutuhan), lalu mencucinya sampai bersih dan ditaruh dalam wadah stainless steel. Selanjutnya singkong yang sudah bersih itu dikukus sampai masak.

Langkah yang kedua, menyiapkan bahan bumbu rendaman seperti fresh garlic (digeprek), baking powder, garam dan water. Singkong yang sudah selesai dikukus, kemudian direndam sebentar lalu digoreng dengan minyak panas sampai singkongnya merekah.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar