twitter

Pages

Senin, 31 Agustus 2020

Memotret Mahasiswa Tristar Cruise Jemursari Praktik Masak Western Food

Chef Ari Ajarkan Cara Masak Buffalo Chicken with Baked Potato & Guacamole Sauce dan Beef Ribs BBQ & Potato Quenelle & Green Salad



SEBANYAK 12 mahasiswa Tristar Cruise Jemursari Class yang diasuh Chef Ari Purwantoro, Dosen Pengajar dari Tristar International Cruise Training Centre (TITC), praktik masak Buffalo Chicken with Baked Potato & Guacamole Sauce dan Beef Ribs & Potato Quenelle & Green Salad. Praktik masak Western Food itu sendiri dihelat di Kitchen Modern Tristar Group, Jl  Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Jumat (28/08/2020) siang.

Sebelum praktik masak di Kitchen Modern Tristar Group, Chef Ari mem-briefing lebih dulu mahasiswa Tristar Cruise Jemursari Class agar memperhatikan bahan dan bumbunya apa saja dan tahapan teknik memasaknya bagaimana. Tujuannya agar peserta memahami standard operational procedure (SOP) memasak makanan Western Food yang biasa diterapkan di industri perhotelan termasuk di kapal pesiar juga.

 
Selanjutnya mahasiswa Tristar Cruise Jemursari Class tersebut dipersilakan langsung praktik masak dua menu Western Food, yakni Buffalo Chicken with Baked Potato & Guacamole Sauce dan Beef Ribs BBQ & Potato Quenelle & Green Salad.  di Kitchen ModernTristar Group. Masih menurut Chef Ari, dua menu Western Food (Continental Cuisines) tersebut merupakan salah satu menu favorit tamu yang menikmati perjalanan di atas kapal pesiar.
Untuk membuat Buffalo Chicken with Baked Potato & Guacamole Sauce yang disajikan dalam kondisi hangat, maka bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi chicken wings, tomato sauce, hp sauce, honey, lime juice, brown sugar, smokey BBQ flavor, potato, margarine, oregano dan parsley. Sedangkan bahan untuk membuat Guacamole Sauce, bahan yang diperlukan antara lain avocado, cayenne, jalapeno, fresh milk dan onion.

Sementara itu untuk membuat Beef Ribs BBQ & Potato Quenelle & Green Salad, maka bahan yang perlu disiapkan antara lain beef ribs, water, tomato ketchup, A1, hp sauce, honey, lime juice, brown sugar, smokey BBQ flavor, potato, margarine, milk dan cooking cream,

Sementara itu untuk membuat Green Salad-nya sendiri, maka bahan yang perlu disiapkan antar lain curly lettuce, iceberg lettuce, romaine lettuce, cabbage, carrot, onion, vinagratte, mayonnaise, cooking oil, simple syrup dan sesame seed.

Demi efektivitas pekerjaan di kitchen, 12 mahasiswa Tristar Cruise Jemursari Class berbagi tugas menyiapkan bahan masakan berikut bumbu-bumbunya, membersihkan chicken wings, memasak beef ribs hingga dagingnya empuk dan menyiapkan aneka sayuran seperti lettuce, cabbage, carrot dan onion untuk membuat Green Salad.

Selain itu mahasiswa Tristar Cruise Jemursari Class juga diminta tampil all out sejak prepare bahan, memproses masakan hingga menyajikannya di atas meja uji. Pasalnya, hasil masakan yang sudah di-plating kemudian dikritisi dan dinilai dari aspek tampilan, tekstur dan cita rasanya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Tristar Cruise Jemursari di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)















































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar