twitter

Pages

Rabu, 26 Agustus 2020

Memotret Kehebohan Mahasiswa Belajar Masak Asian Cuisines di Graha Tristar Surabaya


Dari Laboratorium Praktik Culinary, Mahasiswa Persembahkan Malaysian Pilaf Rice dan Chicken Curry


MAHASISWA Culinary Art II (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi, kembali tampil percaya diri saat praktik masak dua resep masakan Asian Cuisines, yakni Malaysian Pilaf Rice dan Chicken Curry yang lezat bersama Chef Ari Purwantoro, Dosen Pengajar Culinary Akpar Majapahit, di Laboratorium Praktik Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Jumat (21/08/2020) pagi.


Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, Chef Ari, sapaan akrabnya, menugaskan anak didiknya menyiapkan bahan msakan termasuk bumbunya untuk masak  Malaysian Pilaf Rice dan Chicken Curry yang lezat, sesuai panduan dari Silabus (Buku Ajar) yang sudah ada di tangan mahasiswa.

Bahan untuk membuat Malaysian Pilaf Rice meliputi canola oil, cinnamon, cardamon seeds, cloves, shallots, ginger, garlic, turmeric powder, long grain rice, chicken stock, salt dan golden raisins.

Malaysian Pilaf Rice itu kalau di Indonesia tampilannya seperti Nasi Kuning. Rasanya yang gurih dengan aroma bumbu rempah-rempahnya cukup kuat berkat penambahan cinnamon (kayu manis), ginger (jahe) dan cloves (bunga cengkih).

Sementara itu bahan yang dibutuhkan untuk membuat Chicken Curry ala Negeri Jiran (Malaysia) terdiri dari whole chicken (dipotong menjadi 10-12 bagian), coriander powder, chilli powder, garlic, ginger, coco milk, cinnamon, cloves, curry leaf dan cardamon pods.

Ayam utuh yang sudah dicuci bersih lalu dipotong menjadi 10-12 bagian. Potongan ayam tersebut kemudian dimasak bersama coco milk (santan kelapa) lengkap dengan bumbu Chicken Curry yang sudah dihaluskan. Aroma khas Chicken Curry dari Negeri Jiran itu karena bumbunya ada tambahan cinnamon (kayu manis) dan cloves (bunga cengkih).

Setelah semua pekerjaan di kitchen rampung, barulah masakan itu di-plating lebih dulu agar tampil cantik dan menarik saat disajikan di atas meja. Mahasiswa diberi kesempatan untuk membuat dua kreasi tampilan Malaysian Pilaf Rice dan Chicken Curry ala Negeri Jiran yang cantik dan menarik. 

Masing-masing hasil plating-an mahasiswa kemudian di-display di atas meja uji untuk dikritisi dan dinilai dari tiga aspek, yakni tampilan, tekstur dan citarasanya. Penilaian ini mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

”Penilaian yang kami lakukan ini agar mahasiswa Culinary Art terbiasa dengan sistem kerja di kitchen yang mengacu pada standar industri perhotelan. Untuk masakan setidaknya ada tiga kriteria yang harus dipegang, yakni tampilan, tekstur dan rasa,” pungkas Chef Ari di ruang kerjanya, kemarin.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)



































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar