twitter

Pages

Senin, 24 Agustus 2020

Melihat Mahasiswa Belajar Masak Asian Cuisines di Laboratorium Praktik Graha Tristar


Chef Ari Purwantoro Berbagi Ilmu Teknik Masak Lasagna dan Singaporean Satay yang Menggugah Selera


MAHASISWA Culinary Art II (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi, tampil all out saat belajar masak dua resep masakan Asian Cuisines, yakni Lasagna dan Singaporean Satay bersama Dosen Pengajar Culinary Akpar Majapahit Chef Ari Purwantoro, di Laboratorium Praktik Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Jumat (14/08/2020) pagi.

Demi memudahkan pekerjaan di kitchen,  Chef Ari, sapaan akrabnya, menugaskan anak didiknya menyiapkan bahan msakan termasuk bumbunya untuk masak  Lasagna dan Singaporean Chicken Curry yang lezat, sesuai panduan dariSilabus (Buku Ajar) yang sudah ada di tangan mahasiswa.

Bahan untuk membuat Lasagna meliputi shallot, garlic, ginger, candle nut, galangal, turmeric, dried shrimp (ebi), lemon grass, bean sprout, chicken breast, bean curd, egg noodle dan chick stock (kaldu ayam).

Untuk membuat chick stock, dada ayam (bisa utuh atau dipotong jadi dua bagian) yang sudah dicuci bersih kemudian direbus dengan air hingga matang, kemudian bumbu yang sudah dihaluskan –shallot, garlic, ginger, candle nut, galangal, turmeric, dried shrimp, lemon grass, bean sprout, bean curd, sugar dan salt secukupnya. 

Sementara itu bahan yang dibutuhkan untuk membuat Singaporean Satay  terdiri dari chicken breast, garlic, turmeric, coriander seed, red chili, sugar, grated coconut (parutan buah kelapa), bamoo skewer (tusuk sate).

Dada ayam yang sudah dicuci bersih lalu dipotong seukuran dadu untuk dibuat sate. Pada saat yang sama bumbu sate dari campuran garlic, turmeric, coriander seed, red chili, sugar, salt dan greated coconut diaduk merata. Bumbu sate yang sudah jadi lalu ditaburkan rata pada setiap tusuk sate sebelum sate itu dibakar.

Setelah semua pekerjaan di kitchen tuntas, barulah masakan itu di-plating lebih dulu agar tampil cantik dan menarik saat disajikan di atas meja. Mahasiswa diberi kesempatan untuk membuat dua kreasi tampilan Lasagna dan Singaporean Satay yang cantik, menarik dan elegan.

Masing-masing hasil plating-an mahasiswa kemudian di-display di atas meja uji untuk dikritisi dan dinilai dari tiga aspek, yakni tampilan, tekstur dan citarasanya. Penilaian ini mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

”Penilaian yang kami lakukan ini agar mahasiswa Culinary Art terbiasa dengan sistem kerja di kitchen yang mengacu pada standar industri perhotelan. Untuk masakan setidaknya ada tiga kriteria yang harus dipegang, yakni tampilan, tekstur dan rasa,” tandas Chef Ari Purwantoro.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)












































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar