twitter

Pages

Senin, 24 Agustus 2020

Asyiknya Belajar Buat Aneka Kreasi Sweet Bread Bersama Chef Dwi Mei Retnowati


Mahasiswa Baru Pastry Art II (P1) Kelas Pagi Praktik Buat Roti Sisir, Barliner (Bomboloni), Com Vla Bread dan Tuna Choux Cheese Bread

PADA pertemuan pekan kedua, Jumat (14/08/2020) pagi, 12 mahasiswa baru Pastry Art II (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi kembali diajarkan membuat empat kreasi Roti Manis (Sweet Bread), yakni Roti Sisir, Barliner (Bomboloni), Com Vla Bread dan Tuna Choux Cheese Bread oleh Chef Dwi Mei Retnowati S.Si. Praktik membuat aneka kreasi Roti Manis itu sendiri digelar di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. 


Praktik membuat empat kreasi Roti Manis ini merupakan rangkaian dari agenda empat kali tatap muka bersama Dosen Pengajar Pastry Akpar Majapahit tersebut. Sesuai kalender akademik, mahasiswa Pastry Art Class diajarkan cara membuat 16 resep Roti Manis (Sweet Bread). 

Jika pada tatap muka hari pertama, Jumat (07/08/2020), dua pekan lalu, mahasiswa diajarkan cara membuat empat kreasi Roti Manis yakni Cinnamon Roll Bread, Nut Tea Ring Bread, Beef Bread dan Chicken Curry Bread di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar Surabaya.

Maka pada pertemuan hari kedua, Jumat (14/08/2020) pagi, mahasiswa Pastry Art II (P1) Kelas Pagi kembali dibekali empat resep Roti Manis (Sweet Bread) yang lain, yakni Roti Sisir, Barliner (Bomboloni), Com Vla Bread dan Tuna Choux Cheese Bread.

Sementara itu pada pertemuan Sabtu (15/08/2020) dan Kamis (20/08/2020), Chef Dwi Mei Retnowati mengajarkan cara membuat delapan resep Roti Manis yang lain, yakni Bread Cake, Mocca Bun, Fruit Cheese Bread, Sausage Mushroom Bread with Puff, Peanut Bread, Chocolate Almond Babka Bread, Mexico Rainbow Bun dan  Smoke Cheese Bread dan Chicken Curry Bread sesuai job desk-nya masing-masing. 

Setiap kelompok berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya, usai mem-plating roti yang dibuat masing-masing kelompok dinilai dan dikritisi oleh dosen pembimbing. 

Sementara itu dari empat resep Roti Manis yang diajarkan Chef Mei pada pertemuan hari kedua tersebut, ternyata tidak semuanya berasa manis. Ada satu resep yang berasa asin gurih (savoury)  itu adalah Tuna Choux Cheese Bread.

Untuk membuat Tuna Choux Cheese Bread, misalnya, sedikitnya ada dua tahapan pekerjaan yang harus dilakoni. Pekerjaan tahap pertama, menyiapkan Bread Dough I. Bahan yang dibutuhkan adalah bread flour (merek Cakra Kembar) dan water, sedang Bread Dough II bahannya terdiri dari.bread flou, sugar, milk powder, egg, egg yolk, yeast, salt, water dan butter.

Sementara itu untuk membuat Choux-nya sendiri, maka bahan yang disiapkan adalah water, butter, salt, bread flour dan egg, sedangkan untuk membuat Filling-nya bahan yang dibutuhkan adalah tuna, garlic dan cheddar cheese.

Adonan Tuna Choux Cheese Bread setengah jadi diambil @ 45 gram dan dibentuk bulat diameter sekitar 10 cm. Sebelum di-bake selama 12-15 menitan pada suhu 180*C, maka Tuna Choux Cheese Brea tersebut di-proofer (mesin pengembang roti) lebih dulu selama 60 menit.

”Selain mendampingi kelompok mahasiswa yang kebagian tugas membuat Tuna Choux Cheese Bread, kami juga mengawal kelompok lain yang ditugasi membuat Roti Sisir, Barliner (Bomboloni) dan Com Vla Bread, sejak prepare bahan, proses mengolah hingga menyajikannya di meja uji sesuai standar industri perhotelan,” ujar Chef Dwi Mei Retnowati, di ruang kerjanya, pekan lalu.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)



















































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar