twitter

Pages

Selasa, 18 Agustus 2020

Asyiknya Mahasiswa Pastry Art Praktik Buat Kreasi Roti Manis Bersama Chef Renny


Mahasiswa Baru Pastry Art II (P2) Akpar Majapahit Kelas Pagi Buat Cinnamon Roll Bread, Nut Tea Ring Bread, Beef Bread dan Chicken Curry Bread 


SEBANYAK 12 mahasiswa baru Pastry Art II (P2) Akpar Majapahit Kelas Pagi giliran diajarkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang Teknik Pengolahan Roti Manis (Sweet Bread) oleh Chef Renny Savitri SE, M.Par., di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Sebelumnya mahasiswa Pastry Art Class dibekali teknik membuat delapan kreasi Roti Lean (Plain).

Selama empat kali tatap muka, Dosen Pengajar Pastry Akpar Majapahit itu mengajarkan cara membuat 16 resep Roti Manis (Sweet Bread). Pertemuan hari pertama, mahasiswa diajarkan cara membuat empat kreasi Roti Manis yakni Cinnamon Roll Bread, Nut Tea Ring Bread, Beef Bread dan Chicken Curry Bread di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar Surabaya.

Untuk memudahkan pekerjaan, 12 mahasiswa baru Pastry Art Class itu dibagi dalam enam kelompok, masing-masing beranggotakan dua orang per kelompok. Semangat tinggi ditunjukkan oleh masing-masing kelompok saat mereka praktik membuat Cinnamon Roll Bread, Nut Tea Ring Bread, Beef Bread dan Chicken Curry Bread sesuai job desk-nya masing-masing. 

Setiap kelompok berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya, usai mem-plating roti yang dibuat masing-masing kelompok dinilai dan dikritisi oleh dosen pembimbing. 

Dari empat resep Roti Manis yang diajarkan Chef Renny  pada pertemuan hari pertama, Jumat (07/08/2020) pagi, ternyata resep tidak semuanya berasa manis. Dua resep yang berasa asin gurih (savoury)  itu adalah Beef Bread dan Chicken Curry Bread.

Untuk membuat Chicken Curry Bread yang berasa gurih, misalnya, ada dua pekerjaan yang dilakukan, yakni menyiapkan Bread Dough 1, maka bahan yang dibutuhkan adalah bread flour (merek Cakra Kembar) dan water. Sedangkan untuk membuat Bread Dough 1, maka bahannya terdiri dari bread flour, sugar, milk powder, egg, yeast, salt, water dan butter.

Sementara itu untuk membuat filling-nya sendiri, maka bahan yang disiapkan adalah breast chicken fillet, potato (diiris bentuk kotak-kotak kecil), onion, garlic, curry powder, vegetable oil, parsley yang sudah di-chop).

Adonan Chicken Curry Bread setengah jadi diambil @ 45 gram. Sebelum di-bake selama 15 menitan pada suhu 180*C, maka Chicken Curry Bread yang sudah diisi olahan daging ayam tersebut di-proofer lebih dulu selama 60 menit. Sebelum dihias agar tampilannya cantik memikat, maka Chicken Curry Bread masih diberi topping berupa taburan sesame seed dan pandan leaf.

”Selain mendampingi kelompok mahasiswa yang kebagian tugas membuat Chicken Curry Bread, kami juga mengawal kelompok lain yang mendapat tugas membuat Cinnamon Roll Bread, Nut Tea Ring Bread dan Beef Bread, sejak prepare bahan, proses mengolah hingga menyajikannya di meja uji sesuai standar industri perhotelan,” terang Chef Renny Savitri.

Sementara itu pada tatap muka hari kedua, Jumat (14/08/2020) pagi, mahasiswa Pastry Art II (P1) Kelas Pagi kembali dibekali empat resep Roti Manis (Sweet Bread) yang lain, yakni Roti Sisir, Barliner (Bomboloni), Com Vla Bread dan Tuna Choux Cheese Bread.

Sedangkan pada pertemuan Sabtu (15/08/2020) dan Kamis (20/08/2020), Chef Renny Savitri mengajarkan cara membuat delapan resep Roti Manis yang berbeda dari sebelumnya, yakni Bread Cake, Mocca Bun, Fruit Cheese Bread, Sausage Mushroom Bread with Puff, Peanut Bread, Chocolate Almond Babka Bread, Mexico Rainbow Bun dan  Smoke Cheese Bread.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar