twitter

Pages

Kamis, 20 Agustus 2020

Serunya Melihat Mahasiswa Praktik Masak Olahan Fish & Seafood Bersama Chef Della


Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Persembahkan ”Prawn Bisque & Pan Fried Snapper with Bearnaise”


MAHASISWA Culinary Art Tristar Samator Kelas Pagi yang diasuh Chef Adeline Nadia Daniel, dibekali pengetahuan teknik olahan Fish & Seafood sekaligus belajar masak dua menu Western Food yakni Prawn Bisque dan Pan Fried Snapper with Bearnaise, Selasa (11/08/2020) pagi. Praktik masak tersebut dihelat di Kitchen Modern Trestelle Accademia Culinaria Sky Suites SOHO-Samator Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya.

”Setiap kali tatap muka dengan mahasiswa Culinary Art Class, kami membuat dua resep Western Food. Sebelumnya mahasiswa sudah kami ajarkan masak empat menu olahan Fish & Seafood dengan resep ala Western Food,” kata Chef Della, sapaan akrabnya, kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, kemarin.
 
Praktik masak olahan Fish & Seafood tersebut merupakan bagian dari pembelajaran kepada 10-12 mahasiswa Culinary Art Class seputar teknik memasak aneka makanan khas Eropa yang citarasa dan teksturnya benar-benar western banget.

Pelajaran pengolahan makanan Eropa ini merupakan aplikasi dari teknik-teknik memasak, di antaranya adalah grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan banyak lagi. Mahasiswa juga diperkenalkan terhadap berbagai macam makanan yang berasal dari Benua Biru (Eropa). 

Sementara itu pertemuan hari pertama, Rabu (05/08/2020), pekan lalu, Chef Della mengajarkan anak didiknya memasak dua resep menu Western Food yakni Cioppino dan Clam Chowder, di Kitchen Modern Trestelle Accademia Culinaria Tristar Samator. 

”Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Jumat (07/08/2020), pekan lalu, kami berbagi ilmu cara memasak Fish & Chips dan Seafood Kebabs yang berkelas,” kata Chef Adeline Nadia Daniel, di sela-sela kesibukannya menyupervisi anak didiknya bekerja di kitchen.

Selanjutnya pada pertemuan hari ketiga, Selasa (11/08/2020) pagi, Chef Della kembali berbagi ilmu cara memasak dua resep menu Western Food yakni Prawn Bisque dan Pan Fried Snapper with Bearnaise bersama anak didiknya.

Demi masak Prawn Bisque yang lezat, maka bahan yang dibutuhkan meliputi butter, shallots, garlic, prawn head & shells, tomatoes, fish stock (kaldu ikan), sugar, cooking cream, parsley dan prawn. Sedangkan untuk membuat Garlic Crostini-nya sendiri, bahan yang disiapkan adalah small baguette, unsalted butter, garlic, salt & pepper dan parsley.

Selain itu, mahasiswa juga ditantang untuk masak Pan Fried Snapper with Bearnaise secara individual. Untuk masak Western Food yang satu ini, sedikitnya melalui dua tahapan pekerjaan. Tahap pertama, menyiapkan bahan seperti snapper fillet (memanfaatkan daging ikan salmon yang sudah di-fillet), salt & pepper dan oil. Daging salmon itu kemudian di-pan fry sampai matang sempurna.

Pekerjaan selanjutnya adalah menyiapkan Bearnaise Sauce yang gurih. Bahan yang dibutuhkan adalah white wine vinegar, white wine, tarragon, shallot, black peppercorn, egg yolk, salt dan unsalted butter.

Aneka kreasi masakan berbasis Fish & Seafood ini sebagian besar diadopsi dari Eropa (Western Food), sehingga bumbunya lebih dominan dengan memanfaatkan sauces (seperti tomato sauce, worchestershire sauce) white wine vinegar, mayonnaise, honey, butter, mozzarella cheese (keju mozzarella), cheddar cheese, cream cheese, olive oil, salad oil dan bahan yang lainnya.

”Teknik pengolahan Fish & Seafood berikut resep masakannya sudah tersaji lengkap di Buku Ajar (Silabus). Dengan demikian, mahasiswa tinggal memperhatikan step by step teknik masaknya saat kerja di kitchen,” tandas Chef Adeline Nadia Daniel kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, kemarin.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (Tristar Group), silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)











































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar