twitter

Pages

Senin, 31 Agustus 2020

Dari Cooking Practical with Chef Eko Suryanto di Maxone Hotels Surabaya Tidar

Mahasiswa Tristar Cruise Jemursari Praktik Masak Satu Set Menu Lunch Buffet di OOB Kitchen


SEBANYAK 12 mahasiswa Tristar Cruise Jemursari Kelas Malam, praktik masak satu set menu Lunch Buffet (Makan Siang Prasmanan) di OOB Kitchen di Maxone Hotels Surabaya Tidar, Kamis (27/08/2020) pagi. Saat praktik masak, mahasiswa disupervisi langsung oleh Head Chef Maxone Hotels Surabaya Tidar, Chef Eko Suryanto.

Kedatangan rombongan mahasiswa Tristar Cruise Jemursari itu di dampingi dua orang perwakilan dari pihak Tristar Group, yakni Imania Ayu Wulandari M.MPar dan R. Paulus W. Soetrisno M.Par. Dua orang kru Multimedia Tristar Group juga hadir untuk mendokumentasikan acara Cooking Practical with Chef di Maxone Hotels.

Maksud dan tujuan dari kunjungan industri ini untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Food & Beverage (FB) Product di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan.

Dalam pengarahan singkatnya, Chef Eko Suryanto mengajak mahasiswa Tristar Cruise Jemursari untuk fokus bekerja di kitchen sesuai job desk-nya masing-masing. Tidak berbicara sendiri-sendiri, tidak malu bertanya kepada chef on duty, disiplin mengatur waktu dan memperhatikan aspek hygiene & sanitation selama bekerja di kitchen.

Sesuai arahan Chef Eko, 11 mahasiswa ditugaskan secara bergantian di Hot Kitchen untuk praktik masak Udang Rambutan (Dragon Ball) + Mayonnaise + Tomato & Chilli Sauce (Appetizer), Tofu Hot & Sour Soup (Soup), Nasi Putih, Nasi Goreng Ijo, Spicy Noodle, Baby Kailan Garlic, Ayam Telur Asin, Ikan Asam Pedas dan Tahu Teriyaki (Main Course) dan Es Campur (Dessert)-nya.

Selama praktik masak di OOB Kitchen Maxone Hotels Surabaya Tidar, mahasiswa juga diajarkan teknik memotong sayur, buah dan daging (termasuk ikan) sesuai standar industri perhotelan. Mereka juga dikenalkan sembilan resep masakan yang akan dibuat.

Sebelas mahasiswa langsung diajak praktik masak di hot kitchen hotel dengan disupervisi Chef Eko Suryanto di dampingi seorang asistennya. Adapun menu makanan yang dimasak Udang Rambutan (Appetizer), Tofu Hot & Sour Soup (Soup), Nasi Putih, Nasi Goreng Ijo, Spicy Noodle, Baby Kailan Garlic, Ayam Telur Asin, Ikan Asam Pedas dan Tahu Teriyaki (Main Course) dan Es Campur (Dessert)-nya.

Pada kesempatan itu, Chef Eko Suryanto juga mengajari cara memainkan kompor Wok kepada mahasiswa, terutama saat masak Nasi Goreng Ijo, Spicy Noodle, Baby Kailan Garlic, Ayam Telur Asin, Ikan Asam Pedas dan Tahu Teriyaki (Main Course). Penggunaan kompor bertekanan tinggi ini untuk mempercepat proses memasak namun kandungan gizi masakan tetap terjaga dengan baik. 

”Kuncinya operator kompor Wok harus pandai memainkan apinya. Kapan api dikecilkan, kapan Anda mengatur api sedang dan kapan api itu dibesarkan sampai maksimal,” terang Chef Eko Suryanto di sela-sela mendampingi mahasiswa Tristar Cruise Jemursari praktik masak di OOB Kitchen Maxone Hotels Surabaya Tidar.

Mengingat durasi masaknya pun harus cepat sesuai standar kerja di kitchen hotel, yakni sekitar 1-1,5 jam, sebelum masakan itu disajikan kepada tamu, maka ada asisten chef yang bertugas di OOB Kitchen juga sudah menyiapkan bahan-bahan masakan lebih dulu termasuk Udang Rambutan, Nasi Putih dan Es Campur.

Untuk membuat Es Campur, misalnya, dua mahasiswi Tristar Cruise Jemursari tinggal menambahkan syrup dan cube ice sebelum dessert itu disajikan di area meja saji OOB Kitchen. Mahasiswa tersebut juga ditugasi menggoreng Udang Rambutan yang sudah disiapkan di kitchen, sebelum appetizer itu ditata di meja saji bersama condiment-nya yakni mayonnaise, tomato sauce dan chilli sauce.

”Setelah semua menu jamuan makan siang selesai dimasak, selanjutnya hasil masakan itu ditata di meja untuk di-set up ala prasmanan. Penyajian seperti itu disebut lunch buffet,” terang Kasiadik, Manager OOB Kitchen  kepada kru www.culinarynews.info.  

Pada waktu yang sama, seorang waiter OOB Kitchen pun sibuk menata sendok dan garpu, piring, sendok es serta gelas untuk diletakkan sesuai tempatnya. Begitu juga tata letak makanan juga diatur berurutan, mulai Appetizer, Soup, Main Course hingga Dessert-nya, kecuali Mineral Water dan Tea Ice yang diletakkan terpisah di area sekitar counter OOB Kitchen. Selamat menikmati!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)







































































































































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar