twitter

Pages

Rabu, 26 Agustus 2020

Melihat Keseruan Mahasiswa Praktik Buat Kreasi Aneka Sweet Bread Bersama Chef Mei


Mahasiswa Baru Pastry Art II (P1) Kelas Pagi Diajarkan Buat Peanut Bread, Chocolate Almond Babka Bread, Mexico Rainbow Bun dan Smoke Cheese Bread


PADA tatap pekan terakhir, Jumat (21/08/2020) pagi, 12 mahasiswa baru Pastry Art II (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi kembali diajarkan cara membuat empat kreasi Roti Manis (Sweet Bread) yang berbeda dari sebelumnya, yakni Peanut Bread, Chocolate Almond Babka Bread, Mexico Rainbow Bun dan Smoke Cheese Bread.

Ketika praktik membuat aneka kreasi Roti Manis tersebut, mahasiswa disupervisi langsung oleh Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Chef Dwi Mei Retnowati, di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. 

Praktik membuat empat kreasi Roti Manis ini merupakan rangkaian dari agenda empat kali tatap muka bersama Dosen Pengajar Pastry Akpar Majapahit tersebut. Sesuai kalender akademik, mahasiswa Pastry Art Class diajarkan cara membuat 16 resep Roti Manis (Sweet Bread). 

Jika pada tatap muka hari pertama, Jumat (07/08/2020), dua pekan lalu, mahasiswa diajarkan cara membuat empat kreasi Roti Manis yakni Cinnamon Roll Bread, Nut Tea Ring Bread, Beef Bread dan Chicken Curry Bread di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar Surabaya.

Maka pada pertemuan hari kedua, Jumat (14/08/2020) pagi, mahasiswa Pastry Art II (P1) Kelas Pagi kembali dibekali empat resep Roti Manis (Sweet Bread) yang lain, yakni Roti Sisir, Barliner (Bomboloni), Com Vla Bread dan Tuna Choux Cheese Bread.

Sementara itu pada pertemuan Sabtu (15/08/2020) dan Kamis (20/08/2020), Chef Dwi Mei Retnowati mengajarkan cara membuat delapan resep Roti Manis yang lain, yakni Bread Cake, Mocca Bun, Fruit Cheese Bread, Sausage Mushroom Bread with Puff, Peanut Bread, Chocolate Almond Babka Bread, Mexico Rainbow Bun dan  Smoke Cheese Bread sesuai job desk-nya masing-masing. 

Setiap kelompok berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya, usai mem-plating roti yang dibuat masing-masing kelompok dinilai dan dikritisi oleh dosen pembimbing. 

Sementara itu dari empat resep Roti Manis yang diajarkan Chef Mei pada pertemuan pekan terakhir, Jumat (21/08/2020) pagi, ternyata tidak semuanya berasa manis. Ada satu resep yang berasa asin gurih (savoury)  itu adalah Smoke Cheese Bread.

Untuk membuat Peanut Bread, misalnya, sedikitnya ada tiga tahapan pekerjaan yang harus dijalani. Pekerjaan tahap pertama, menyiapkan adonan Peanut Bread. Bahan yang dibutuhkan adalah bread flour (tepung merek Cakra Kembar), medium flour, yeast, bread improver, sugar, milk powder, salt, egg yolk, egg, water, butter dan margarine. 

Adonan yang sudah kalis dan dibentuk bulat @ beratnya 40 gram kemudian di-proofing dalam kamar fermentasi selama 60 menit agar mengembang sempurna. Setelah di-proofing barulah Peanut Bread itu di-bake pada suhu 180*C selama 15 menitan.

Pekerjaan tahap selanjutnya adalah menyiapkan filling-nya. Untuk membuat filling, maka bahan yang dibutuhkan antara lain peanut no skin, brown sugar, icing sugar, milk powder, peanut jam dan chocolate jam dicampur jadi satu dan diaduk sampai rata.

Tahapan pekerjaan terakhir adalah menyiapkan topping-nya berupa sugar. Sebelum ditaburi sugar powder, Peanut Bread yang sudah selesai di-bake, permukaannya diolesi dengan campuran 30 gram milk powder dan hot water agar mengkilap.

”Selain mendampingi kelompok mahasiswa yang kebagian tugas membuat Peanut Bread, kami juga mengawal kelompok lain yang ditugasi membuat Chocolate Almond Babka Bread, Mexico Rainbow Bun dan Smoke Cheese Bread, sejak prepare bahan, proses mengolah hingga menyajikannya di meja uji sesuai standar industri perhotelan,” ujar Chef Mei, di ruang kerjanya, kemarin.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)






























































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar