twitter

Pages

Senin, 31 Agustus 2020

Dari Cooking Practical with Chef Eko Suryanto di Maxone Hotels Surabaya Tidar


Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Siang Masak Satu Set Menu untuk Makan Malam di Loveshack Sky Bar


GILIRAN sebanyak 12 mahasiswa Culinary Art I (C2) Akpar Majapahit Kelas Siang yang diasuh Chef Thomas Denny, praktik masak satu set menu untuk jamuan makan malam bersama (Dinner) di Loveshack Sky Bar Lantai 7 Maxone Hotels Surabaya Tidar, Sabtu (29/08/2020) malam. Saat praktik masak, mahasiswa Akpar Majapahit itu disupervisi langsung oleh Head Chef Maxone Hotels Surabaya Tidar, Chef Eko Suryanto.

Kedatangan rombongan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Siang itu di dampingi dua orang perwakilan dari pihak Akpar Majapahit, yakni Chef Thomas Denny dan R. Paulus W. Soetrisno M.Par. Dua orang kru Multimedia dari Tristar Group juga hadir untuk mengabadikan acara Cooking Practical with Chef di Maxone Hotels.

Maksud dan tujuan dari kunjungan industri mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit ini untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Food & Beverage (FB) Product di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan.

Mereka juga dihadapkan pada kondisi riil di lapangan bahwa sistem kerja di kitchen itu butuh kedisiplinan, effort kerja yang tinggi, bisa membagi waktu serta memahami aspek hygiene & sanitation karena yang dijual kepada tamu adalah makanan dan minuman.

Oleh karena itu dalam pengarahan singkatnya, Chef Eko Suryanto mengajak mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit untuk fokus bekerja di kitchen sesuai job desk-nya masing-masing. Tidak berbicara sendiri-sendiri, tidak malu bertanya kepada chef on duty, disiplin mengatur waktu dan memperhatikan aspek hygiene & sanitation selama bekerja di kitchen.

Sesuai arahan Chef Eko, 12 mahasiswa ditugaskan secara bergantian di kitchen Loveshack Sky Bar lantai 7 Maxone Hotels untuk praktik masak Udang Asparagus with Chicken Soup (Soup), Grilled Chicken Vegetables & Mas Potato (Main Course) dan Crème Brulee (Dessert)-nya.

Selama praktik masak di Loveshack Sky Bar Lantai 7 Maxone Hotels Surabaya Tidar, mahasiswa juga diajarkan teknik memotong sayur, buah dan daging (termasuk ikan) sesuai standar industri perhotelan. Mereka juga dikenalkan tiga resep masakan yang akan dibuat untuk jamuan makan malam bersama (Dinner).

Sesi pertama, enam mahasiswa langsung diajak praktik masak di kitchen hotel dengan disupervisi langsung oleh Chef Eko Suryanto. Adapun menu makanan yang dimasak Asparagus with Chicken Soup (Soup), Grilled Chicken Vegetables & Mass Potato (Main Course) dan Crème Brulee (Dessert)-nya.

Pada kesempatan itu, Chef Eko Suryanto juga mengajari cara meng-grilled ayam untuk masak Grilled Chicken Vegetables & Mass Potato (Main Course) dengan api kecil sedang sambil daging ayam itu terus dibolak-balik sampai matang dan usahakan tidak sampai gosong (overcook).

”Salah satu kuncinya nge-grilled ayam adalah menggunakan api kecil sedang sambil daging ayam itu terus dibolak-balik sampai matang sempurna ditandai warna dagingnya kecoklatan yang merata,” terang Chef Eko di sela-sela mendampingi mahasiswa praktik masak di Loveshack Sky Bar Maxone Hotels Surabaya Tidar.

Mengingat durasi masaknya pun harus cepat sesuai standar kerja di kitchen hotel, yakni sekitar 45 menitan, sebelum masakan itu disajikan kepada tamu, maka waiters yang bertugas di Loveshack Sky Bar Lantai 7 Maxone Hotels Surabaya Tidar juga sudah menyiapkan Mineral Water dan Tea Ice berikut gelasnya.

Hal yang sama juga diajarkan kepada enam mahasiswa sesi kedua ketika praktik masak tiga menu untuk jamuan makan malam, yakni Asparagus with Chicken Soup (Soup), Grilled Chicken Vegetables & Mass Potato (Main Course) dan Crème Brulee (Dessert)-nya.

”Setelah semua menu jamuan makan malam selesai di-plating semenarik mungkin, selanjutnya hasil masakan itu ditata di meja untuk di-set up untuk Dinner,” terang Chef Thomas Denny, Dosen Pengajar Culinary Akpar Majapahit di damping R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit.


Chef Thomas juga memeragakan bagaimana membawa tiga piring sekaligus dan meletakkannya di sisi kanan tamu. Mahasiswa juga diajarkan bagaimana menata sendok (sendok sup, sendok makan dan sendok untuk dessert), garpu, gelas, piring dan napkin (celemek) pada sebuah jamuan makan malam yang benar kepada anak didiknya. Kini saatnya menikmati sajian tiga menu Dinner. Selamat makan!


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

































































 























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar