twitter

Pages

Minggu, 30 Agustus 2020

Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Sukseskan Baking Demo with Chef dari Elmer Chocolate

Dari Laboratorium Praktik Patisserie, Chef Jeffry Leonardo Persembahkan Delapan Kreasi Sweet Bread nan Cantik

DOSEN TAMU dari PT Federal Food Internusa (Elmer Premium Chocolate), Chef Jeffry Leonardo dan asistennya Chef Deby Firmansyah, kembali dihadirkan pada gelaran bertajuk Baking Demo with Chef yang dihelat di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (25/08/2020) siang.

Baking Demo with Chef pada hari pertama, Selasa (25/08/2020), dibagi dua sesi. Baking demo sesi pagi dihadiri 21 mahasiswa Pastry Art Kelas Pagi, sedangkan pada sesi siang juga diikuti sekitar 21 orang mahasiswa Pastry Art Kelas Siang. Mahasiswa Pastry Art Class itu sehari-hari diasuh oleh Chef Upi Palupi M.MPar dan Chef Renny Savitri M.Par.

Dalam gelaran baking demo bersama Chef Jeffry Leonardo, mahasiswa diajarkan teknik membuat delapan kreasi sweet bread kekinian, yakni Sausage Boat, Double Cheese, Meat & Cheese, Choco Bun, Choco Cream, Mung Bun, Vanilla Raisin dan Floss Bun, di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar Surabaya.

Selama baking demo tersebut, mahasiswa Pastry Art Class diajarkan sekaligus praktik langsung bagaimana teknik membuat delapan kreasi sweet bread kekinian, yang cantik penampilannya, elegan dan lezat tentunya. Dari delapan kreasi sweet bread tersebut, ada empat kreasi sweet bread yang rasanya gurih yakni Sausage Boat, Double Cheese, Meat & Cheese Bread dan Floss Bun. Sedangkan empat kreasi bread yang lain semuanya berasa manis.

Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, Chef Jeffry, sapaan akrab Dosen Tamu dari Elmer Premium Chocolate itu membagikan panduan singkat tentang cara membuat delapan resep sweet bread kekinian kepada mahasiswa. Chef Jeffry bersama mahasiswa sudah prepare di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar sejak pukul 09.00-16.00 WIB.

Ketika demo membuat delapan kreasi sweet bread kekinian itu, Chef Jefffry menerangkan apa saja bahan dan peralatan yang dibutuhan, tahapan pekerjaan hingga memprosesnya hingga delapan kreasi sweet bread tersebut siap untuk di-garnish dan disajikan di atas meja uji.

Pekerjaan tahap pertama menyiapkan Sweet Bun Dough  (Basic Dough) dengan menggunakan bahan seperti tepung protein tinggi, tepung protein sedang, gula pasir, susu bubuk, ragi instan, bread improver dan softener (Bahan A). Sementara itu untuk Bahan B sendiri meliputi telur, kuning telur, fresh cream, dan air dingin, sedangkan mentega dan garam adalah Bahan C-nya.

Cara membuat Sweet Bun Dough adalah sebagai berikut: (1). Mixer Bahan A dengan kecepatan pelan hingga rata, (2). Masukkan Bahan B, aduk dengan kecepatan pelan hingga menggumpal, (3). Naikkan kecepatan menjadi tinggi, aduk hingga ¾ kalis, (4). Tambahkan Bahan C, aduk kembali hingga kalis, (5). Istirahatkan adonan selama 10 menit,

Pekerjaan selanjutnya: (6). Timbang adonan dengan berat sesuai kebutuhan, (7). Bulatkan adonan lalu istirahatkan selama tiga menitan, (8). Bentuk adonan, (9). Fermentasikan adonan ke dalam mesin proofing selama kurang lebih 45 menit dan (10). Oven dengan suhu 185*C selama 12-15 menit, siap disajikan.

Selain itu, Chef Jeffry bersama asistennya, Chef Firmansyah juga mengajarkan cara membuat Topping & Filling-nya. Untuk membuat Egg Wash bahannya telur dan susu cair, membuat Milk Cheese Filling bahannya Keju Cheddar (diparut) dan Elmer Filling Pasta Cheese.

Selanjutnya menyiapkan Mix Sauce dengan mencampur Tomato Ketchup dan Chilli Sauce. Sementara itu untuk membuat Choco Cream bahannya terdiri dari Creamfill Vanilla, Whipping Cream dan Dark Chocolate Compund. Sedangkan cara membuat Cream Puff Topping bahannya terdiri dari air, minyak, tepung protein sedang, garam, telur dan kuning telur.

Dalam kesempatan itu, Chef Jeffry Leonardo juga berbagi cara membuat Mayo Mix yang memanfaatkan Mayonnaise dan Krimer Kental Manis sebagai bahannya. Dan yang terakhir, mahasiswa diajarkan membuat Mexican Topping, yang bahannya meliputi mentega, gula halus, telur dan tepung protein sedang.

Untuk membuat Choco Bun (Resep 4), misalnya, maka ingredient-nya terdiri dari Sweet Bun Dough, Elmer Filling Pasta Dark Tropical, dan sebelum di-oven diberi Mexican Topping dan Elmer Choco Rice Tropical Gold.

Sementara itu untuk membuat Vanilla Raisin (Resep 7), maka ingredient-nya terdiri dari Sweet Bun Dough, Bakerline Creamfill Pasta, kismis, cup bulat. Sebelum di-oven, pemukaan Vanilla Raisin diolesi lebih dulu dengan Egg Wash.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)
























































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar