twitter

Pages

Jumat, 28 Agustus 2020

Dari Kunjungan Industri Mahasiswa di Batiqa Hotels Surabaya Darmo


Mahasiswa Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Praktik Akomodasi Restoran Buat Satu Set Menu Lunch Buffet 

 
SEBANYAK 13 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Art, praktik Akomodasi Restoran sesuai Standar Industri Perhotelan di Fresqa Resto Batiqa Hotels Surabaya Darmo, Senin (24/08-2020) pagi bersama R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Dosen Pengajar Akomodasi Restoran Akpar Majapahit. 


Maksud dan tujuan dari kunjungan industri ini untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Akomodasi Restoran di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan.

Kedatangan 21 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit bersama dosen pembimbingnya itu disambut oleh Head Chef Batiqa Hotels Subagio Johannes dan Food & Beverage Supervisor Fresqa Resto Rielda, di lantai 2 hotel bintang tiga tersebut.

Pada waktu praktik Akomodasi Restoran di Batiqa Hotels Surabaya Darmo, mahasiswa tampil penuh percaya diri saat ditantang masak satu set menu makan siang secara prasmanan (lunch buffet) oleh Head Chef Batiqa Hotels, Chef Subagio Johannes.

Sebelum praktik masak  di open kitchen Fresqa Resto, mahasiswa diberi pengarahan sekitar lima menitan oleh Chef Jo terkait mengoperasian alat masak terutama kompok Wok dan sejumlah peralatan berikut bahan-bahan masakan yang telah disiapkan di kitchen hotel tersebut.

Sesuai arahan Chef Jo, sapaan akrabnya, tujuh mahasiswa (Kelompok 1) ditugaskan di Open Kitchen Fresqa Resto untuk praktik masak Steamed Rice (Nasi Putih), Hongkong Fried Rice, Corn Egg Drop Soup, Javanese Fried Noodle, Bihun Goreng, Chicken Black Pepper, Fish Sweet & Sour Sauce, Fualli Bolognese Sauce, Cap Cay, Balado Kentang, Balado Telur dan Tumis Kangkung

Selama praktik masak di kitchen Batiqa Hotels, mahasiswa juga diajarkan teknik memotong sayur, buah dan daging (termasuk ikan) sesuai standar industri perhotelan. Mereka juga dikenalkan 11 resep masakan yang akan dibuat.

Sedangkan enam mahasiswa lainnya (Kelompok 2) dikenalkan cara kerja Food & Beverage Service (FBS) oleh Food & Beverage Supervisor Fresqa Resto, Rielda. Enam mahasiswa anggota Kelompok 2 itu ditugaskan menjadi waiters/waitress (pramusaji) demi mempersiapkan acara jamuan makan siang di Fresqa Resto. Durasi masaknya pun harus cepat sesuai standar kerja di kitchen hotel, yakni sekitar 1-1,5 jam, sebelum masakan itu disajikan kepada tamu.

”Setelah aneka menu jamuan makan siang usai dimasak oleh Kelompok 1 di kitchen hotel, Masakan itu untuk ditata sedemikian untuk di-set up ala buffet,” terang Chef Jo kepada kru www.culinarynews.info. 

Pada waktu bersamaan, F&B Supervisor Fresqa Resto Rielda bersama enam anggota Kelompok 2 juga tampil antusias saat menyiapkan sendok dan garpu, piring, sendok es, gelas dan napkin (celemek) untuk diletakkan sesuai tempatnya, seperti yang dicontohkan sebelumnya.

Di sela mendampingi anak didiknya praktik, Dosen Akomodasi Restoran Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, program pembelajaran Akomodasi Restoran seperti ini merupakan tindak lanjut dari penjelasan dosen pengajar selama materi perkuliahan tersebut dipresentasikan di ruang kelas.

”Kami juga ingin anak didiknya tahu persis kondisi kitchen di masing-masing hotel. Tidak semua hotel kitchen-nya besar. Meski kitchen-nya tidak terlalu luas, tapi pengoperasikan kitchen itu efisien dan efektif untuk melayani tamu hotel maupun saat meng-handle invitasi seperti pesta pernikahan atau ulang tahun,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)





























































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar