twitter

Pages

Senin, 10 Agustus 2020

Melihat Keseruan Mahasiswa Praktik Food Technology Bersama Chef Endang Sri Rahajoe


Mahasiswa Pastry Art Kelas Siang Diajarkan Buat Singkong Keju Frozen untuk Buka Usaha Skala Rumahan


DOSEN Pengajar Food Technology Applications Tristar Group Chef Endang Sri Rahayu M.MPar., menggelar demo masak membuat Singkong Keju Frozen di hadapan mahasiswa Pastry Art I (P1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang, Senin (03/08/2020) siang, Demo masak di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, merupakan pertemuan kali keempat.


Delapan orang mahasiswa Pastry Art Kelas Siang tampil all out saat mengikuti acara cooking demo membuat Singkong Keju Frozen. Teknik masak dengan sentuhan Food Technology ini merupakan materi keempat yang diajarkan kepada mahasiswa.

”Setelah praktik membuat Silky Smooth Bean Curd (Tauwa), Sambal Rujak Manis dan Pia Pathok khas Jogjakarta mereka juga akan kami bekali teknik membuat Olahan Syrup pada tatap muka pekan keempat dan kelima mendatang,” kata Chef Endang Sri Rahajoe di ruang kerjanya, Senin (03/08/2020) siang.

Menurut Chef Endang, fokus dari praktik membuat Singkong Keju Frozen  ini tetap ditujukan pada pendekatan industri skala rumahan (home industry) sekalipun praktiknya sendiri dilakukan di Laboratorium Praktik Graha Tristar Surabaya. Bagi pelaku usaha skala rumahan, Singkong Keju Frozen bisa tahan lama jika disimpan di freezer.

”Selama beberapa pekan di dalam ruang pendingin, citarasanya tidak berubah saat Singkong Keju Frozen itu mau digoreng. Jadi usaha Singkong Keju Frozen layak jadi peluang bisnis baru yang menjanjikan keuntungan berlipat,” terang Chef Endang di hadapan mahasiswa.

Dalam kesempatan itu, Chef Endang juga menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar membuat Singkong Keju Frozen, produk olahan dari Singkong (Cassava) dan sejumlah bahan pendukung yang lainnya dengan sentuhan Food Technology.

Bersama anak didiknya, Chef Endang mengajarkan cara membuat Singkong Keju Frozen yang resepnya tidak tersedia di Buku Ajar (Silabus). Dosen Pengajar hanya membagikan fotokopian cara membuat Singkong Keju Frozen kepada delapan mahasiswa yang menghadiri gelaran cooking demo.

Untuk membuat Singkong Keju Frozen ada tiga tahapan pekerjaan. Pekerjaan tahap pertama membuat mengupas kulit Singkong, memotong jadi beberapa bagian (sesuai kebutuhan), lalu mencucinya sampai bersih dan ditaruh dalam wadah stainless steel. Selanjutnya singkong yang sudah bersih itu dikukus sampai masak.

Langkah yang kedua, menyiapkan bahan bumbu rendaman seperti fresh garlic (digeprek), baking powder, garam dan water. Singkong yang sudah selesai dikukus, kemudian direndam sebentar lalu digoreng dengan minyak panas sampai singkongnya merekah, Angkat dan tiriskan singkong yang baru digoreng itu sampai minyaknya berkurang (agar singkong terasa crispy di luar dan lembut di dalam ketika dikunyah).

”Untuk hasil terbaik, Singkong Keju Frozen sebelum disajikan hangat di atas meja uji dikasih topping-an berupa parutan keju dan di-garnish agar tampilannya cantik dan menarik ketika dihidangkan,” tandas Chef Endang Sri Rahajoe kepada anak didiknya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)
































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar