twitter

Pages

Jumat, 04 September 2020

Mahasiswa Antusias Belajar Supply Chain Management di Industri Perhotelan


Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas Siang Belajar Logistik Hotel di Best Western Papilio Hotel 


SETELAH memperoleh materi kuliah di kelas dari Dosen Pengajar Storage & Purchasing Tristar Group Hardhita Kusdharyanto M.Par., sekarang giliran 12 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria) Kelas Siang diajak kunjungan industri untuk belajar tentang Supply Chain  Management di Lacewing Room Lantai 7 Best Western Papilio Surabaya, Rabu (02/09/2020) pagi.

Kedatangan rombongan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas Siang itu disambut langsung oleh Finance Controller Best Western Papilio Hotel Surabaya M. Satria Ardiansyah dan Assn. Food & Beverage Manager (FBM) Ade Risky Fajar di Lobi Lantai 7 Best Western Papilio Hotel Surabaya.

Sebelum belajar seluk beluk Logistik Hotel yang di dalamnya juga menyinggung tentang Supply Chain Management, mahasiswa diberi pengarahan singkat oleh Kaprodi D3 Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par., seputar upaya pihak akademik menjalin hubungan dengan sejumlah pengelola hotel di Surabaya demi menjembatani mahasiswa yang ingin magang kerja dan merintis karier di industri perhotelan.

Oleh karena itu, mind set mahasiswa juga perlu dipertajam, tidak hanya dibekali ilmu memasak (Cookery dan Baking Patisserie Knowledge & Practicals), tetapi juga materi-materi lain yang terkait dengan industri perhotelan.

Salah satu materi yang layak dipahami mahasiswa adalah Logistik Hotel. yang di dalamnya juga menyinggung tentang Supply Chain Management, Purchasing, Receiving, Storage Keeper, Account Payable  dan Cost Control. ”Karena itu saya minta kalian mengikuti presentasi yang disampaikan oleh pihak Best Western Papilio Hotel dengan sebaik-baiknya,” ujar Paulus di hadapan anak didiknya.

Sementara itu dalam pemaparannya di hadapan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas Siang, Finance Controller Best Western Papilio Hotel, M. Satria Ardiansyah mengangkat materi tentang Logistik Hotel, termasuk di dalamnya pengetahuan tentang Supply Chain Management (Alur Distribusi Barang), Purchasing, Receiving, Storage Keeper, Account Payable  dan Cost Control.

Di Best Western Papilio Hotel ada lima Tim Logistik, yakni Purchasing, Receiving, Store Keeper, Account Payable (AP) dan Cost Control. Mereka menjadi satu kesatuan yang saling terkait dalam mata rantai Supply Chain Management (Alur Distribusi Barang) sebelum barang-barang pesanan pihal hotel dari Vendor (Supplier) itu diolah jadi makanan atau minuman oleh Chef di kitchen hotel. 

Tugas Purchasing selain melakukan survei pasar lebih dulu untuk mengetahui harga barang kebutuhan hotel sebelum melakukan kontrak pembelian dengan pihak Vendor (Supplier). Selain melakukan komparasi harga, staf bagian Purchasing juga harus paham tentang nama jenis-jenis barang mulai alat tulis kantor, peralatan dapur, alat listrik, buah-buahan, sayuran, daging, ikan hingga bumbunya.

Mekanisme pembelian barang untuk kebutuhan kitchen oleh staf bagian Purchasing harus sepengetahuan atasan langsung (Purchasing Supervisor), Executive Chef, Accounting Manager atau Finance Controller dan General Manager. Tanda tangan dari para pihak tersebut untuk mencegah terjadinya penyimpangan (fraud).

Sedangkan tim dari bagian Receiving bertugas menerima barang yang diorder pihak Purchasing dan mencatat detail barang apa saja yang dipesan pihak hotel dari Vendor (Supplier), sebelum barangnya diserahkan kepada Store Keeper untuk selanjutnya disimpan sementara di gudang (General Storage, Dry Storage atau Cold Storage).

Sementara itu tim Account Payable (AP) tugas dan pekerjaannya selain melakukan tukar tanda terima untuk membuat Cheque (Cek) atau Bank Guarantee (BG), juga membuat laporan pembayaran kepada Vendor (Supplier). ”Staf bagian AP inilah yang paling sering diprotes Vendor (Supplier) apabila pembayarannya sampai melebihi batas alias molor dari rencana,” ungkapnya.

Selanjutnya adalah tim Cost Control. Bagian Cost Control ini salah satu tugasnya sebagai pengawas biaya Food & Beverage (F&B). ”Sebelum melakukan pembelian barang-barang kebutuhan kitchen untuk hari ini, bagian Cost Control melakukan komparasi lebih dulu dengan revenue (pendapatan F&B) kemarin agar tidak sampai over budget,” pungkas M. Satria Ardiansyah.

Setelah dibekali pengetahuan seputar Logistik Hotel, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar diajak tour hotel antara lain melihat dari dekat fasilitas General Storage, Dry Storage dan Cold Storage di Kitchen Mariposa Restaurant Lantai 7, Best Western Papilio Hotel dengan di dampingi Executive Chef, Suro Hartoyo dan F&B Director, Rudy Hartono.

Acara kunjungan industri dipungkasi dengan jamuan makan siang lengkap bertajuk Set Menu ala Papilio, dengan menyajikan Bread & Butter (BB), Appetizer, Soup, Main Course dan Dessert di Mariposa Restaurant Lantai 7, Best Western Papilio Hotel Surabaya. Selamat menikmati!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)















































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar