twitter

Pages

Minggu, 19 Januari 2020

Keseruan Mahasiswa Pastry Class Belajar Teknik Dasar Pengolahan Kue


Mahasiswa Pastry (P2) Class Praktik Buat Fudge Brownies, Cheese Brownies, Genoise ala Confiture Framboise dan Cappuccino Cream Cake

PADA pertemuan hari kedua, Selasa (14/01/2020) pagi, mahasiswa Pastry (P2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi, praktik membuat empat kreasi cakes, yakni Fudge Brownies, Cheese Brownies, Genoise ala Confiture Framboise dan Cappuccino Cream Cake. Mereka disupervisi langsung oleh Chef Ita Suhervin S.Pd., M.MPar di Kitchen Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Praktik membuat aneka kreasi cakes itu terkait dengan materi Teknik Dasar Pengolahan Kue, khususnya membekali mahasiswa Pastry Class seputar metode pembuatan brownies dan cara menghias cakes.

Sebelum praktik, Dosen Pengajar Pastry Class itu kembali menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar pengolahan aneka produk kue serta metode-metode yang ada (sponge method, all in method, creamy method, muffin method, chiffon method dan angel food cake method), di hadapan anak didiknya.

Untuk membuat Fudge Brownies di Kitchen Pastry Graha Tristar, misalnya, mahasiswa diminta Chef Ita menyiapkan dua pan berukuran 10x20 cm dan bahan-bahan untuk membuat adonan Fudge Brownies, yakni melted butter, chocolate dark compound, egg, sugar, cocoa powder dan cake flour. Adonan yang sudah jadi selanjutnya di-bake pada suhu 180 *C selama 30-45 menitan di mesin oven.

 
”Selain itu, saya juga minta mahasiswa Pastry Class yang kebagian tugas bikin Fudge Brwonies untuk menyiapkan topping-nya berupa almond, oreo mini dan garnish-nya sendiri menggunakan red cherry dan mint leaves,” terang Chef Ita Suhervin di hadapan anak didiknya.

Sementara itu untuk membuat kreasi kue yang kedua, yakni Cheese Brownies, Chef Ita mengajak anak didiknya menyiapkan bahan yang terdiri dari melted butter, chocolate dark compound, egg, sugar, cocoa powder, cake flour, cashewnut di-chop. Adonan yang disiapkan ini untuk membuat Dark Brownies. Adonan tersebut di-bake pada suhu 180 *C selama 20-25 menitan.

Pekerjaan berikutnya, mahasiswa diminta membuat Cheese Brownies di mana bahannya terdiri dari cream cheese, margarine, sugar, egg, egg yolk,cake flour, vanilla paste, cashewnut (juga sudah di-chop seperti buat Dark Brownies) dan ditaburi Cheddar Cheese. Adonan Cheese Brownies ini di-bake pada suhu 180 *C selama 20-25 menitan.

”Selain diajarkan membuat Fudge Brownies dan Cheese Brownies, mahasiswa juga saya bekali teknik membuat Genoise ala Confiture Framboise dan Cappuccino Cream Cake,” kata Chef Ita Suhervin di dampingi asistennya Dwi Mei Retnowati, di ruang kerjanya, Kitchen Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

Resep empat kreasi cakes itu semuanya tersaji lengkap di dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan kepada mahasiswa Pastry Class. Dengan demikian, mahasiswa dapat dengan mudah mengikuti tahapan pekerjaan membuat aneka kreasi cakes cantik tersebut.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar