twitter

Pages

Sabtu, 25 Januari 2020

Keseruan Mahasiswa Pastry Class Praktik Cara Menghias Kue Klasik Tampilan Kekinian


Mahasiswa Pastry (P2) Class Praktik Buat Tiramisu Cake, Red Velvet, Opera Cake dan Black Forest yang Cantik



MAHASISWA Pastry (P2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang, selama tiga kali pertemuan, tepatnya mulai Rabu (22/01/2020) siang, diajarkan teknis menghias cakes classic dengan tampilan modern kekinian bersama Chef Upi Palupi S.Pd., M.MPar di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Pada pertemuan hari pertama, Rabu (22/01/2020) siang, mahasiswa Pastry Class itu praktik membuat empat kreasi cakes classic dengan tampilan cantik, yakni Tiramizu Cake, Red Velvet Cake, Opera Cake dan Black Forest. Praktik menghias cakes classic tersebut, tahapan pekerjaannya lebih ribet daripada Anda membuat kreasi kue saat belajar basic cakes.

Sebelum praktik hari pertama itu, Dosen Pengajar Pastry Class, Chef Upi menerangkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pengolahan dan cara menghias cakes classic di hadapan anak didiknya. Chef Upi juga mengingatkan kembali dasar-dasar teknik pengolahan kue yang sudah diajarkan sebelumnya.

Untuk membuat Tiramisu Cake di Kitchen Pastry Graha Tristar, misalnya, mahasiswa diminta menyiapkan bahan untuk membuat adonan vanilla sponge dengan menggunakan sponge method.

Bahan yang dibutuhkan antara lain egg, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cornstarch, melted margarine dan vanilla paste. Adonan vanilla sponge itu kemudian ditaruh pada loyang bulat berdiameter 20 cm lalu di-bake pada suhu 180 *C selama 30-35 menit.

Selain itu, mahasiswa juga diminta menyiapkan tiramisu mixture-nya berupa egg yolk, icing sugar, orange zest, mascarpone cheese, gelatin, cold water, fresh cream (whip), instant coffee dan hot water, menyiapkan bahan untuk membuat sprinkle yakni dari simple syrup, kahlua dan coffee instant, sedangkan untuk topping-nya memanfaatkan bahan berupa fresh cream (whip) dan untuk garnish-nya sendiri berupa cocoa powder, red cherry, chocolate dark compound dan tiramisu cup.

Sementara itu untuk membuat kreasi kue yang kedua, yakni Red Velvet Cake, Chef Upi mengajak anak didiknya menyiapkan bahan yang terdiri dari butter, icing sugar, cocoa powder, milk powder, baking powder, salt, yoghurt plain, red velvet paste dan red color.

Pekerjaan berikutnya, mahasiswa diminta membuat filling-nya dari cream cheese, butter dan icing sugar, sedangkan untuk topping-nya sendiri dibuat dengan memanfaatkan bahan seperti fresh cream (whip) dan red cherry. Kedua bahan itu disiapkan mahasiswa demi mempercantik tampilan Red Velvet Cake sebelum kue cantik dengan tampilan modern kekinian itu disajikan di atas meja uji.

”Selain kami ajarkan teknik membuat Tiramisu Cake dan Red Velvet, mahasiswa juga kami bekali teknik membuat Black Forest dan Opera Cake,” kata Chef Upi di dampingi asistennya Dwi Mei Retnowati, di ruang kerjanya, Kitchen Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

Selanjutnya pada tatap muka hari kedua, Selasa (28/01/2020) siang, mahasiswa Pastry Class kembali akan diajarkan cara membuat empat cakes classic yang berbeda dari pertemuan sebelumnya, yakni Spiku, Yulong, Onbijiekoek dan Lamington Cake.

Sedangkan pertemuan terakhir hari Rabu (29/01/2020) siang, Chef Upi kembali berbagi ilmu dengan anak didiknya teknik membuat empat cakes classic yang lain lagi, yakni Cheese Cake Bake, Baked Alaska, Strawberry Layer Gateau dan Tropical Fruit Cake.

12 resep cakes classic itu semuanya tersaji lengkap di dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan kepada mahasiswa Pastry Class. Dengan demikian, mahasiswa tidak mengalami kesulitan mengikuti tahapan pekerjaan membuat cake cantik tersebut.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar