twitter

Pages

Jumat, 31 Januari 2020

Kehebohan Mahasiswa Belajar Teknik Menghias Kue Klasik di Kitchen Graha Tristar


Chef Fitri Ajarkan Mahasiswa Pastry (P1) Kelas Pagi Teknik Buat Spiku, Yulong, Onbijiekoek dan Lamington Cake



GILIRAN Chef Fitri Synthiadewi SE yang dipercaya untuk berbagi ilmu seputar teknik menghias cakes classic dengan tampilan kekinian bersama mahasiswa Pastry (P1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi. Pertemuan itu dihelat dua hari, Selasa (28/01/2020) dan Rabu (29/01/2020) pagi, di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Pada pertemuan hari pertama bersama Chef Fitri, Selasa (28/01/2020) pagi, mahasiswa Pastry Class itu praktik membuat empat kreasi cakes classic dengan tampilan modern, yakni Cheese Cake Bake, Baked Alaska, Strawberry Layer Gateau dan Tropical Fruit Cake.

Pada tatap muka hari berikutnya, Rabu (29/01/2020) pagi, Chef Fitri mengajarkan anak didiknya cara membuat empat kreasi cakes classic yang berbeda dari sebelumnya, yakni Spiku, Yulong, Onbijiekoek dan Lamington Cake. Untuk menghias cakes classic tahapan pekerjaan memang sedikit lebih rumit dibanding saat membuat basic cakes.

Sebelum praktik, Dosen Pengajar Pastry Class, Chef Fitri menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pengolahan dan cara menghias cakes classic di hadapan anak didiknya. Dalam kesempatan itu, Chef Fitri juga mengingatkan kembali dasar-dasar teknik pengolahan kue yang sudah diajarkan sebelumnya.

Untuk membuat Spiku di Kitchen Pastry Graha Tristar, misalnya, mahasiswa diminta menyiapkan bahan-bahan untuk membuat adonan Spiku berikut menyiapkan Spiku Pan, yakni egg yolk, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cornstarch, vanilla paste, soften butter, chocolate paste dan speculaas.

Adonan Spiku itu kemudian ditaruh pada loyang berdiameter 30x25 cm2 lalu di-bake pada suhu 180 *C selama 30-35 menit. Selain itu, mahasiswa juga diminta menyiapkan filling-nya berupa apricot jam.

Sementara itu untuk membuat kreasi kue yang kedua, yakni Yulong, Chef Fitri mengajak anak didiknya menyiapkan bahan untuk membuat Chocolate Roll Cake. Bahannya terdiri dari egg yolk, egg white, sugar, cake emulsifier, medium flour (segitiga biru), cornstarch, milk powder, soften butter, chocolate paste dan rum paste.

Selain itu, mahasiswa juga diminta menyiapkan bahan untuk membuat Butter Cream, yakni white margarine, fresh cream, simple syrup, milk powder, vanilla paste, chocolate paste, red color, green color dan yellow color untuk meng-garnish cake classic itu agar tampilannya semakin menarik.


”Selain diajarkan membuat Spiku dan Yulong, mahasiswa juga kami bekali teknik membuat Onbijiekoek dan Lamington Cake,” kata Chef Fitri Synthiadewi di dampingi asistennya Ferian Mahendra, di ruang kerjanya, Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar