twitter

Pages

Minggu, 19 Januari 2020

Kehebohan Mahasiswa Pastry Class Belajar Teknik Dasar Pengolahan Kue


Bersama Chef Upi, Mahasiswa Pastry (P1) Class Praktik Buat 14 Kreasi Cakes di Kitchen Modern Graha Tristar 


SELAMA lima kali pertemuan, Mahasiswa Pastry (P1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi diajarkan membuat 14 kreasi cakes termasuk dua kali menggelar baking demo bersama Chef Upi Palupi S.Pd., M.MPar di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Praktik membuat aneka kreasi cakes itu terkait dengan materi Teknik Dasar Pengolahan Kue.

Pada tatap muka hari kedua, Selasa (14/01/2020) pagi, mahasiswa Pastry Class itu praktik membuat empat kreasi cakes, yakni Genoise ala Confiture Framboise, Cappuccino Cream Cake, Fudge Brownies dan Cheese Brownies.

Sebelum praktik, Dosen Pengajar Pastry Class itu kembali menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar pengolahan aneka produk kue serta metode-metode yang ada (sponge method, all in method, creamy method, muffin method, chiffon method dan angel food cake method), di hadapan anak didiknya.

Untuk membuat Genoise ala Confiture Framboise di Kitchen Pastry Graha Tristar, misalnya, mahasiswa diminta menyiapkan bahan untuk membuat adonan dengan menggunakan sponge method.

Bahan yang dibutuhkan antara lain egg, sugar, cake emulsifier, cake flour, milk powder, cornstarch, melted margarine dan chocolate paste. Selain itu, mahasiswa juga diminta menyiapkan filling-nya berupa strawberry jam.

Pekerjaan berikutnya adalah menyiapkan cover-nya berupa Swiss Meringue, yang bahannya terdiri dari egg white, icing sugar dan lemon juice (beberapa tetes sesuai kebutuhan).

Setelah adonan dalam loyang berdiameter 18 cm itu siap selanjutnya di-oven (bake) pada suhu 180 *C selama 30-45 menitan, hingga masak sempurna. Setelah itu cake diangkat baru di-cover dengan Swiss Meringue.

Sementara itu mempercantik tampilan cake tersebut, Anda bisa memanfaatkan gas burner dan menyiapkan delapan biji buah  strawberry segar dan ditaburi cashewnut (biji mete) yang sudah di-bake & chop lebih dulu, ketika meng-garnish kue itu. Kini saatnya Genoise ala Confiture Framboise siap untuk disajikan di atas meja.

Sementara itu untuk membuat kreasi kue yang kedua, yakni Cappuccino Cream Cake, Chef Upi Palupi mengajak anak didiknya menyiapkan bahan yang terdiri dari egg, sugar, cake emulsifier, cake flour, milk powder, cornstarch, melted margarine dan mocha paste. Adonan yang disiapkan ini untuk membuat Mocha Sponge.

Pekerjaan berikutnya, mahasiswa diminta membuat filling-nya dari chocolate cappuccino dan fresh milk, sedangkan untuk membuat topping-nya sendiri bahannya terdiri dari fresh cream (whip), mocha paste dan instant coffee.

Untuk tahapan pekerjaan yang terakhir adalah meng-garnish kue tersebut. Bahan untuk mempercantik tampilan kue ini antara lain chocolate milk compound, chocolate dark compound, cocoa powder dan choco chip.

”Selain diajarkan membuat Genoise ala Confiture Framboise dan Cappuccino Cream Cake, mahasiswa juga kami bekali teknik membuat Fudge Brownies dan Cheese Brownies,” kata Chef Upi di dampingi asistennya Ferian Mahendra, di ruang kerjanya, Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

Resep empat kreasi cakes itu semuanya tersaji lengkap di dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan kepada mahasiswa Pastry Class. Dengan demikian, mahasiswa tidak mengalami kesulitan mengikuti tahapan pekerjaan membuat cake cantik tersebut.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar