twitter

Pages

Rabu, 08 Januari 2020

Chef Renny Savitri Ajarkan Teknik Buat Cakes Kekinian kepada Mahasiswa Baru


 Mahasiswa Baru Pastry Class Akpar Majapahit Persembahkan Chocolate Swiss Cake, Pandan Cheese Roll Cake dan Red Velvet Marble Pound Cake



MATERI Basic Patisserie pada tatap muka hari kedua, Selasa (07/01/2020) pagi, enam mahasiswa baru Pastry Class Akpar Majapahit terakreditasi A, dibekali Chef Renny Savitri M.Par., teknik membuat tiga klreasi Cakes kekinian, yakni Chocolate Swiss Cake, Pandan Cheese Roll Cake dan Red Velvet Marble Pound Cake, di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. 


Mahasiswa baru Pastry Class Akpar Majapahit yang mengikuti Basic Patisserie pada hari kedua tersebut adalah Tommy Juanda, Gaby Valentina, Dhinar Ramadhaniar P., Michelle Angela Joycelyn H., Mega Bunga Herlinda dan Grace Effendy Prijadi.

Sebelum praktik di kitchen, mahasiswa baru Pastry Class ini dibekali pengetahuan tentang Basic Patisserie oleh Chef Renny, sapaan akrabnya, Dosen Pengajar Basic Patisserie selama lima kali tatap muka, terhitung mulai Senin (06/01/2020) hingga Jumar  (10/01/2020). 

Pada pertemuan hari kedua, Selasa (07/01/2020) pagi, mahasiswa baru Pastry Class kembali diajarkan cara membuat adonan kue berikut metode pembuatannya untuk membuat tiga resep Cakes yakni Chocolate Swiss Cake, Pandan Cheese Roll Cake dan Red Velvet Marble Pound Cake


Seperti pada pertemuan perdana, kali ini mereka juga tampil antusias saat diminta menyiapkan bahan untuk bikin adonan cakes pada hari kedua, Selasa (07/01/2020) pagi, sesuai job desk-nya masing-masing. Tak salah jika setiap kelompok –masing-masing beranggotakan dua orang-- berupaya tampil all out demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan.


Kelompok 1 kebagian tugas membuat Chocolate Swiss Cake, sedangkan Kelompok 2 mendapat job membuat Pandan Cheese Roll Cake. Sementara itu, Kelompok 3 ditugasi Chef Renny Savitri membuat Red Velvet Marble Pound Cake.

Dalam praktiknya, proses membuat Chocolate Swiss Cake, bahannya terdiri dari egg, sugar, cake emulsifier, cake flour, cornstarch, cocoa powder dan melted margarine. Pekerjaan tahap pertama ini menyiapkan adonan untuk membuat cake-nya dengan sponge method. Semua bahan tersebut di-mixer lalu dimasukkan ke dalam loyang berdiameter 20 cm dan di-bake pada suhu 180 *C selama 25-30 menitan.

Sedangkan pekerjaan tahap kedua adalah membuat topping-nya. Untuk membuat topping-nya sendiri, bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi white margarine, butter, icing sugar, condensed milk dan ditambahkan chocolate paste, chocolate dark compound untuk chocolate brake (shave)-nya dan chocolate white compound.

Sementara itu, Kelompok 2 diminta Chef Renny untuk prepare membuat Pandan Cheese Roll Cake yang terdiri dari dua tahapan pekerjaan. Pekerjaan tahap pertama, menyiapkan bahan untuk membuat adonan cake, yakni egg yolk, egg white, sugar, cake emulsifier, cake flour, milm powder, butter (softener), lalu ditambahkan dengan vanilla paste dan pandan paste (optional).

Adonan cake yang dibuat dengan sponge method itu kemudian ditaruh di atas loyang persegi berukuran 30 x 25 cm2 dan selanjutnya adonan cake tersebut di-bake pada suhu 180 *C selama 20 menitan. 


Sedangkan pekerjaan tahap kedua menyiapkan bahan-bahan untuk membuat filling dan topping-nya, yakni cream cheese sweet Meg, cheddar cheese Meg (diparut) dan red cherry untuk garnish-nya agar tampilan Pandan Cheese Roll Cake-nya nanti semakin cantik dan menarik.

Tidak mau kalah dengan Kelompok 1 dan 2, maka dua mahasiswa baru anggota Kelompok 3 juga tampil all out, saat membuat Red Velvet Marble Pound Cake, yang disupervisi langsung oleh Chef Renny bersama asistennya Ferian Mahendra.

Untuk membuat adonan cake ini menggunakan creamy method. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain butter, margarine, sugar (di-blend), vanilla paste, egg, cake flour, milk, baking powder dan red velvet paste.

Adonan Red Velvet Marble Pound Cake yang diletakkan di dalam pan berdiameter 22 cm kemudian di-bake pada suhu 160 *C selama 45 menit. Setelah cake masak kemudian diangkat dari mesin oven dan cake itu lalu dikeluarkan dari dalam pan. 

”Sebelum disajikan di atas meja, cake tersebut dihias lebih dulu dengan cara ditaburi bubuk gula putih (dextrose) pakai ayakan halus agar tampilannya semakin cantik dan menarik,” terang Chef Renny Savitri di hadapan anak didiknya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar