twitter

Pages

Selasa, 21 Januari 2020

Antusiasme Mahasiswa Lihat Demo Buat Cake Bersama Elmer Premium Baking Chocolate

Dosen Tamu Gelar Baking Demo Buat ”Lemon Cheese Cake & Island Sponge Cake” di Kitchen Graha Tristar


GELARAN baking demo kali ini berbeda dari sebelumnya. Pasalnya, pihak Kampus Akpar Majapahit (Tristar Group) menghadirkan Dosen Tamu (Guest Lector) dari PT Federal Food Internusa (FFI), produsen Elmer Premium Baking Chocolate, Chef Masruchin dan asistennya Chef Firmansyah, untuk berbagi ilmu seputar cara membuat dua produk kreasi cakes, yakni Lemon Cheese Cake & Island Sponge Cake.

Baking demo itu diikuti sekitar 45 orang mahasiswa. Mereka berasal dari Pastry (P1 dan P2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi serta mahasiswa Pastry Class Tristar Kaliwaron. Baking demo itu sendiri dihelat di Kitchen Pastry 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (20/01/2020) pagi.

Dalam pengantarnya sebelum baking demo itu digelar, Chef Masruchin menjelaskan secara singkat tentang eksistensi dari PT FFI dan aneka produk chocolate yang menjadi unggulannya, mulai couverture series hingga compound series. Elmer Premium Baking Chocolate diciptakan untuk memberikan pengalaman cita rasa cokelat  berkelas bagi para pecinta cokelat.

”Melalui jaminan kualitas tinggi, penanganan yang mudah dan pengaplikasian yang sederhana untuk segala keperluan, menjadikan cokelat elmer sebagai andalan para baker professional. Kami bangga menjadi cokelat compound pertama yang memiliki kadar cokelat paling tinggi di kelasnya,” kata Chef Masruchin setengah berpromosi di hadapan mahasiswa Tristar Group, Selasa (20/01/2020) pagi.

Sementara itu, untuk memudahkan pemahaman mahasiswa selama mengikuti baking demo, Chef Masruchin dan asistennya juga membagikan dua resep kreasi cakes dan brosur eksklusif berisi informasi semua produk dari PT FFI yang dicetak full colour.

Untuk mempercepat baking demo tersebut, Chef Masruchin dan asistennya bahu-membahu membuat Lemon Cheese Cake dan Island Sponge Cake mulai prepare bahan, memprosesnya hingga pekerjaan finishing-nya, yakni mem-plating dan meng-garnish dua cakes tersebut sebelum disajikan di meja uji.

Untuk membuat Lemon Cheese Cake, misalnya, setidaknya ada tiga tahapan pekerjaan yang mesti dilakoni. Pekerjaan pertama membuat Cheese Cotton Sponge. Bahannya meliputi mentega, cream cheese, elmer filling pasta cheese, kuning telur, tepung protein sedang, maizena, susu bubuk, putih telur, gula pasir dan cream of tar-tar.

Pekerjaan selanjutnya adalah menyiapkan bahan untuk membuat Lemon (Cheese Cream), yang bahannya terdiri dari fresh milk, elmer rhapsody lemon compound (elmer filling pasta cheese), kuning telur, gula pasir, gelatine (redam dalam air dingin) dan whipping cream.

Tahapan pekerjaan yang terakhir, lanjut Chef Masruchin dan Chef Firmansyah, asistennya adalah membuat White Ganache Glazing. Untuk bahannya sendiri terdiri atas fresh milk, elmer white compound dan gelatin (rendam dalam air dingin).

Sementara itu, bahan untuk membuat adonan cake yang kedua, Island Sponge Cake, antara lain telur, gula pasir, tepung protein sedang, maizena, susu bubuk, SP maxi 68 cake emulsifier, butter, elmer filling pasta cheese dan susu cair.

Adonan dibagi tiga bagian. Satu bagian ditambahkan pasta mocha, bagian kedua dikasih pasta pandan dan bagian terakhir tetap (tanpa tambahan bahan lain). Tuang satu bagian adonan putih ke dalam dua loyang berukuran 10x30 cm, lalu taburi dengan elmer African black 10-12 persen cocoa powder.

Selanjutnya tuang adonan pasta pandan di atasnya, lalu taburi kembali dengan elmer African black 10-12 persen cocoa powder dan terakhir tuang adonan pasta mocha di atasnya. Adonan yang sudah siap itu kemudian di-bake dalam mesin oven dengan suhu 160 *C selama 40 menitan.

Setelah proses pengovenan selesai, cake itu didinginkan sebentar kemudian dipoles dengan elmer filling pasta cheese, lalu tumpuk menjadi dua lapis dan cake itu kembali didinginkan lagi sekitar 15 menit agar menyatu sempurna, maka Island Sponge Cake tersebut siap untuk disajikan di atas meja uji. Selamat mencoba …!

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar