twitter

Pages

Senin, 20 Januari 2020

Kehebohan Mahasiswa Praktik Masak Indonesian Food di Kitchen Graha Tristar


Mahasiswa Culinary (C1) Class Masak Mie Ayam Solo dan Cwi Mie Malang Bersama Chef Ari Purwantoro

PADA tatap muka hari pertama, tepatnya Selasa (104/01/2020) siang, mahasiswa Culinary (C1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang yang dibimbing Chef Ari Purwantoro, meramaikan gelaran cooking demo dua menu olahan mie yang masih termasuk dalam rumpun Makanan Indonesia, yakni Mie Ayam Solo dan Cwi Mie Malang. Praktik masak tersebut dihelat di Kitchen Modern Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Demo masak siang itu, mahasiswa Culinary Class diajarkan teknik pengolahan mie, dengan menyiapkan dua menu masakan yang cukup populer di daerah Solo dan Malang yakni Mie Ayam Solo dan Cwi Mie Malang. Mahasiswa pun tampil all out saat praktik masak di Kitchen Modern Graha Tristar, sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga menyajikannya di meja kerja masing-masing.

Untuk masak Mie Ayam Solo yang lezat, ada beberapa tahapan pekerjaan yang dilalui. Pekerjaan pertama membuat mie (Noodle Dough) memakai mesin pencetak mie (noodle maker). Bahan untuk membuat mie-nya sendiri antara lain hard flour, tapioca flour, egg, oil dan water.

Pekerjaan selanjutnya menyiapkan Mixture Noodle. Bahannya meliputi garlic oil, raja rasa, pepper, sesame oil dan soy sauce.  Setelah pekerjaan membuat Mixture Noodle selesai, kemudian dilanjut dengan menyiapkan bahan untuk topping-nya, yang terdiri dari chicken breast, shallot, garlic, leek, scallion, soy sauce, sweet soy, seasoning dan fried shallot.

Untuk memasaknya, daging ayam diiris kotak-kotak seukuran dadu kemudian dimasak bersama bumbunya yang terdiri dari shallot, garlic, leek, scallion, soy sauce, sweet soy dan ditambah seasoning lengkap dengan fried shallot-nya.

Sebelum dihidangkan di atas meja kerja, masakan Mie Ayam Solo itu di-plating lebih dulu dengan menaruh topping berupa olahan ayam bersama sauce-nya (dan ditaburi fried shallot) di atas mangkok berisi mie (yang sudah dimasak dan dicampur garlic oil, raja rasa, pepper, sesame oil dan soy sauce) agar tampilannya semakin cantik dan menarik.

Selain demo masak Mie Ayam Solo, mahasiswa Culinary (C1) Kelas Siang juga diajarkan teknik membuat Cwi Mie Malang. Bahan yang dibutuhkan untuk masak Cwi Mie Malang adalah membuat Noodle Dough seperti saat Anda masak Mie Ayam Solo.

Jika mie-nya sendiri sudah siap, maka Anda tinggal melakukan Mixture Noodle yang memanfaatkan bahan seperti garlic oil, raja rasa, pepper, sesame oil dan soy soya. Jika proses mixture noodle sudah selesai, maka pekerjaan berikutnya adalah membuat filling, kaldu ayam (seperti soup) dan condiment.

Untuk membuat filling-nya maka bahan yang dibutuhkan antara lain chicken, shrimp crackers, fried garlic, fried shallot serta menyiapkan dumpling skrin-nya. Sementara itu untuk kaldunya sendiri (soup) menggunakan chicken stock (yang sudah ditaburi fried shallot, diberi fatskin oil, scallion dan leek).

Sedangkan untuk membuat condiment-nya sendiri, bahan yang harus disiapkan meliputi pickled, salsa, curly lettuce, mentimun, bawang merah, gula dan cuka. Keberadaan condiment ini membuat tampilan Cwi Mie Malang semakin cantik dan menarik saat dihidangkan di atas meja uji.

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar