twitter

Pages

Minggu, 12 Januari 2020

Mahasiswa Dikenalkan Career Development Program (CDP) di Jaringan Hotel Accor Group


Mahasiswa Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Surabaya Belajar Leadership di Grand Mercure Hotels Surabaya 


SEBANYAK 21 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Surabaya terakreditasi A belajar Leadership (Kepemimpinan) di Grand Mercure Hotels Surabaya, Kamis (09/01/2020) siang. Dalam kunjungan industri tersebut, mahasiswa di dampingi R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Dosen Leadership, Hardhita Kusdharyanto M.Par., Dosen Hygiene & Sanitation dan M. Yusuf Bashori, Dosen Housekeeping Akpar Majapahit. 

Maksud dan tujuan dari kunjungan industri itu sendiri untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Leadership (Kepemimpinan) di ruang kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan. Melalui pembekalan seperti ini, maka lulusan Prodi Perhotelan Akpar Majapahit ini juga layak diproyeksikan sebagai calon pemimpin masa depan di industri perhotelan.

 
Kedatangan rombongan mahasiswa ke hotel bintang empat di Jl. Raya Darmo No. 68-78 Surabaya itu disambut Assn. Manager Rest & Cafe Grand Mercure Surabaya Wahyu Widianto dan Ebisu Restaurant Captain Achmad Rizky Prastyo, di Meeting Room Coffee Café Bar & Longue. Hal ini adalah kunjungan hotel kali pertama pada awal tahun baru 2029.

Sebelum mengikuti acara utama, 21 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Surabaya diajak keliling hotel, antara lain melihat dari dekat fasilitas Coffee Café Bar & Longue, Sales Corner, Lan Hoa Restaurant, Grand Ballroom, Premier Ballroom (Bangkok, Paris, Shanghai, Singapore, Sydney dan Tokyo Room). 

Mahasiswa juga diajak ke Ebisu Japanese Restaurant untuk melihat dari dekat Chef Didik dan Chef Syafii helat atraksi juggling Hibachi Teppanyaki, fasilitas Fitness & Spa, showing Room Hotel dan agenda showing fasilitas hotel dipungkasi di Trimurti Restaurant sekaligus mahasiswa itu diajak untuk menikmati sajian makan siang prasmanan (Lunch Buffet) dengan menu Indonesian Traditional Food, dari pukul 12.30 hingga 13.30 WIB.

Usai makan siang, mahasiswa diminta kembali ke Meeting Room Coffee Café Bar & Longue di area Lobby Hotel untuk mengikuti presentasi seputar pernak pernik Leadership bersama Wahyu Widianto dan Achmad Rizky Prastyo.


Sebelum memulai materi inti tentang Leadership dan aplikasinya di Grand Mercure Hotels Surabaya, Wahyu dalam pengantarnya mengatakan, hotel bintang empat yang berlokasi di Jl. Raya Darmo 68-78 Surabaya ini mengoperasikan 257 kamar, 19 suite room, tiga restaurant dan 1 longue coffee.

Kembali ke materi utama yakni Leadership. Secara umum, pengertian Leadership adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi atau memberi inspirasi orang (kelompok) sesuai dengan rencana agar mencapai visi, misi serta tujuan yang sudah ditetapkan.

Sifat Leadership yang wajib dimiliki sedikitnya ada 11 hal, yakni bisa menyesuaikan diri, memiliki orientasi terhadap prestasi,, waspada terhadap lingkungan sosial, asertif, bisa diandalkan, kooperatif, dominan, toleran terhadap tekanan, energik, gigih dan selalu bersedia untuk bertanggung jawab.

Sifat-sifat tersebut semakin sempurna bila dibarengi dengan kesiapan menjadi seorang Leadership yang melekat di dirinya, yakni kecakapan yang terkonsep, kepemimpinan (dari sisi intelektual), diplomasi dan bijaksana, kreaitf, komunikatif, berorganisasi dengan baik, pengetahuan mengenai kelompok, persuasif dan sosialis (berjiwa sosial).

Karena itu untuk berkarier di Grand Mercure Hotels Surabaya (Accor Group), seorang karyawan biasa (level rendahan) bisa diangkat jadi calon supervisor, jika mereka lolos seleksi Career Development Program (CDP), program pengembangan karier yang dihelat manajemen hotel selama satu tahun.  

Menurut Achmad Rizky Prastyo, karyawan yang lolos seleksi CDP akan mengikuti pendidikan dan pelatihan selama setahun. Mereka antara lain  dibekali pengetahuan seputar F&B Product, Food & Beverage Cost, Engineering (termasuk Food Engineering), Manajemen Hotel hingga Leadership yang mumpuni. Selama pendidikan, mereka juga tantangan dalam tugas berupa project dan bagaimana cara untuk mencapainya (achiement).

Sementara itu Dosen Leadership Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, pembekalan seputar Leadrship di hotel berbintang ini untuk mendekatkan anak didiknya dengan lingkungan kerja industri. ”Di sisi lain, kami juga berharap melalui pendekatan seperti ini, anak didik kami bisa lebih banyak lagi yang diterima magang kerja (on the job tranining) di jaringan hotel di bawah Accor Group,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar