twitter

Pages

Jumat, 17 Januari 2020

Kehebohan Belajar Teknik Dasar Pengolahan Kue Bersama Chef Upi Palupi


Gelar Baking Demo Buat ”Snow White Cake” Bersama Mahasiswa Pastry (P1) Class di Kitchen Graha Tristar


PERTEMUAN perdana pasca liburan akhir tahun 2019 lalu, tepatnya pada Senin (13/01/2020) siang, Chef Upi Palupi S.Pd., M.MPar menggelar baking demo membuat Snow White Cake, di hadapan 20-an mahasiswa Pastry (P1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang. Baking demo itu sendiri dihelat di Kitchen Pastry 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. 

Dari 20 mahasiswa Pastry (P1) Akpar Majapahit Kelas Siang, lima di antaranya adalah mahasiswa baru yang bergabung mulai 6 Januari 2020 lalu. Lima mahasiswa baru itu adalah Tommy Juanda, Rahadian Pambudi, Gaby Valentina, Dhinar Ramadhaniar P dan Michelle Angela Joycelyn H.

Sementara itu tatap muka hari pertama merupakan bagian dari rangkaian kegiatan mahasiswa Pastry Class belajar teknik dasar pengolahan kue (cake). Selama lima kali pertemuan tersebut, mahasiswa Pastry Class diajarkan membuat 14-an kreasi kue, termasuk dua kali menghelat baking demo.

Saat menggelar baking demo, Dosen Pengajar Pastry Class itu lebih dulu menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar pengolahan aneka produk kue serta metode-metode yang ada (sponge method, all in method, creamy method, muffin method, chiffon method dan angel food cake method), di hadapan anak didiknya.

Saat mendemonstrasikan cara membuat Snow White Cake di Kitchen Pastry Graha Tristar, aksi Chef Upi diatensi oleh anak didiknya, sejak proses menyiapkan bahan untuk membuat adonan, meng-oven (bake) hingga mem-plating dan meng-garnish produk kue tersebut dengan memanfaatkan buah strawberry dan red cherry agar tampilannya cantik dan menarik sebelum Snow White Cake itu disajikan di atas meja.

Resep untuk membuat Snow White Cake sudah tersaji lengkap di dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan kepada mahasiswa Pastry Class. Dengan demikian, mahasiswa tidak mengalami kesulitan mengikuti tahapan pekerjaan membuat cake cantik tersebut.

Gelaran baking demo membuat Snow White Cake ini menggunakan sponge method di mana adonan kue itu ditaruh dalam loyang berdiameter 18 cm, kemudian di-bake pada suhu 180 *C selama 45-60 menitan.

Pekerjaan tahap pertama, membuat adonan Vanilla Sponge, bahannya meliputi egg, sugar, cake emulsifier, cake flour, milk powder, cornstarch, melted margarine, vanilla paste dan ditambahkan beberapa tetes lychee essence.

 
Tahapan pekerjaan berikutnya menyiapkan Filling Chantilly Cream & Lychee. Bahannya terdiri dari whipping cream (whip), icing sugar dan lychee. Sedangkan untuk Cover-nya sendiri memanfaatkan bahan dari whipping cream (whip) dan chocolate compound (merek Elmer).

”Untuk menyelesaikan finishing-nya, kami meng-garnish & mem-filling-nya dengan memanfaatkan buah lychee (satu kaleng), lima buah red cherry dan daun mint, sehingga Snow White Cake pun tampil cantik dan elegan,” kata Chef Upi Palupi kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, kemarin.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar