twitter

Pages

Jumat, 31 Januari 2020

Asyiknya Belajar Masak Indonesian Food Bersama Chef Ari di Kitchen Graha Tristar


Mahasiswa Culinary (C1) Kelas Pagi Praktik Buat Gulai Daun Singkong, Rendang Daging Sapi dan Nasi Gurih


GILIRAN Mahasiswa Culinary (C1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi yang dibimbing Chef Ari Purwantoro, diajarkan teknik masak tiga menu Indonesian (Traditional) Food, yakni Gulai Daun Singkong, Rendang Daging Sapi dan Nasi Gurih. Praktik masak tersebut digelar di Kitchen Modern Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (29/01/2020) pagi.


Selama praktik masak tiga menu Indonesian Food pagi itu, mahasiswa Culinary Class diajarkan cara membuat Gulai Daun Singkong, Rendang Daging Sapi dan Nasi Gurih yang sangat populer di lidah sebagian orang Indonesia khususnya di daerah Padang (Sumatera Barat).

Sajian masakan Rendang Daging Sapi ini umumnya dilengkapi dengan dua menu pendamping yakni Gulai Daun Singkong dan Nasi Gurih. Tiga menu Indonesian Traditional Food ini mudah dijumpai di Rumah Makan yang berlabel Masakan Padang, yang banyak tersebar di Surabaya dan sekitarnya.

Kepopuleran tiga menu Masakan Padang ini juga diajarkan kepada mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit. Mahasiswa pun tampil all out saat praktik masak di Kitchen Modern Graha Tristar, sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga menyajikannya di meja kerja masing-masing.

Untuk masak Gulai Daun Singkong yang lezat, sedikitnya ada dua tahapan pekerjaan yang dilalui. Pekerjaan pertama menyiapkan bahannya antara lain cassava leaf, cocomilk, shallot, garlic, red chili, galangal, turmeric, ginger, salam leaf, turmeric leaf, tamarin, salt dan pepper.

Pekerjaan selanjutnya membuat bumbunya (paste), yang terdiri dari shallot, garlic, red chili, galangal, turmeric dan ginger dihaluskan dan di-saute hingga membentuk pasta. Selanjutnya tambahkan bahan pendukung lainnya seperti cassava leaf, salam leaf, turmeric leaf, tamarind, salt, pepper dan cocomilk untuk kuah kaldunya. Untuk hasil yang memuaskan, Gulai Daun Singkong biasanya dimasak hingga kuah kaldunya menyusut tinggal 75-an persen. 

Selain masak Gulai Daun Singkong, mahasiswa Culinary (C1) Kelas Pagi juga diajarkan teknik membuat Rendang Daging Sapi dan Nasi Gurih. Bahan yang dibutuhkan untuk masak Rendang Daging Sapi adalah daging sapi, lean leaf, turmeric leaf, kaffir leaf, lemon grass, asam  kandis (gelugar), cocomilk, coriander dan grated coconut.

Sedangkan bahan untuk membuat bumbu (paste) antara lain shallot, galangal, turmeric, ginger, red chili (dibersihkan bijinya), clove, garlic dan salt. Bahan untuk membuat bumbu Rendang tersebuti selain di-porte juga di-saute hingga membentuk pasta.

Bumbu Rendang tersebut kemudian ditambahkan bahan-baik lain yang telah disiapkan sebelumnya mulai irisan daging sapi, turmeric leaf, kaffir leaf, lemon grass, asam kandis (gelugar), ginger dan grated coconut dengan api kecil. Selanjutnya semua bahan berikut dagingnya di-simmer sampai kuah kaldunya reduce (menyusut) hingga tinggal 25 persen saja.

Sementara itu, untuk membuat Nasi Gurih, bahan yang disiapkan antara lain rice, salam leaf, shallot, garlic, salt dan coconut milk. Untuk membuat bumbu Nasi Gurih, shallot, garlic dan salt dihaluskan lebih dulu sebelum dicampur merata bersama rice, coconut milk dan salam leaf. Selanjutnya Nasi Gurih itu ditanak sampai matang.

Untuk mem-plating-nya agar tampilannya cantik dan menarik, maka penyajian Gulai Daun Singkong, Rendang Daging Sapi dan Nasi Gurih bisa ditempatkan pada piring dan mangkok kecil secara terpisah, Begitu juga dengan Nasi Gurih-nya ditata pada piring terpisah.

“Sementara itu penyajian di Warung-Warung Masakan Padang, menu satu porsi terdiri dari Nasi Gurih yang ditata menjadi satu dalam satu piring bersama Daging Rendang, Gulai Daun Singkong berikut Sambal Teri Cabai Hijau,” terang Chef Ari Purwantoro di ruang kerjanya, Rabu (29/01/2020) siang.

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar