twitter

Pages

Senin, 27 Januari 2020

Dari Kunjungan Industri Mahasiswa Pastry Class di La Lisa Hotels Surabaya


Mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit Kelas Siang Praktik Leadership di Kitchen La Lisa Hotels Surabaya


SEBANYAK 16 mahasiswa Pastry (P2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang, praktik Leadership (Kepemimpinan) di Lisa’s Kitchen La Lisa Hotels Surabaya, Rabu (22/01/2020) malam. Dalam kunjungan industri tersebut, mahasiswa di dampingi R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Dosen Pengajar Leadership dan M. Yusuf Bashori, Dosen Housekeeping Akpar Majapahit.

 
Kunjungan industri itu sendiri bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Leadership (Kepemimpinan) di ruang kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan, terutama bagaimana mengimplementasi kepemimpinan di kitchen hotel. 

Kedatangan rombongan mahasiswa ke hotel bintang tiga di Jl. Raya Prapen No. 82 Surabaya itu disambut oleh Head Chef La Lisa Hotels Surabaya Hendra, Assn. Chef Jamastra  dan Dian, Supervisor Lisa’s Kitchen Cahyo Putro dan Waiters Ilham.

16 mahasiswa Pastry Class yang mengikuti kunjungan industri sekaligus praktik Leadership di La Lisa Hotels itu dibagi tiga kelompok, Kelompok 1 beranggotakan lima mahasiswa, mem-back up kerja kru kitchen hotel yang disupervisi langsung oleh Head Chef La Lisa Hotels Chef Hendra.

Selanjutnya Kelompok 2 yang anggotanya lima mahasiswa, dipercaya untuk menyiapkan aneka produk pastry di Kitchen La Lisa Hotels, sedangkan Kelompok 3 yang beranggotakan tujuh orang diposisikan sebagai waiter/waitress di Lisa’s Kitchen, Mereka di dampingi Supervisor Lisa’s Kitchen Cahyo Putro dan Ilham.

Setelah berbincang sejenak di Lisa’s Kitchen La Lisa Hotels Surabaya, rombongan mahasiswa selanjutnya diberi pengarahan singkat seputar Leadership dan Sistem Kerja di kitchen hotel oleh Chef Hendra, sebelum praktik Leadership di kitchen hotel sesuai run down yang telah disusun pihak hotel. 

Selama praktik Leadership, Kelompok 1 yang terdiri dari lima mahasiswa (Azizah, Gamal, Leno, Kevin dan Yoga), langsung diajak praktik masak di kitchen hotel (sesuai order menu Buffet Dinner) dengan disupervisi langsung oleh Chef Hendra bersama dua asistennya. 


Sedangkan lima mahasiswa lainnya (anggota Kelompok 2) yakni Fara, Dicky, Nabila, Ikhsan dan Kamila, ditugaskan menyiapkan dessert-nya berupa es buah, slice fruits (buah Iris), tea ice dan mineral water.


Sementara itu, tujuh mahasiswa lain seperti Karen, Bagus, Sherina, Alicia, Anastasia dan Nur Setyowati (Kelompok 3), dipercaya menjadi waiter/waitress atau pramusaji demi mempersiapkan acara jamuan makan malam yang disajikan ala prasmanan (Buffet Dinner) di Lisa’s Kitchen La Lisa Hotels Surabaya.

Menu makan malam yang disiapkan mahasiswa adalah Asparagus Soup. Untuk Main Course-nya sendiri terdiri dari Nasi Putih, Nasi Goreng, Mie Goreng, Cap Jay, Fu Yung Hai, Ikan Asam Manis, Ayam Lada Hitam dan Aneka Sambal + Krupuk + Acar dan Sauce.

Saat cooking demo Nasi Goreng, Chef Jamastra mengajarkan bagaimana teknik menggunakan mesin pemasak Wok yang benar kepada lima mahasiswa anggota Kelompok 1 yang ditugaskan di kitchen hotel. 

Ketika masak Mie Goreng, Cap Jay, Ikan Asam Manis dan  Fu Yung Hai, lima mahasiswa itu juga dipersilakan untuk memainkan kompor Wok sesuai arahannya dengan disaksikan mahasiswa lainnya. 

Sedangkan Dessert-nya berupa Mineral Water, Tea Ice dan Es Buah (Mix Fruit Ice) yang disajikan pada meja terpisah di area Lisa’s Kitchen La Lisa Hotels Surabaya. Saat menata masakan di meja, mahasiswa dipandu langsung oleh Cahyo dan Ilham dari Lisa’s Kitchen.

”Selain kami beri kesempatan praktik langsung memasak aneka menu masakan  untuk makan malam, termasuk menyiapkan dessert-nya. Mahasiswa juga kami tugasi menaruh hasil masakan rekannya di atas meja makan yang telah disiapkan sebelumnya,” terang Chef Hendra, Rabu (22/01/2020) malam, pekan lalu. 

Sementara itu, pada waktu bersamaan, Supervisor Lisa’s Kitchen, Cahyo Putro juga menyupervisi delapan mahasiswa anggota Kelompok 3. Mereka diminta menyiapkan sekaligus menata sendok dan garpu, piring, sendok es, gelas dan napkin (celemek) untuk diletakkan sesuai tempatnya. 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar