twitter

Pages

Senin, 27 Januari 2020

Kehebohan Mahasiswa Culinary Class Praktik Masak Indonesian Food


Chef Ari Bimbing Mahasiswa Culinary (C1) Class Masak Gudeg, Sambal Goreng Krecek dan Tahu Tempe Bacem


UNTUK kali kesekian, tepatnya pada Rabu (22/01/2020) siang, mahasiswa Culinary (C1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang yang diasuh oleh Chef Ari Purwantoro, praktik masak tiga menu Indonesian (Traditional) Food, yakni Gudeg Jogja, Sambal Goreng Krecek dan Tahu Tempe Bacem. Praktik masak tersebut digelar di Kitchen Modern GrahTristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Selama praktik masak tiga menu Indonesian Food siang itu, mahasiswa Culinary Class diajarkan teknik masak Gudeg Jogja, Sambal Goreng Krecek dan Tahu Tempe Bacem yang sangat populer di lidah sebagian orang Indonesia khususnya di daerah Jogjakarta, Jateng dan Jatim.

Biasanya, sajian masakan Gudeg Jogja ini dilengkapi dengan dua menu pendamping yakni Sambal Goreng Krecek dan Tahu Tempe Bacem. Tiga menu Indonesian Traditional Food ini mudah dijumpai di warung-warung lesehan hingga restoran yang menjual masakan tradisional di Daerah Istimewa (DI) Jogjakarta dan sekitarnya.

Kepopuleran Gudeg Jogja, Sambal Goreng Krecek dan Tahu Tempe Bacem ini juga diajarkan kepada mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit. Mahasiswa pun tampil all out saat praktik masak di Kitchen Modern Graha Tristar, sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga menyajikannya di meja kerja masing-masing.

Untuk masak Gudeg Jogja yang lezat, sedikitnya ada duatahapan pekerjaan yang dilalui. Pekerjaan pertama menyiapkan bahannya antara lain young jackfruit (nangka muda) dipotong bentuk kotak-kotak, salam leaf, galangal di-slice, coconut dan jati leaf  atau memanfaatkan pewarna merah tua daun jati.

Pekerjaan selanjutnya bumbunya (paste), yang terdiri dari shallot, garlic, coriander, candlenut, Javanese palm sugar (gula kelapa) dan air. Untuk paste-nya sendiri, maka shallot, garlic, coriander dan candlenut dihaluskan, kemudian di-saute dan tambahkan juga dengan semua ingredient, termasuk air kelapa untuk kaldunya.

Untuk hasil yang memuaskan, Gudeg Jogja biasanya dimasak hingga kaldunya menyusut tinggal 20-an persen. Saat memasak Gudeg Jogja, ada juga yang menambahkan telur utuh dan  potongan daging ayam dalam satu wadah.

Selain masak Gudeg Jogja, mahasiswa Culinary (C1) Kelas Siang juga diajarkan teknik membuat Sambal Goreng Krecek dan Tahu Tempe Bacem. Bahan yang dibutuhkan untuk masak Sambal Goreng Krecek adalah krecek (rendam dalam air lalu peras), garted coconut, shallot, garlic, red chili, galangal, salam leaf, tamarind, palm sugar, salt dan shrimp cake.

Garted coconut, shallot, red chili dan galangan ditambah candlenut (kemiri) dihaluskan kemudian di-saute. Selanjutnya masukkan galangal, salam leaf, tamarind, palm sugar, salt dan shrimp cake bersama coconut milk (santan) dan krecek-nya. Masak Sambal Goreng Krecek itu sampai kaldunya menyusut (di-simmer) tinggal 15-20 persen saja.

Sementara itu, untuk membuat Tahu Tempe Bacem, bahan yang disiapkan antara lain soybean, bean curd, coconut water (air kelapa), galangal, salam leaf, tamarind (asam masak), palm sugar dan salt.

Tahu dan tempe itu diiris diagonal, kemudian dimasak bersama air kelapa berikut bumbunya dari galangal, salam leaf, tamarind, palm sugar dan salt yang sudah dihaluskan. Masak sampai kaldu bumbu dari olahan Tahu Tempe Bacem itu benar-benar hanya menyisakan lima persen saja sehingga tahu dan tempenya tidak sampai overcooking.

Untuk mem-plating-nya agar tampilannya menarik, maka penyajian Gudeg Jogja, Sambal Goreng Krecek dan Tahu Tempe Bacem bisa dipisah-pisah pada piring kecil, Begitu juga dengan Nasi putih-nya ditata pada piring terpisah.

“Sementara itu penyajian di warung-warung lesehan, Nasi Gudeg Jogja terdiri dari Nasi Putih ditata menjadi satu bersama Gudeg, Sambal Goreng Krecek berikut Tahu Tempe Bacem-nya,” terang Chef Ari di ruang kerjanya, Rabu (22/01/2020), pekan lalu.

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar