twitter

Pages

Jumat, 31 Januari 2020

Keseruan Mahasiswa dalam Cooking Battle Indonesian Food di Kitchen Graha Tristar

Mahasiswa Culinary (C2) Kelas Pagi Persembahkan Nasi Gurih, Gulai Daun Pakis dan Rendang Daging Sapi


MAHASISWA Culinary (C2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi yang diasuh Chef Nadya Ratri Aryani, S.Pd., M.Kes., mempersembahkan Nasi Gurih, Gulai Daun Pakis dan Rendang Daging Sapi, usai perhelatan cooking battle Indonesian (Traditional) Food di Kitchen Modern Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (29/01/2020) pagi.

Tiga menu masakan khas dari Padang (Sumatera Barat) itu sangat populer di lidah orang Indonesia karena kelezatannya. Kepopuleran Nasi Gurih, Gulai Daun Pakis dan Rendang Daging Sapi ini juga diajarkan kepada mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit.

Mahasiswa pun tampil percaya diri saat praktik masak di Kitchen Modern Graha Tristar, sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga menyajikannya di meja kerja masing-masing. Suasana di dapur pun menjadi semakin heboh dan seru banget!

 
Dalam praktik masak kali ini, 16 mahasiswa Culinary Class dibagi dalam empat kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan empat orang. Setiap kelompok diminta membuat tiga menu masakan khas Indonesia (sudah termasuk membuat Nasi Gurih), dengan durasi masak sekitar dua jam sejak prepare bahan, proses memasak hingga mem-plating-nya.

Karena itu Chef Nadya, sapaan akrabnya, meminta masing-masing kelompok untuk tampil all out dalam acara cooking battle, demi gengsi setiap kelompok sekaligus juga bertujuan untuk mengetahui kelompok mana yang terbaik dari aspek tampilan & kreativitas, tekstur dan rasanya. 

Selama battle masak tiga menu Indonesian Food siang itu, masing-masing kelompok mahasiswa Culinary Class itu berupaya sebaik mungkin membuat Nasi Gurih, Gulai Daun Pakis dan Rendang Daging Sapi. Tiga menu masakan Padang ini juga sangat populer di lidah orang Jatim terutama Surabaya dan sekitarnya.

Untuk membuat Nasi Gurih, misalnya, bahan yang disiapkan antara lain rice, salam leaf, shallot, garlic, salt dan coconut milk. Untuk membuat bumbu Nasi Gurih, shallot, garlic dan salt dihaluskan lebih dulu sebelum dicampur merata bersama rice, coconut milk dan salam leaf. Selanjutnya Nasi Gurih itu ditanak sampai matang.

Selain masak Nasi Gurih, mahasiswa Culinary (C1) Kelas Pagi juga diajarkan teknik membuat Gulai Daun Pakis dan Rendang Daging Sapi dan Nasi Gurih. Untuk masak Gulai Daun Pakis yang lezat, sedikitnya ada dua tahapan pekerjaan yang dilalui. Pekerjaan pertama menyiapkan bahannya antara lain pakis leaf, cocomilk, shallot, garlic, red chili, galangal, turmeric, ginger, salam leaf, turmeric leaf, tamarin, salt dan pepper.

Pekerjaan selanjutnya membuat bumbunya (paste), yang terdiri dari shallot, garlic, red chili, galangal, turmeric dan ginger dihaluskan dan di-saute hingga membentuk pasta. Selanjutnya tambahkan bahan pendukung lainnya seperti cassava leaf, salam leaf, turmeric leaf, tamarind, salt, pepper dan cocomilk untuk kuah kaldunya.

”Untuk hasil yang memuaskan, Gulai Daun Pakis biasanya dimasak hingga kuah kaldunya menyusut tinggal 75-an persen,” ujar Chef Nadya Ratri Ariyani di hadapan anak didiknya di Kitchen Culinary (C2), Lantai 3 Graha Tristar Surabaya.

Sementara itu, bahan yang dibutuhkan untuk masak Rendang Daging Sapi adalah daging sapi, lean leaf, turmeric leaf, kaffir leaf, lemon grass, asam  kandis (gelugar), cocomilk, coriander dan grated coconut.

 
Sedangkan bahan untuk membuat bumbu (paste) sendiri antara lain shallot, galangal, turmeric, ginger, red chili (dibersihkan bijinya), clove, garlic dan salt. Bahan untuk membuat bumbu Rendang tersebut selain di-porte juga di-saute hingga membentuk pasta.

Bumbu Rendang tersebut kemudian ditambahkan bahan-baik lain yang telah disiapkan sebelumnya mulai irisan daging sapi, turmeric leaf, kaffir leaf, lemon grass, asam kandis (gelugar), ginger dan grated coconut dengan api kecil. Selanjutnya semua bahan berikut dagingnya di-simmer sampai kuah kaldunya reduce (menyusut) hingga tinggal 25 persen saja.


Untuk mem-plating-nya agar tampilannya cantik dan menarik, maka penyajian Gulai Daun Singkong, Rendang Daging Sapi dan Nasi Gurih bisa ditempatkan pada piring dan mangkok kecil secara terpisah, Begitu juga dengan Nasi Gurih-nya ditata pada piring terpisah. 

“Sementara itu penyajian di Rumah Makan Masakan Padang yang lengkap, konsumen tidak hanya disuguhi menu Nasi Gurih, Gulai Daun Pakis berikut Sambal Teri Cabai Hijau, melainkan masih banyak pilihan menu yang lain tergantung selera konsumen mulai Rempeyek Udang, Ayam Goreng, Ikan Laut, Paru Goreng, Kikil Sapi, Teri Balado hingga Perkedel,” terang Chef Nadya di ruang kerjanya, Rabu (29/01/2020) siang.

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar