twitter

Pages

Sabtu, 25 Januari 2020

Kehebohan Mahasiswa Pastry Class Belajar Teknik Menghias Kue Klasik


Bersama Chef Ita, Mahasiswa Pastry (P1) Class Praktik Buat 12 Kreasi Cakes Classic di Kitchen Graha Tristar


SELAMA tiga kali tatap muka, mahasiswa Pastry (P1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang, diajarkan teknis menghias 12 kreasi cakes classic dengan tampilan kekinian bersama Chef Ita Suhervin S.Pd., M.MPar di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. 


Pada pertemuan hari pertama, Rabu (22/01/2020) siang, mahasiswa Pastry Class itu praktik membuat empat kreasi cakes classic dengan tampilan modern, yakni Black Forest, Opera Cake, Tiramizu Cake dan Red Velvet Cake. Untuk menghias cakes classic tahapan pekerjaan sedikit lebih rumit dibanding saat Anda membuat basic cakes.

Selanjutnya pada tatap muka hari kedua, Selasa (28/01/2020) siang, mahasiswa Pastry Class kembali akan diajarkan cara membuat empat cakes classic yang berbeda dari pertemuan sebelumnya, yakni Spiku, Yulong, Onbijiekoek dan Lamington Cake.

Sedangkan pertemuan terakhir hari Rabu (29/01/2020) siang, Chef Ita kembali berbagi ilmu dengan anak didiknya teknik membuat empat cakes classic yang lain lagi, yakni Cheese Cake Bake, Baked Alaska, Strawberry Layer Gateau dan Tropical Fruit Cake.

Sebelum praktik hari pertama itu, Dosen Pengajar Pastry Class, Chef Ita menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pengolahan dan cara menghias cakes classic di hadapan anak didiknya. Dalam kesempatan itu, Chef Ita juga mengingatkan kembali dasar-dasar teknik pengolahan kue yang sudah diajarkan sebelumnya.

Untuk membuat Black Forest di Kitchen Pastry Graha Tristar, misalnya, mahasiswa diminta menyiapkan bahan untuk membuat adonan chocolate sponge dengan menggunakan sponge method.

Bahan yang dibutuhkan antara lain egg, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cocoa powder, cornstarch, melted margarine, chocolate black forest paste dan rum paste. Adonan chocolate sponge itu kemudian ditaruh pada loyang bulat berdiameter 20 cm lalu di-bake pada suhu 180 *C selama 30-35 menit.

Selain itu, mahasiswa juga diminta menyiapkan topping-nya berupa fresh cream (whip), filling-nya berupa dark cherry, sugar dan cornstarch, menyiapkan bahan untuk membuat sprinkle yakni dari simple syrup dan run mayers, sedangkan untuk garnish-nya sendiri berupa red cherry dan chocolate dark compound.

Sementara itu untuk membuat kreasi kue yang kedua, yakni Opera Cake, Chef Ita mengajak anak didiknya menyiapkan bahan yang terdiri dari egg, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cornstarch, almond slice, melted margarine dan vanilla paste. Adonan yang disiapkan ini untuk membuat Daquast Sponge.

Pekerjaan berikutnya, mahasiswa diminta membuat coffee butter cream-nya dari white margarine, fresh cream, simple syrup, milk powder, instant coffee dan hot water. Lalu membuat chocolate ganache-nya dari chocolate dark compound dan fresh cream.

Sementara itu bahan untuk membuat sprinkle-nya terdiri dari simple syrup, kahlua (rum paste), dan coffee instant, sedangkan garnish-nya sendiri dibuat dengan memanfaatkan bahan seperti chocolate white compound, chocolate dark compound dan red cherry. Ketiga bahan itu disiapkan mahasiswa demi mempercantik tampilan Opera Cake sebelum kue cantik itu disajikan di atas meja uji.

”Selain diajarkan membuat Black Forest dan Opera Cake, mahasiswa juga kami bekali teknik membuat Tiramisu Cake dan Red Velvet Cake,” kata Chef Ita di dampingi asistennya Ferian Mahendra, di ruang kerjanya, Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

Resep 12 cakes classic  itu semuanya tersaji lengkap di dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan kepada mahasiswa Pastry Class. Dengan demikian, mahasiswa tidak mengalami kesulitan mengikuti tahapan pekerjaan membuat cake cantik tersebut.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar