twitter

Pages

Rabu, 15 September 2021

Pelatihan 215 Anggota Kopwan SBW di Tristar Surabaya (3) - USAHA KUE KERING LAHAN BISNIS BASAH YANG TAK KENAL MUSIM

Pelatihan 215 Anggota Kopwan SBW di Tristar Surabaya (3)


USAHA KUE KERING
LAHAN BISNIS BASAH
YANG TAK KENAL MUSIM

Dari 215 peserta pelatihan, 60 orang memilih belajar membuat kue kering. Sebagian besar ingin  buka usaha menjelang Hari Raya Idul Fitri.

   “Usaha kue kering merupakan lahan bisnis basah yang tidak kenal musim. Setelah Idul Fitri kue kering masih tetap laku.  Dan jaman sekarang, bisa dipasarkan lewat online. Cocok untuk bisnis ibu rumah tangga,” kata  Ratih, wanita parubaya disela kesibukannya membuat adonan kue.


Dengan alasan itu, dia memilih untuk belajar membuat kue kering. Tiga materi yang diajarkan oleh Chef Ernawati, instruktur yang juga dosen pastry Tristar Institute Group adalah:  Melinjo Cookies, Semprit Sagu Keju Ceria dan Mini Blueberry.


Tiga varian kue kering  tadi cukup poluler dan diminati  semua kalangan. Pangsa pasarnya cukup luas. Persaingan tidak bisa dihindari.  Untuk memenangkan persaingan, produk harus lebih unggul dari pesaing. Rasa harus enak, tekstur lembut dan tampilan juga harus menarik.


Sebelum masuk ke kitchen praktikum, peserta mengikuti kelas teori. Menjelaskan tentang bahan-bahan yang dibutuhkan, tahapan-tahapan dan teknik dalam pembuatan.  Karena rata-rata  peserta berniat untuk buka usaha, Chef Ernawati juga memberikan  tips  dan trik bisnisnya.


Peserta terlihat fokus dan tekun mengikuti arahan Chef Ernawati yang dibantu seorang asisten. Mereka langsung praktek dari awal sampai kue kering turun dari oven.  Kemudian bersama-sama mencicipi hasil praktek.


“Jika proses pembuatan benar dan takaran bahan-bahan sesuai resep, maka hasilnya pasti sempurna,” kata Chef Ernawati setelah  peserta mengatakan bahwa kuenya enak dan teksturnya empuk.


Peserta nampak puas dan happy meninggalkan kitchen praktikum sambil membawa pulang  hasil pelatihan. “Kita sudah bisa jualan kuker (kue kering). Besok langsung produksi,” komentar salah seorang peserta penuh semangat.


Anda  berminat untuk belajar  pastry dan kuliner?  Tristar Surabaya membuka kesempatan belajar, baik secara  offline maupun kursus online. Info lebih lengkap,  hubungi WhatsApp: 0813 3200 3300 (etty), 0812 3450 6352 (uya) dan 0817 321 024 (enik). ** bhr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar