twitter

Pages

Senin, 13 September 2021

CHINESE FOOD LEZAT HASIL PRAKTEK MAHASISWA AKPAR MAJAPAHIT SURABAYA

CHINESE FOOD LEZAT
HASIL PRAKTEK MAHASISWA
AKPAR MAJAPAHIT SURABAYA


Sabtu, 13 Maret 2021 lalu, mahasiswa Culinary (B Pagi)  Akpar Majapahit, praktek mengolah tiga resep Chinese Food. Yaitu;  Chicken & Salted Egg Porridge, Seafood Broccoli dan Mapo Tofu.


Sebelum praktek dimulai, Chef Ari Purwantoro, SSt.Par., MM melakukan priefing. Dosen kuliner yang belasan tahun berkarir sebagai chef di sejumlah hotel berbintang itu membekali mahasiswa tentang teori dan tahapan-tahapan dalam memasak.


 Teknik dan tahapan-tahapan memasak harus benar-benar diperhatikan. Jika salah, pasti akan mempengaruhi cita rasa (taste) dan tekstur makanan. Untuk resep Seafood Brocoli, udang dan cumi cumi harus dimasak bersamaan.


“Cumi dan udang, kecepatan matangnya sama. Karena itu, keduanya harus dimasak bersamaan. Kalau terlalu lama, teksturnya akan mengeras. Jadi harus benar-benar diperhatikan,” terang Chef Ari.


Sepanjang praktek yang berlangsung di Kitchen Culinery 1, Lt. 3  Kampus A  Graha Tristar Jalan Raya Jemursari 244 Surabaya itu,  Chef Ari  terus mengontrol anak didiknya. Mengarahkan dan mengingatkan mana kala ada yang kurang tepat dalam mengolah masakan.  


Hal-hal yang sering diingatkan adalah besar kecilnya api kompor, ikut mengetes rasa dan tingkat kematangan. “Kalian harus mengingat-ingat teknik memasak yang sudah saya jelaskan sebelum praktek. Jangan pakai teknik sendiri,” ingatnya.

 

Proses edukasi seperti itu sangat efektif. Mahasiswa menjadi lebih paham dan cepat menguasai  materi dengan baik.  Hasil olahan  sesuai ekspektasi. Baik cita rasa maupun teksturnya.  Proses paling akhir, mereka harus menyajikan tiga menu yang mereka masak dalam tatanan yang menarik (plating). 


Nah, Anda tertarik mengenbangkan passion di bidang kuliner? Yuk  gabung di  Akpar Majapahit (Tristar Institute Group).  Hubungi  Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya. Telpon  (031) 8433224 – 25,  WA: 0812 3253 9310, 0812 3375 2227. //bhr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar