twitter

Pages

Senin, 13 September 2021

Mahasiswa Culinary Tristar Samator Surabaya - COOKING DEMO MENU TRADISIONAL “TAHU CAMPUR LAMONGAN” BERSAMA CHEF DELLA

Mahasiswa Culinary Tristar Samator Surabaya


COOKING DEMO  MENU TRADISIONAL
 “TAHU CAMPUR LAMONGAN”
BERSAMA CHEF DELLA



Masakan tradisional berbahan dasar tahu, cukup banyak. Salah satu yang sangat terkenal adalah Tahu Campur.

Di luar negeri, makanan yang berasal dari Lamongan (Jawa Timur) ini mulai dikenal dan disukai. Walau belum ada restoran khusus yang menjual Tahu Campur, tapi makanan ini sudah  diperkenalkan lewat acara jamuan resmi di kedutaan-kedutaan RI di beberapa negara.


Di Akpar Majapahit (Tristar Institute Group) Surabaya,  mahasiswa culinary juga diajarkan olahan khas tradisional. Salah satunya, Tahu Campur. Rabu 10 Maret 2021 lalu, Chef Della melakukan cooking demo memperkenalkan teknik memasak menu street food  tersebut.


Acara digelar di kitchen modern Kampus B Tristar Skysuites Soho – The Samator, Jl.  Raya Kedung Baruk 26 – 28 Surabaya.  Di depan 12 mahasiswa Culinary (kelas A Pagi), Chef Della mengatakan bahwa di luar negeri, Tahu termasuk makanan mewah. Harga tahu mentah sangat mahal.


“Ya betul itu,” kata Faizal, mahasiswa Tristar Samator asal Timur Tengah. “Satu potong segini (ukuran  15 x 10 cm)  kalau dirupiahkan harganya 50 ribu lebih. Mahal sekali. Kalau di Indo dapat banyak.”

Kebayang gak, jika harga  Tahu mentahnya saja mahal, apalagi jika sudah diolah dengan bumbu masakan western

 


Soal Tahu sebagai makanan mewah dan mahal di luar negeri itu, sekedar ilustrasi agar mahasiswa bangga dan mengembangkan makanan tradisional. Chef Della memperkenalkan teknik memasak untuk mendapatka cita rasa Tahu Campur yang khas.



Bahan yang dibutuhkan adalah tahu goreng, perkedel singkong, daging sapi, mie, taoge panjang dan selada kriting, petis udang  dan lain-lain. Teknik mengolah  dan tahapan-tahapan, dijelaskan sambil dipraktekkan.  Sementara mahasiswa ikut mengerjakan.


Proses membuat perkedel singkong (lentho), agar menghasilkan cita rasa dan tekstur yang renyah, parutan singkong dicapur dengan bumbu kemudian dibentuk bulat atau lonjong (sesuai selera). Sebelum digoreng, terlebih dahulu dikukus.

Rangkaian cooking demo selesai dan Tahu Campur dinikmati bersama oleh mahasiswa. Ada yang berkomentar;  “hau jek sen cing ping” (enak gila/enak banget).


Nah, ingin tahu lebih banyak tentang Tristar Institute Group?  Klik: www.tristarfooduniversity.com.  Penerimaan mahasiswa baru periode April 2021 sudah dibuka  (tanpa test). Hubungi WhatsApp: 0813 3035 0822, 0812 3375 2227, 0812 9310 7122. **bhr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar