twitter

Pages

Selasa, 04 Februari 2020

Asyiknya Mahasiswa Pastry Belajar Food Technology Applications Bersama Chef Endang


Mahasiswa Pastry Class Praktik Buat Lima Varian Rasa Kripik Ubi Ungu yang Crispy di Kitchen Graha Tristar


SEKITAR 15 orang mahasiswa Pastry (P1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang, dibekali cara membuat lima varian rasa Kripik Ubi Ungu (Purple Yam Chips), di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Senin  (03/02/2020) siang. Mereka dibimbing langsung oleh Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Endang Sri Rahajoe M.MPar.

Jika pada tatap muka sepekan sebelumnya, Senin (27/01/2020) siang, mahasiswa Pastry (P1) Kelas Siang itu diajarkan cara membuat Syrup Lychee dan aplikasinya pada minuman oleh Chef Endang, sapaan akrab Endang Sri Rahajoe M.MPar. Giliran pada pertemuan pekan kedua, Senin (03/02/2020) siang, diajarkan teknik membuat Kripik Ubi Ungu (Purple Yam Chips).

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kripik Ubi Ungu Original, antara lain ubi ungu mentah, salt (ammonium bicarbonate), water, cooking oil, dextrose, icing, merang paper dan plastik pouch klip.

Pekerjaan pertama yang dilakoni mahasiswa adalah ubi ungu yang masih mentah dicuci hingga bersih kemudian dikupas kulitnya, lalu dipasrah sehingga terbentuk irisan tipis ubi ungu (purple yam chips). Irisan tipis dari ubi ungu itu kemudian direndam dalam air (yang telah diberi garam sedikit) untuk membersihkan getah dan memberi rasa gurih pada irisan ubi ungu seusai digoreng.

Usai direndam sekitar 30 menitan, irisan tipis ubi ungu itu kemudian digoreng hingga matang dan terasa renyahnya kalau digigit. Irisan ubi ungu yang sudah matang didiamkan di atas loyang yang dilapisi kertas merang sampai minyaknya meresap semua atau ditiriskan sampai minyaknya hilang.

Demi tampil cantik dan menarik, maka Kripik Ubi Ungu Original itu kemudian dimasukkan dalam plastik pouch klip dan diberi etiket (label) merek produknya, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluarsa, hingga nomor P-IRT, jika makanan kemasan itu siap dijual secara komersial.

Sementara itu untuk membuat Kripik Ubi Ungu Chocolate, irisan tipis ubi ungu yang sudah digoreng sampai matang lalu dioplos jadi satu dengan chocolate powder, dextrose dan icing. Kripik ubi ungu rasa coklat ini kemudian dimasukkan dalam plastik pouch klip (ukuran bervariasi mulai 50-250 gram, tergantung kebutuhan) dan diberi etiket (label) sebelum dipasarkan.

Berikutnya untuk membuat varian rasa coffee, keju manis dan barbeque (BBQ), maka irisan tipis ubi ungu yang telah digoreng dioplos jadi satu coffee powder, keju manis (milk powder), BBQ powder, dextrose dan icing secara terpisah. Tiga varian rasa Kripik Ubi Ungu –rasa coffee, keju manis dan BBQ-- itu kemudian dikemas dalam plastik pouch klip.

”Dengan membekali pengetahuan seputar Food Technology Application sejak dini maka mahasiswa bisa mengerti alur proses memasak, sejak bahan mentah, diolah menjadi produk setengah jadi hingga dimasak lebih lanjut di kitchen, sebelum makanan atau minuman itu disajikan,” kata Chef Endang.

Materi praktik Food Technology Applications yang diberikan kepada mahasiswa Pastry Class, dipilihkan yang saat ini lagi disuka konsumen dan masih tetap booming di pasaran. Pihaknya juga mengajarkan tentang pentingnya membuat kemasan produk yang cantik sehingga menarik minat konsumen untuk membelinya.

Selanjutnya pada pertemuan pekan terakhir, Senin (10/02/2020) mendatang, mahasiswa dijadwalkan akan dibekali teknik membuat Pudding Sedot (Puddot) oleh Chef Endang Sri Rahajoe di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar