twitter

Pages

Minggu, 09 Februari 2020

Kehebohan Mahasiswa Pastry Belajar Teknik Menghias Kue Modern Bersama Chef Fitri


Mahasiswa Pastry (P1) Kelas Pagi Dibekali Cara Hias 12 Macam Kreasi Cakes Modern di Kitchen Graha Tristar


DOSEN Pengajar Pastry Akpar Majapahit Chef Fitri Synthiadewi SE kembali dipercaya untuk berbagi ilmu seputar teknik menghias 12 macam kreasi cakes modern dengan tampilan kekinian bersama mahasiswa Pastry (P1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi. Pertemuan itu sendiri dihelat tiga kali, mulai Selasa (04/02/2020), Rabu (03/02/2020) dan Selasa (11/02/2020), di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Pada pertemuan hari pertama bersama Chef Fitri, Selasa (04/02/2020) pagi, mahasiswa Pastry Class itu praktik membuat empat kreasi cakes modern dengan tampilan kekinian, yakni Banana Caramel Entremet, Lemon Choco Cheese Entremet, Red Heart Entremet dan Chocoberry Entremet on Brownies.

Pada tatap muka hari berikutnya, Rabu (05/02/2020) pagi, Chef Fitri mengajarkan anak didiknya cara membuat empat kreasi cakes modern yang berbeda dari sebelumnya, yakni Surpice Inside Cake, Choco Dome Cake, Prince Regent Cake dan Mocha Nut Gluten Free Cake.

”Untuk menghias cakes modern tahapan pekerjaan memang lebih rumit lagi dibanding saat membuat cakes classic karena masih ada penambahan hiasan kue modern kekinian berupa mirror glazing,” kata Chef Fitri Synthiadewi di hadapan anak didiknya, Rabu (05/02/2020) pagi.

Sementara itu pada pertemuan hari terakhir, Selasa (11/02/2020) pagi, mahasiswa Pastry Class akan dibekali teknik menghias empat kreasi cakes modern lainnya, yakni Jealousy Chocolate Cake, Triple Tiger Roll, Oreo Cheese Cake Chilled dan Japanese Roll Cake.

Sebelum praktik, Dosen Pengajar Pastry Class, Chef Fitri menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pengolahan dan cara menghias cakes modern di hadapan anak didiknya. Dalam kesempatan itu, Chef Fitri juga mengingatkan kembali dasar-dasar teknik pengolahan kue dan cara menghias kue yang sudah diajarkan sebelumnya.

Untuk membuat Banana Caramel Entremet di Kitchen Pastry Graha Tristar, misalnya, mahasiswa diminta menyiapkan bahan-bahan untuk membuat adonan Banana Pound Cake dengan menggunakan Creamy Method, yakni butter, icing sugar, egg, medium flour, cornstarch, milk powder dan ditambahkan beberapa tetes banana essence.

Pekerjaan tahap kedua adalah menyiapkan bahan untuk Choco Banana Ganache, yakni choco milk compound, fresh cream dan ditambahkan beberapa tetes banana essence. Sedangkan tahapan pekerjaan selanjutnya, membuat Banana Caramel dengan memanfaatkan bahan seperti butter, sugar, palm sugar dan banana.

Pekerjaan keempat, mahasiswa diminta menyiapkan bahan untuk membuat Coconut Mouse, yang terdiri dari white compound, coconut milk (merek Kara), whip cream dan gelatine. Setelah itu menyiapkan pekerjaan membuat White Mirror Glaze, yang bahannya terdiri atas water, sugar, glucose, condensed milk, gelatine + water (BMS last), white compound (BMS mix), cocoa butter dan beberapa tetes white food coloring.

Sedangkan pekerjaan tahap keenam adalah membuat Spider Glazing. Untuk membuat Spider Glazing butuh bahan seperti jelly glaze, water dan white food coloring (untuk pemutihnya) dan yellow food coloring. Terakhir adalah meng-garnish kue tersebut dengan menggunakan bahan seperti chocolate milk compound disc, banana caramelized dan caramel art agar tampilan Banana Caramel Entremet tersebut semakin cantik dan menarik.

”Selain diajarkan membuat Banana Caramel Entremet, mahasiswa juga kami bekali teknik membuat Lemon Choco Cheese Entremet, Red Heart Entremet dan Chocoberry Entremet Brownies. Mengingat pekerjaan ini butuh waktu, maka untuk meng-garnish-nya baru dikerjakan keesokan harinya,” kata Chef Fitri Synthiadewi di dampingi asistennya Ferian Mahendra, di ruang kerjanya, Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar