twitter

Pages

Kamis, 13 Februari 2020

Melihat Keseruan Mahasiswa Culinary Class Praktik Masak Indonesian Food


Dari Kitchen Culinary, Mahasiswa Persembahkan Ayam Taliwang, Ayam Betutu dan Pelecing Kangkung


MAHASISWA Culinary Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi, kembali diajarkan oleh Chef Ari Purwantoro, Dosen Pengajar Culinary Akpar Majapahit, teknik masak tiga menu masakan Indonesian Food yakni Ayam Taliwang, Ayam Betutu dan Pelecing Kangkung, di Kitchen Culinary Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (12/02/2020) pagi. 


Sebagai warisan budaya kuliner Nusantara, tiga menu masakan tersebut cukup populer di Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB), baik di mata warga lokal maupun wisatawan domestik maupun mancanegara. Oleh karena itu, masakan khas dari daerah Bali dan NTB ini juga diapresiasi oleh ihak akademik dan diajarkan kepada mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit (Tristar Group).

Sebelum praktik masak di kitchen, Dosen Pengajar Culinary Akpar Majapahit Chef Ari Purwantoro, lebih dulu menjelaskan bahan yang dibutuhkan untuk masak Ayam Taliwang, yakni ayam utuh (bisa dibagi dua) yang sudah dibersihkan bulu halus dan isinya, butterfly dan jeruk limau.

Selanjutnya, membuat bumbu berbentuk paste, bahannya terdiri dari shallot, garlic, red chili, hot chili, aromatic ginger, shrimp cake, tomato, palm sugar, salt dan water. Bumbu  dihaluskan sampai menyerupai pasta, lalu di-saute hingga keluar aromanya yang harum.

Selama proses sauté bisa ditambahkan seasoning, palm sugar dan water sebanyak 300-460 ml, kemudian di-simmering dan dikasih perasan jeruk limau secukupnya. Jika ingin dapat sensasi rasa daging ayam yang harum dan gurih, maka ada treatment lebih lanjut. Maka Ayam Taliwang yang sudah dibumbui tersebut kemudian di-grilled  sekitar 5-10 menitan.

”Saat praktik masak Ayam Taliwang di Kitchen Culinary 1 (C1), Ayam Taliwang yang sudah di-simmer sampai kuah bumbunya menyusur, tidak di-grilled melainkan langsung di-plating menjadi satu tampilan yang cantik di atas piring bersama Ayam Betutu dan Pelecing Kangkung,” terang Chef Ari Purwantoro.

Di samping itu mahasiswa juga diajarkan teknik masak Ayam Betutu dan Pelecing Kangkung di Kichen Modern Graha Tristar. Saat masakan Ayam Betutu, mahasiswa diminta menyiapkan bahan mulai satu ekor ayam yang sudah dibersihkan bulu halus dan isinya, young cassava leaf (optional), salam leaf, kaffir leaf, lemongrass dan banana leaf untuk pembungkusnya.

Sementara itu untuk membuat bumbu paste-nya sendiri, butuh bahan seperti oil, shallot, garlic, coriander, candlenut, ginger, turmeric, red chili dan hot chili. Khusus bahan untuk seasoning-nya memanfaatkan turmeric, red chili, hot chili yang sudah dihaluskan kemudian di-mix dengan young cassava leaf (optional).

Daun  singkong muda kemudian dimasukkan ke dalam perut ayam bersama sebagian seasoning-nya, sedangkan seasoning yang separonya lagi dilaburkan ke seluruh bagian tubuh ayam utuh tersebut sampai rata bersama bumbu paste-nya yang sudah di-saute lebih dulu sebagai flavour-nya. 

 
Olahan Ayam Betutu yang sudah dibumbui itu kemudian dibungkus daun pisang dan selanjutnya di-steam selama 45 menit, lalu di-bake pada suhu 180 *C selama 20 menitan. Tahapan pekerjaan ini membuat proses masak Ayam Betutu ini sedikit ribet dan waktunya lebih lama.
Oleh karena itu, pada saat praktik masak Ayam Betutu ini, anak didik Chef Ari tidak melakukan pekerjaan mengukus (steam) maupun meng-oven-nya, melainkan cukup di-simmering. Setelah kuah bumbu Ayam Betutu tersebut reduce, lalu di-plating bersama Pelecing Kangkung dan Ayam Taliwang sebelum masakan itu disajikan di meja uji.
Pekerjaan terakhir adalah membuat Pelecing Kangkung. Bahan untuk masak Pelecing Kangkung antara lain fresh water spinach (ambil daun dan sedikit tangkai daunnya) lalu bersihkan sebelum dikukus beberapa saat sampai matang.

Selanjutnya membuat Chili Paste (Sambal), yang bahannya meliputi  shallot, garlic, red chili, hot chili, curly red chili, tomato, shrimp bake dan oil. Untuk mempercantik tampilan Chili Paste, maka di atasnya Anda taburi dengan biji kacang tanah (peanut) yang telah digoreng dan irisan jeruk limau.

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar