twitter

Pages

Senin, 24 Februari 2020

Dari Kunjungan Industri Mahasiswa Pastry ke Parisienne French Bistro & Cafe Surabaya


Mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit Kelas Pagi Ditantang Buat Aneka Kreasi Produk Puff Pastry
DEMI mengaplikasikan mata kuliah Leadership (Kepemimpinan) dan Teknik Supervisi yang diasuh R. Paulus W. Soetrisno M.Par., sebanyak 20-an mahasiswa Pastry (P1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi, ditantang membuat aneka kreasi produk Puff Pastry di Parisienne French Bistro & Cafe Jl. Raya Manyar No. 53 Surabaya, Kamis (20/02/2020) siang. 



Kunjungan industri itu sendiri bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama saat mahasiswa belajar Leadership (Kepemimpinan) dan Teknik Supervisi di ruang kelas dengan realitas di dunia kerja, terutama bagaimana mengimplementasi kepemimpinan di Parisienne French Bistro & Café.  

Kedatangan rombongan mahasiswa siang itu disambut oleh Director of Parisienne French Bistro & Café Arie Novianti, Head Chef Joko Aryo Handoko, Bakery Manager Chef Iwan Setyawan, Operational Manager Rini Ismawati dan Supervisor Food & Beverage Service Evi Mandasari, di lobi café tersebut.

Sebelum praktik membuat aneka kreasi produk Puff Pastry, mahasiswa Pastry Class yang mengikuti kunjungan industri sekaligus praktik Leadership dan Teknik Supervisi di Parisienne French Bistro & Cafe itu diberi pengarahan seputar keberadaan Parisienne French Bistro & Café bersama Director of Parisienne French Bistro & Café.

Presentasi langsung dari orang nomer satu di Parisienne French Bistro & Café tersebut diapresiasi oleh mahasiswa Pastry Class bersama Dosen Pengajar Leadership dan Teknik Supervisi Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno, yang hadir siang itu.

Menurut Arie Novianti, Parisienne dalam bahasa Prancis berarti cewek cantik. Parisienne French Bistro & Café selain dikelola sendiri oleh ibu tiga anak berparas rupawan, produk-produknya baik cake & bakery serta sajian kuliner (makanan dan minuman)-nya, juga disajikan cantik, elegan dan menarik. 

”Hal ini sesuai dengan konsep yang saya usung yakni menghadirkan nuansa Prancis yang indah dan berkelas di Parisienne French Bistro dan Café,” kata Novi, sapaan akrabnya kepada kru www.culinarynews.info, di sela mendampingi mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit menikmati acara jamuan makan siang bersama.

Mengingat temanya kali ini mengulas seputar Leadership dan Teknik Supervisi, maka Arie Novianti yang pernah mengenyam pendidikan Patisserie & Culinary di Le Cordon Bleu Jepang pada 2017/2018-an itu kemudian menjelaskan bagaimana dirinya sukses mengimplementasikan Leadership dan Teknik Supervisi di Parisienne French Bistro & Café dalam sebuah manajemen modern.

Terbukti, sejak Parisienne French Bistro & Café Lantai 1 dibuka pada Desember 2018 silam dan fasilitas Café & Resto dan Hall di Lantai 2 dan 3 dioperasikan pada April 2019 lalu, perusahaan yang dipimpinnya itu berjalan sesuai on the track dan terus tumbuh kembang hingga sekarang, di tengah ketatnya persaingan bisnis kuliner di Surabaya.

Dalam kesempatan terpisah, Bakery Manager Parisienne French Bistro & Café, Chef Iwan Setyawan berbagi ilmu dengan mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit bagaimana membuat aneka kreasi produk Puff Pastry yang menjual dan bisa diterima oleh pasar terutama segmen menengah atas.

Di sela-sela keseruan mahasiswa praktik secara individual membuat Puff Pastry di Kitchen Patisserie Lantai 3 bersama Chef Iwan Setyawan, juga tampak Operational Manager Rini Ismawati, Supervisor FBS Evi Mandasari mendampingi Dosen Pengajar Leadership Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno, membuat suasana di Kitchen Patisserie tersebut semakin cair. 

 
Untuk mempercepat teknik membuat adonan berlapis (layer dough) pada aneka produk Puff Pastry, pihak tuan rumah sudah menyiapkan Puff Pastry Sheet, sehingga setiap mahasiswa tinggal membaginya menjadi delapan bagian dan menata filling-nya di atas Puff Pastry Sheet.

Selama praktik membuat aneka kreasi produk Puff Pastry tersebut, Chef Iwan juga sudah menyediakan lima macam filling-nya yakni Balonnaise, Chicken Curry, BBQ Sauce, Corn & Tuna (rasa asin gurih) serta Strawberry dan Blueberry (rasa manis).

”Untuk finishing-nya sendiri, aneka kreasi produk Puff Pastry itu selanjutnya di-bake pada suhu 165-170*C selama 10 menit ditambah dua menit, sehingga total waktu pengovenannya sekitar 12 menitan,” kata Chef Iwan yang menyupervisi langsung mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit di Kitchen Patisserie tersebut. 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar