twitter

Pages

Selasa, 18 Februari 2020

Asyiknya Mahasiswa Culinary Praktik Food Technology Applications Bersama Chef Endang


Nikmati Segarnya Indonesian Traditional Salad dengan Bumbu Pecel yang Dibuat Mahasiswa Culinary Class


SETELAH jeda sekitar tiga pekan, mahasiswa Culinary (C1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang, kembali belajar Food Technology. Pada pertemuan kali ini, mahasiswa diajarkan teknik membuat Bumbu Pecel oleh Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Endang Sri Rahajoe M.MPar. Praktik masak tersebut digelar di Kitchen Modern C1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (17/02/2020) siang.


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Bumbu Pecel antara lain peanut, palm sugar, red chili, hot chili, garlic, kencur, kaffir lime leaf, salt, tamarind water, daun bayam, kangkung, kecambah (taoge) kacang hijau, tahu dan kerupuk.

Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, 18 mahasiswa yang hadir siang itu dibagi dua kelompok kerja. Mereka ditugasi Chef Endang menyiapkan bahan membuat Bumbu Pecel, memotong daun bayam dan kangkung lalu mencucinya sampai bersih. Begitu juga kecambah yang sudah dibersihkan juga dicuci dengan air bersih.

Baik daun bayam, kangkung maupun kecambah yang sudah dibersihkan kemudian direbus –satu persatu-- hanya beberapa menit agar tidak sampai overcooking kemudian sayuran tersebut sudah diangkat dan ditaruh diwadah yang tersedia. Sedangkan tahu yang sudah dipotong dengan ketebalan setengah centimeter lalu dibumbui dengan salt & pepper sebelum digoreng sampai matang.

 Pekerjaan selanjutnya adalah menyiapkan bahan untuk Bumbu Pecel. Kacang tanah yang sudah dibersihkan kulit dan kotoran lainnya lalu digoreng dengan api kecil sampai matang. Saat menggoreng kacang tanah, usahakan agar tidak sampai gosong karena berpengaruh terhadap kualitas rasa bumbu kacangnya.

Untuk mempercepat proses pembuatan Bumbu Pecel, palm sugar (gula merah), garlic (bawang putih) maupun kencur  diiris tipis agar memudahkan proses blender-nya. Saat menghaluskan Bumbu Pecel, maka kacang tanah (sudah matang) di-blender jadi satu bersama red chili (sudah dibersihkan bijinya), hot chili, palm sugar, garlic, kencur, kaffir lime leaf (yang sudah dibuang tulang tengah daunnya), salt dan tamarind water.

Dalam aplikasinya, Bumbu Pecel diguyurkan diatas nasi putih yang sudah dilengkapi aneka sayuran (kecambah, daun bayam, kangkung, daun ketela rambat atau bunga turi), laqlu ditaburi irisan mentimun, biji lamtoro dan daun kemangi. 

Sementara itu, untuk lauk pauknya sendiri bisa berupa tahu + tempe goreng, perkedel jagung, telur ceplok, telur dadar atau empal goreng dan rempeyek (bisa disubstitusi dengan kerupuk). Hidangan khas Nasi Pecel atau kerennya disebut Indonesian Traditional Salad ini sangat populer di daerah Jatim dan Jateng.

Menu yang satu ini biasanya dikonsumsi masyarakat untuk sarapan pagi (breakfast). Penyajian Nasi Pecel seperti ini bisa dengan mudah Anda temui di warung-warung maupun restoran di seluruh sudut kota Surabaya.

”Dengan membekali pengetahuan seputar Food Technology Application sejak dini maka mahasiswa bisa mengerti alur proses memasak, sejak bahan mentah, diolah menjadi produk setengah jadi hingga dimasak lebih lanjut di kitchen, sebelum makanan itu disajikan di meja.  Sedangkan tujuan dari praktik membuat Bumbu Pecel itu kami arahkan untuk buka usaha skala rumahan (home industry),” terangnya.


Selain dibekali cara membuat Bumbu Pecel dan aplikasinya pada makanan, mahasiswa Culinary Class juga telah diajarkan teknik membuat Sambal Ikan Asin, Mini Kekian dan Chicken Nugget Industri. Dalam praktik ini, Bumbu Pecel dikemas dalam wadah plastik dengan ukuran 200 gram per pack-nya. Bumbu Pecel tanpa bahan pengawet makanan ini bisa bertahan 3-4 minggu di tempat penyimpanan.

Rencananya, mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Kelas Pagi maupun Kelas Siang masih kami bekali satu materi lagi yakni teknik membuat Meat Ball (Ekonomis), yang akan dihelat Senin (24/02/2020), pekan depan,” pungkasnya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar