twitter

Pages

Sabtu, 29 Februari 2020

Melihat Keseruan Praktik Masak Oriental Food Bersama Chef Nadya Ratri Aryani


 Lezatnya Variant of Dumpling Hakau, Guo Tie, Shao May, Stuffed Shitake with Egg Sauce, Lumpia Kulit Tahu dan Kaki Ayam Persembahan Mahasiswa Culinary


USAI berjibaku selama 2.5-3 jam di Kitchen Culinary 2 (C2) Graha Tristar pada Rabu (26/02/2020) siang, 18 mahasiswa Culinary 2 (C2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang yang dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani, S.Pd., M.Kes., mempersembahkan enam menu masakan Oriental Food. Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, 18 mahasiswa Culinary Class itu dibagi dua kelompok masing-masing beranggotakan sembilan orang. Setiap kelompok kebagian tugas masak enam menu masakan Oriental Food.


Kelompok 1 yang dimotori Yasir Indrastata dan Cici Septi Melani, kebagian job untuk masak enam menu masakan Oriental Food, yang meliputi Variant of Dumpling Hakau, Guo Tie, Shao May, Stuffed Shitake with Egg Sauce, Lumpia Kulit Tahu dan Kaki Ayam.

Sedangkan Kelompok 2 yang disupervisi Donny Andhika dan Rosyseptia Abidah juga kebagian tugas sama seperti anggota Kelompok 1, yakni masak enam menu masakan Oriental Food yakni Variant of Dumpling Hakau, Guo Tie, Shao May, Stuffed Shitake with Egg Sauce, Lumpia Kulit Tahu dan Kaki Ayam.

Untuk masak Variant of Dumpling Hakau, baik Kelompok 1 maupun Kelompok 2 diminta menyiapkan bahan masakan mulai prawn, water chestnut, salt, vetsin, sugar, pepper, sesame oil, lard, baking soda dan air qie. Selain itu, mereka juga diminta untuk membuat Hakau skin yang bahannya terdiri dari tangmiyen flour, tapioka, ginger powder dan hot water.

Sedangkan menu berikutnya adalah Guo Tie. Kelompok 1 dan Kelompok 2 sama-sama tampil antusias saat menyiapkan bahan masakannya, yang terdiri dari chicken, shrimp, carrot, spring onion, light soy sauce, oyster sauce, salt, Chinese wine, sesame oil, cabbage, ginger dan pepper. Untuk membuat skin-nya sendiri bahannya adalah tangmiyen flour, tapioka dan hot water.

Sementara itu ketika masak Shao May, baik anggota Kelompok 1 maupun personel Kelompok 2 juga berupaya tampil all out di Kitchen Culinary Graha Tristar. Bahan yang dibutuhkan untuk masak Shao May antara lain chicken, shrimp, carrot, spring onion, light soy sauce, oyster sauce, salt, Chinese wine, tapioca flour, sesame oil, cabagge, ginger, pepper dan wonton skin.

Begitu juga ketika Kelompok 1 dan Kelompok 2 membuat Stuffed Shitake with Egg Sauce, mereka pun sudah prepare di kitchen dengan menyiapkan bahan masakan mulai chicken, shrimp, carrot, spring onion, light soy sauce, oyster sauce, salt, Chinese wine, sesame oil dan dried shitake (direndam air kemudian di-boiling).

”Selain itu mereka juga kami minta membuat Egg Sauce-nya, yang bahannya terdiri dari egg white, oyster sauce, Chinese wine, sesame oil, water, spring onion, maizena dan seasoning,” terang Chef Nadya Ratri di hadapan anak didiknya.

Menu masakan berikutnya adalah Lumpia Kulit Tahu. Mahasiswa anggota Kelompok 1 mauun Kelompok 2 yang ditugaskan membuat Lumpia Kulit Tahu, juga sudah prepare dengan menyediakan bahan masakannya yakni chicken breast, shitake mushroom, chicken fat, shrimp, oyster sauce, mushroom soy, sesame oil, ngo hyong, spring onion, carrot, garlic oil, tapioca flour dan beancurd skin.


Anggota Kelompok 1 dan personel Kelompok 2 pun tetap tampil solid demi menyiapkan bahan yang dibutuhkan untuk masak Kaki Ayam, yakni chicken feet, star anise, Chinese wine, garlic oil dan seasoning. Sedangkan untuk membuat sauce-nya sendiri  bahannya adalah oyster sauce, hoisin sauce, soy sauce, mushroom soy, sesame oil, sugar, chicken broth, red colour dan yellow colour.


”Untuk masak enam kreasi masakan Oriental Food itu durasinya sekitar 2,5-3 jam. Oleh karena itu, setiap kelompok diminta memperhatikan aspek manajemen waktu agar tidak sampai kedodoran saat bekerja di kitchen,” pungkas Dosen Pengajar cantik dengan hijab di kepala tersebut.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar