twitter

Pages

Jumat, 21 Februari 2020

Dari Keseruan Mid Final Exam Sesi Pagi di Kitchen Trestelle Accademia Culinaria


Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas A Persembahkan 16 Kreasi Masakan Asia dan Indonesia


SEBANYAK 14 mahasiswa Culinary Art Tristar Samator (Trestelle Accademia Culinaria) Kelas A (Kelas Pagi), tampil secara individual pada ujian praktik masak bertajuk Asian Cuisines & Indonesian Food di Kitchen Culinary Art Tristar Samator Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya, Rabu (19/02/2020) pagi. Mereka mempersembahkan 16 kreasi makanan selama mid final exam tersebut.


Pada mid final exam, pagi itu, diikuti 14 orang mahasiswa Culinary Art Kelas A. Sembilan dari 14 mahasiswa Culinary Art Triwulan III tersebut diminta Chef Yanuar Kadaryanto, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Samator, membuat 11 kreasi masakan Indonesian Food, yang bisa disajikan ala Buffet (Prasmanan) mulai Appetizer, Soup, Main Course dan Dessert-nya.

Sebelum tampil di Kitchen Culinary Art, pagi itu, mereka sudah dibekali subsidi uang belanja dari pihak Kampus @ sebesar Rp 75.000,00 per orang. Dengan demikian, pada hari H setiap mahasiswa sudah membawa bahan masakan sendiri dari rumahnya masing-masing.

Mahasiswa pertama, Sally Martcelia tampil all out di Kitchen Culinary Art Tristar Samator, demi mempersiapkan dua menu masakan untuk main course yang berjudul Balado Terong Tempe Panggang dan Perkedel Kentang Jamur. Sedangkan Ghozi Hafidh Shidqi, sibuk prepare bahan untuk masak Sayur Asem sebagai soup-nya.

Selanjutnya, Chaerafika Safanah fokus menyiapkan satu kreasi makanan untuk dessert-nya yang bertajuk Bolu Pisang di Kitchen Culinary Art Tristar Samator. Sedang Deby Setiyawan dengan percaya diri masak satu kreasi main course andalannya yakni Cumi Saos Padang.


Peserta ujian yang tampil berikutnya adalah Maria Ivana Novelia. Gadis berkacamata ini antusias membuat minuman tradisional Indonesia yakni Es Cendol  (dessert) dan masak Nasi Uduk. Sementara itu Daniela Yusak  membuat Soto Kuning Bening untuk soup-nya.

 
Giliran peserta ujian berikutnya Cynthia Widianti Halim. Mahasiswi yang akrab disapa Cynthia tersebut tertarik mengangkat satu menu masakan untuk main course-nya, yakni Ayam Kuluyuk (Koloke), pada ujian praktik masak kali ini.

Selanjutnya mahasiswa yang tampil adalah Novan Adam. Ia tampak sibuk menyiapkan menu masakan Indonesia kesukaannya, yakni Tumis Broccoli Wortel Jamur (main course) pada ujian praktik masak yang digelar di Kitchen Culinary Art Tristar Samator, Rabu (19/022/2020) pagi.

Tak mau kalah dengan rekan-rekannya, Sherly Noviana pun tampil all out demi membuat masakan unggulannya untuk main course yang diberi titel Ikan Goreng Serundeng Sambal Mangga, yang memanfaatkan ikan Mujaer pada saat ujian tersebut.

Sedangkan lima mahasiwa yang lain, tampil secara individual pada ujian praktik masak tersebut, dengan mengangkat tema Asian Cuisines dan Indonesian Food. Christina Alexandra Teddy, misalnya, tampil serius demi menyiapkan satu menu masakan kegemarannya yakni Pallumara (masakan khas dari Makassar dengan memanfaatkan ikan Bandeng) pada ujian praktik masak tersebut.



Mahasiswa yang tampil selanjutnya adalah Bella Dewinta N.B. Bella fokus masak satu menu makanan Asian Cuisine, yakni Pan Fried Salmon with Pineapple Sauce with Mass Sweet Potato, sedangkan Virginia Shafitri antusias membuat Gudeg Nangka (masakan khas dari Jogjakarta).


Selanjutnya, Rista Anginova dan Wulan Cahya R.P.K., masing-masing menyiapkan masakan Asian Cuisines, yang diberi nama Ayam Kung Pao dan Dory Fritter with Bechamel Sauce with Roasted Potato.

Untuk memudahkan pekerjaan di Kitchen Culinary Art, Dosen Pengajar Culinary Tristar Samator Chef Yanuar Kadaryanto menetapkan durasi ujian praktik masak sekitar 1,5 jam, mulai prepare bahan masakan, proses memasak hingga mem-plating hasil kreasi masakannya sebelum dihidangkan di meja uji untuk dinilai tim juri.

”Hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yang beranggotakan dua orang dosen. Ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa,” kata Chef Yanuar kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya.

Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Sementara itu dua juri yang dihadirkan pada mid final exam, Rabu (19/02/2020), sesi pagi, adalah Chef Adeline Nadia Daniel dan Chef Yanuar Kadaryanto.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar