twitter

Pages

Minggu, 09 Februari 2020

Melihat Keseruan Mahasiswa Pastry Class Belajar Teknik Menghias Kue Modern


Mahasiswa Pastry (P1) Kelas Siang Giliran Praktik Buat Surpice Inside Cake, Chocolate Dome Cake, Prince Regent Cake dan Mocha Nut Gluten Free Cake

PADA pertemuan hari kedua, Rabu (05/02/2020) siang, Dosen Pengajar Pastry Akpar Majapahit Chef Fitri Synthiadewi SE mengajak mahasiswa Pastry (P1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang, praktik menghias empat macam kreasi cakes modern dengan tampilan kekinian di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Pada tatap muka hari berikutnya, Rabu (05/02/2020) siang, Chef Fitri mengajarkan anak didiknya cara membuat empat kreasi cakes modern yang berbeda dari sebelumnya, yakni Surpice Inside Cake, Choco Dome Cake, Prince Regent Cake dan Mocha Nut Gluten Free Cake.

Pasalnya pada pertemuan hari pertama bersama Chef Fitri, Selasa (04/02/2020) siang mahasiswa Pastry Class itu sudah diajarkan teknik membuat dan menghias empat kreasi cakes modern dengan tampilan kekinian, yakni Banana Caramel Entremet, Lemon Choco Cheese Entremet, Red Heart Entremet dan Chocoberry Entremet on Brownies.

Diakui Chef Fitri Synthiadewi, untuk menghias cakes modern tahapan pekerjaan memang lebih rumit lagi dibanding saat membuat cakes classic karena masih ada penambahan hiasan kue modern kekinian berupa mirror glazing. Butuh keuletan dan kesabaran ekstra demi menuntaskan satu kreasi cake modern yang elegan dan berkelas.

Sebelum praktik, Dosen Pengajar Pastry Class, Chef Fitri menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pengolahan dan cara menghias cakes modern di hadapan anak didiknya. Dalam kesempatan itu, Chef Fitri juga mengingatkan kembali dasar-dasar teknik pengolahan kue dan cara menghias kue yang sudah diajarkan sebelumnya.

Untuk membuat Choco Dome Cake di Kitchen Pastry Graha Tristar, misalnya, mahasiswa diminta menyiapkan bahan-bahan untuk membuat adonan Chocolate Sponge dengan menggunakan Sponge Method, yakni egg, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cocoa powder, cornstarch, melted margarine, chocolate paste dan rum paste.

Pekerjaan tahap kedua adalah menyiapkan bahan untuk Chocolate Butter Cream, yakni white margarine, fresh cream, simple syrup, milk powder dan chocolate paste. Sedangkan tahapan pekerjaan selanjutnya, membuat Chocolate Ganache dengan memadukan dua bahan kue yakni chocolate dark compound dan fresh cream.

Pekerjaan keempat, mahasiswa diminta menyiapkan bahan untuk membuat Topping-nya, berupa chocolate coating. Setelah itu menyiapkan sejumlah bahan untuk membuat garnish-nya, yakni chocolate dark compound, chocolate milk compound, strawberry dan red cherry agar tampilan Chocolate Dome Cake tersebut makin cantik dan menarik.

”Selain diajarkan membuat Chocolate Dome Cake, mahasiswa juga kami bekali teknik membuat Surpice Inside Cake, Prince Regent Cake dan Mocha Nut Gluten Free Cake,” kata Chef Fitri di dampingi asistennya Ferian Mahendra, di ruang kerjanya, Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Rabu (05/02/2020) siang.

Sementara itu pada pertemuan hari terakhir, Selasa (11/02/2020) pagi, mahasiswa Pastry Class akan dibekali teknik menghias empat kreasi cakes modern lainnya, yakni Jealousy Chocolate Cake, Triple Tiger Roll, Oreo Cheese Cake Chilled dan Japanese Roll Cake.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar